Sukses


Macam-Macam Hikmah Beriman kepada Malaikat

Bola.com, Jakarta - Beriman kepada malaikat merupakan rukun iman yang kedua, yang harus diyakini dan diamalkan umat muslim setiap hari.

Adapun makna rukun iman kepada malaikat ialah meyakini kalau malaikat berwujud dan mengetahui nama serta tugasnya. Bagi umat muslim yang ingkar akan hal tersebut bisa dikatakan telah keluar dari Islam.

Allah Swt. berfirman, "Barang siapa yang kafir kepada Allah Swt., malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya rasul-rasul-Nya dan hari kemudian maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya." (QS. An-Nisa ayat 136)

Selain itu, iman kepada malaikat tertulis jelas dalam Q.S Al-Baqarah ayat 285.

"Rasul telah beriman kepada Al-Qur'an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian juga orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah Swt., malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya,"

Untuk itu, sebagai seorang muslim sudah seharusnya mengimani adanya malaikat karena hal ini merupakan satu di antara landasan agama Islam.

Di sisi lain, ada beragam hikmah yang bisa dipetik umat muslim apabila meyakini sepenuh adanya malaikat.

Berikut ini macam-macam hikmah beriman kepada malaikat, dikutip dari laman kemenag.go.id, Jumat (17/3/2023).

2 dari 6 halaman

Memunculkan Rasa Syukur kepada Allah Swt.

Para malaikat senantiasa berdoa kepada Allah dan mendoakan orang mukmin yang mendoakan saudaranya. Tidak hanya itu, malaikat memiliki tugas dan pekerjaannya untuk membantu manusia, misalnya mengatur rezeki dan menurunkan hujan.

Semua hal yang dilakukan malaikat tersebut tentu bermanfaat bagi manusia dan mampu menimbulkan rasa syukur kepada Allah Swt. Dalam surah Al Mukmin ayat 7 disebutkan bahwa para malaikat senantiasa mendoakan orang-orang beriman:

"(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan). 'Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala'."

3 dari 6 halaman

Yakin Akan Pertolongan Allah Swt.

Lantaran malaikat senantiasa mendoakan orang beriman maka ia tidak perlu takut jika ia memerlukan bantuan kepada Allah Swt. dan doa malaikat selalu dikabulkan-Nya.

Sebuah pepatah mengatajkn bahwa, "kamu tidak bisa meminta pertolongan pada penduduk bumi maka mintalah pertolongan kepada penduduk langit atau malaikat".

4 dari 6 halaman

Meniru Sifat Malaikat yang Taat Beribadah kepada Allah Swt.

Malaikat adalah makhluk yang paling taat kepada Allah. Malaikat selalu beribadah dan mengerjakan perintah Allah sesuai firman-Nya dalam surah Al-A'raf ayat 206.

"Sesungguhnya malaikat-malaikat yang ada di sisi Tuhanmu tidaklah merasa enggan menyembah Allah dan mereka menasbihkan-Nya dan hanya kepada-Nya-lah mereka bersujud."

Dengan beriman kepada malaikat, umat muslim dapat mencontoh perilaku malaikat yang selalu taat beribadah kepada Allah Swt.

5 dari 6 halaman

Mengetahui Bahwa Setiap Perbuatan Pasti Dicatat

Dari 10 malaikat yang wajib diimani, terdapat dua malaikat yang selalu ada di kiri dan kanan manusia. Kedua malaikat tersebut adalah malaikat Raqib dan Atib.

Malaikat Raqib memiliki tugas untuk mencatat amal baik manusia. Sedangkan malaikat Atid bertugas untuk mencatat hal buruk dan dosa manusia.

Sebagaimana firman Allah Swt.:

"Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya, (yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir." (QS. Qaf: 16-18)

6 dari 6 halaman

Menyempurnakan Iman kepada Allah Swt.

Hikmah beriman kepada malaikat adalah meningkatkan dan menyempurnakan iman kepada Allah Swt. Pasalnya, beriman kepada malaikat merupakan satu di antara rukun iman dari enam rukun yang wajib dipercaya.

 

Sumber: kemenag.go.id

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer