Sukses


Bacaan Doa Qunut saat Salat Witir di Bulan Ramadan, Ketahui Keutamaannya

Bola.com, Jakarta - Pada bulan Ramadan, umat Islam berlomba-lomba meningkatkan ibadah. Bulan suci ini menjadi momen meraih pahala sebanyak-banyaknya.

Satu di antaranya, disunahkan untuk menggelar salat tarawih selama Ramadan. Salat tarawih ditutup dengan salat witir. Jumlah rakaat salat witir adalah ganjil, yakni bisa tiga rakaat, lima, bahkan juga satu rakaat. 

Ketika mengerjakan salat witir, bacaan doa qunut adalah sunah yang dianjurkan. Membaca qunut saat witir sangat baik, tetapi jika ditinggalkan tetap sah salatnya.

Qunut dalam bahasa Arab memiliki arti ketaatan, kesungguhan, patuh, berdiri lama, dan diam. Dalam ibadah, qunut ini juga dapat diartikan sebagai meminta ampunan dan memberi pujian kepada Allah Swt.

Berikut bacaan doa qunut saat salat witir di bulan Ramadan beserta keutamaannya, disadur dari Dream, Kamis (16/3/2023).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Qunut saat Salat Witir

Doa Qunut termasuk sunah muakkad. Artinya sunnah yang sangat dianjurkan. Meski terdapat perbedaan kilafiyah, hal tersebut tidak perlu diperdebatkan.

Kata Qunut berarti patuh dalam mengerjakan. Doa qunut biasa dibaca pada rakaat kedua. Tepatnya di antara iktidal dan sujud.

Sedangkan doa qunut subuh yang diajarkan Rasulullah saw. terdapat dalam hadis riwayat Imam An Nasa'i, Imam Abu Daud, dan Imam Tirmidzi. Berikut ini bacaan doanya:

Allahummah dini fi man hadait, wa ‘afini fiman ‘afait, wa tawallani fi man tawallait, wa barik li fi ma a’thait, wa qini syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha ‘alaik, wa innahu la yazillu man wa lait, wa la ya’izzu man ‘adait, tabarakta rabbana wa ta’alait, fa lakal hamdu a’la ma qadhait, wa astagfiruka wa atubu ilaik, wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya

"Ya Allah tunjukkanlah aku sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Peliharalah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau lindungi. Berikanlah keberkahan kepadaku pada apa yang telah Engkau berikan. Selamatkanlah aku dari bahaya kejahatan yang telah Engkau tentukan. Engkaulah yang menghukum dan bukan dihukum. Tidak hina orang yang Engkau jadikan pemimpin. Tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau. Bagi-Mu segala pujian di atas apa yang Engkau tentukan. Aku memohon ampun kepada-Mu dan bertobat kepada-MU. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan karunia atas junjungan kami Nabi Muhammad saw., keluarga, dan para sahabatnya."

3 dari 3 halaman

Keutamaan Doa Qunut

1. Memberikan Petunjuk

Doa qunut mengandung petunjuk. Dalam kalimat yang berbunyi, "Allahummahdinii fii man hadaiit", yang bermakna permintaan seorang petunjuk kepada Allah Swt.

Petunjuk tersebut dapat berupa berbagai bentuk, seperti meminta untuk diberikan ilmu yang bermanfaat atau petunjuk dalam melakukan kebaikan kepada sesama.

2. Mendapatkan Perlindungan dan Keselamatan

Kalimat di dalam doa qunut, "Wa’aafinii fii man ‘afaiit", bermakna memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah Swt. Hanya Allah Swt. sebaik-baik penolong tempat memohon perlindungan.

Ini juga berarti betapa Maha Pengasih Allah Swt. terhadap hamba-hamba-Nya. Untuk itu, mohonlah perlindungan dan keselamatan bukan hanya di dunia, tetapi juga di akhirat kelak.

3. Mendapatkan Berkah

Kalimat, "wabaariklii fiimaa a’thoiit", yang bermakna memohon keberkahan atas segala nikmat yang telah diberikan. Hal tersebut menjelaskan bahwa Allah Swt. selalu memberikan kebaikan dan keberkahan kepada setiap hamba-Nya.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Dwi Ratih. Published: 26/4/2021)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dnegan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer