Sukses


Macam-Macam Manfaat Bekerja Sama dalam Tim

Bola.com, Jakarta - Bekerja sama dalam tim memiliki manfaat dalam mewujudkan keberhasilan kinerja dan prestasi kerja. Pekerjaan pun bisa cepat selesai.

Setiap orang pasti memerlukan kerja sama dalam hidupnya. Dengan kerja sama, beban yang dimiliki jadi lebih ringan. Manfaat kerja sama inilah yang tidak lepas dari kehidupan sosial.

Itulah mengapa, bekerja bersama tim saling bahu-membahu bisa membuat pekerjaan lebih cepat selesai dan efisien.

Manfaat kerja sama sering kali dibutuhkan dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Kerja sama bisa menyatukan orang-orang dengan beragam kemampuan untuk mencapai tujuan yang sama.

Berikut macam-macam manfaat bekerja sama dalam tim, seperti disadur dari Liputan6, Jumat (17/3/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Manfaat Bekerja Sama dengan Tim

1. Mendekatkan satu sama lain

Kerja sama membantu mendekatkan satu sama lain. Jika kamu menemukan ada orang yang jarang berinteraksi satu sama lain, dengan kerja sama, komunikasi akan terjalin dan kedekatan akan terbentuk.

2. Meningkatkan produktivitas

Manfaat kerja sama yang bisa dirasakan adalah meningkatnya produktivitas. Saat mulai bekerja sama secara lebih kolaboratif, produktivitas secara keseluruhan kemungkinan akan meningkat.

Misalnya, orang akan merasa seolah-olah mereka adalah bagian dari kelompok yang lebih besar. Mereka akan lebih cenderung memiliki rasa loyalitas dan memiliki kelompok. Mereka akan memberikan upaya yang lebih baik agar tidak mengecewakan kelompok.

3. Membuka saluran baru untuk komunikasi

Manfaat kerja sama juga bisa membuka pintu relasi. Bekerja dengan orang-orang baru membuka relasi yang tertutup.

Menemukan cara baru untuk berkomunikasi dan berbagi informasi penting untuk relasi. Itulah sebabnya kerja sama harus digunakan bila memungkinkan untuk membentuk ikatan.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Manfaat Bekerja Sama dalam Tim

4. Mendorong pemecahan masalah yang lebih mudah

Manfaat kerja sama, yakni mendorong proses pemecahan masalah jadi lebih mudah. Dengan kerja sama, akan ada bantuan dan perspektif lain dalam memecahkan masalah.

Kerja sama digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Ketika sekelompok orang mengumpulkan pengetahuan, keterampilan, dan keahlian mereka, kemudian membicarakan masalah dan memperdebatkan solusi potensial, proyek yang terhenti akan mulai bergerak maju sekali lagi.

5. Pekerjaan jadi cepat selesai

Kerja sama membuat pekerjaan jadi lebih cepat selesai. Pekerjaan mungkin bisa diselesaikan seorang diri, tetapi membutuhkan waktu yang cenderung lebih lama. Namun, jika dilakukan bersama, pekerjaan akan lebih cepat selesai karena ada saling tolong-menolong.

6. Saling belajar

Satu di antara hal terbaik tentang kerja sama adalah tiap individu akan saling belajar. Hal ini karena saat kerja sama, tiap individu bekerja secara kolaboratif dengan orang-orang yang membawa keahlian dan latar belakang berbeda.

Dari sini, individu akan belajar dari kesalahan, keberhasilan, kegagalan, alur kerja, dan lainnya. Tim yang berkolaborasi tidak hanya memiliki kesempatan untuk saling belajar, mereka juga akan memperoleh pemahaman tentang perspektif tim lain.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Manfaat Bekerja Sama dalam Tim

7. Tercipta suasana positif

Bekerja sama memungkinkan rekan kerja untuk saling mengenal lebih baik dan membangun hubungan sosial yang kuat. Kerja sama memungkinkan setiap orang untuk dihargai atas kemampuannya. Ini menciptakan suasana kerja yang lebih positif dan santai.

8. Pekerjaan lebih efisien

Bekerja secara mandiri memang memiliki kelebihan. Kamu dapat fokus sepenuhnya pada satu proyek tanpa harus mempertimbangkan berapa banyak waktu yang akan hilang jika terganggu, atau bagaimana membuat tim bekerja sama tepat waktu untuk memenuhi tenggat waktu yang singkat.

Namun, untuk banyak jenis proyek, kerja sama akan jauh lebih efisien. Ketika proyek itu rumit dan menuntut, kamu harus bisa mengakui kepada diri sendiri bahwa kamu membutuhkan bantuan.

Di situlah kolaborasi masuk. Hal ini membantu membagi beban kerja yang berat, menemukan solusi kreatif untuk masalah sulit, dan memahami gambaran besarnya.

9. Menurunkan biaya

Lantaran lebih efisien, kerja sama juga akan menurunkan biaya yang dikeluarkan. Misalnya, jika kamu memiliki proyek membuat video, tetapi tidak bisa melakukakannya sendiri, kamu bisa bekerja sama dengan teman untuk meminta bantuan membuat atau mengajari cara membuatnya.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Anugerah Ayu Sendari, Editor: Fadila Adelin. Published: 18/10/2021)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer