Sukses


Macam-Macam Menu Sarapan yang Baik untuk Diet

Bola.com, Jakarta - Diet menjadi satu di antara cara yang bisa dilakukan oleh seseorang yang ingin mengurangi berat badan, selain berolahraga.

Diet bisa diterapkan dalam berbagai cara, seperti dengan mengurangi asupan kalori dan gula yang punya andil dan pengaruh dalam penambahan berat badan.

Akan tetapi, banyak di antara kita yang salah dalam menerapkan diet, contohnya yang paling sering dilakukan adalah tidak mengonsumsi makanan sama sekali. Padahal, dengan melewatkan waktu makan akan membuatmu menjadi lemas dan tidak berenergi, terlebih melewatkan waktu sarapan.

Ada beberapa menu sarapan yang bisa kamu konsumsi dan membantu dalam usaha menurunkan berat badan dengan diet.

Berikut macam-macam menu sarapan yang baik untuk diet, seperti dikutip dari Klikdokter, Rabu (15/3/2023).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Menu Sarapan yang Baik untuk Diet

1. Bayam 

Bayam rendah kalori, tetapi tinggi serat sehingga mampu memberi rasa kenyang selama beberapa jam. Menu sarapan diet dengan bayam dapat membantumu lebih sehat selama menurunkan berat badan.

Bayam juga mengandung omega-3 dan folat. Nutrisi ini mampu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan osteoporosis. Penyakit tersebut sering kali diidap oleh orang dengan berat badan berlebih.

2. Oatmeal 

Karbohidrat yang sehat? Ada oatmeal. Oatmeal tinggi akan serat dan protein, serta memiliki kadar gula yang rendah. Oatmeal juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

Kombinasikan dengan kacang-kacangan dan susu almond untuk sarapan untuk diet yang sehat dan penuh nutrisi.

3. Dada Ayam 

Dada ayam patut dipertimbangkan untuk menjadi menu sarapan pagi untuk diet sehat karena kadar proteinnya tinggi dan mampu membuatmu kenyang dan berenergi selama berjam-jam.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Menu Sarapan yang Baik untuk Diet

4. Alpukat

Alpukat merupakan satu di antara buah terbaik untuk menurunkan berat badan dan sarapan pagi diet. Alpukat mengandung hampir 20 vitamin dan mineral dalam tiap porsinya.

Alpukat juga sumber serat dan lemak yang baik. Kamu dapat menambahkan potongan alpukat di atas roti panggang. Menu ini baik dijadikan kudapan sarapan untuk diet.

5. Telur 

Telur merupakan sumber protein yang baik dan mengandung nutrisi sehat, seperti kolin yang membakar lemak. Selain sehat, telur bisa membantu membakar kalori yang perlu kamu buang.

6. Bubuk Protein Organik

Mengonsumsi menu sarapan diet tinggi protein tak hanya akan menguntungkan kesehatan otot, tetapi juga mengenyangkan karena gula di dalam darah diatur dengan baik.

Kamu dapat menggunakan bubuk protein organik untuk membuat smoothie tinggi protein. Bisa juga mencampurkannya ke dalam adonan pancake.

7. Selai Kacang Alami 

Selai kacang alami hanya terbuat dari kacang dan garam. Kacang penuh dengan lemak tak jenuh tunggal dan genistein, yaitu suatu komponen yang mengurangi mekanisme gen gemuk.

Kamu bisa mencampurkannya dengan 1 gelas susu almond, 1 sendok bubuk protein, ½ pisang, dan 1 sendok makan selai kacang untuk membuat smoothie sebagai sarapan pagi diet.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Menu Sarapan yang Baik untuk Diet

8. Ubi

Ubi memiliki kandungan serat yang tinggi dan indeks glikemik yang rendah. Hal ini berarti, menu sarapan diet dengan ubi bisa diserap tubuh lebih lama sehingga mampu memberi rasa kenyang lebih lama.

Kamu dapat memasak ubi serta memadankannya dengan sayuran dan protein lainnya di pagi hari.

9. Semangka 

Semangka sering dianggap kurang menyehatkan karena tinggi akan gula. Namun, buah semangka ternyata mampu memperbaiki profil lipid atau lemak secara keseluruhan, serta mengurangi penumpukan lemak.

10. Pisang 

Tak hanya karena kandungan kaliumnya, pisang memberi asupan serat dan air. Kamu bisa dengan mudah mengombinasikannya ke dalam sereal, roti, maupun oatmeal, bahkan dimakan begitu saja.

Oleskan selai kacang alami untuk membantu membakar lemak dengan ampuh.

11. Apel 

Apel merupakan satu di antara sumber serat terbaik yang mampu membakar lemak perut. Masukkan potongan apel ke yoghurt maupun granola untuk mendapatkan manfaat lebih.

Menu sarapan pagi untuk diet sehat ini menyegarkan dan enak dikonsumsi sehari-hari.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 21/1/2021)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer