Sukses


Bacaan Doa Nurbuat yang Bisa Dipanjatkan Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Doa adalah bentuk harapan seseorang kepada Tuhannya. Dalam ajaran Islam, setiap orang dianjurkan untuk selalu berdoa agar lebih dekat kepada Allah Swt.

Umat muslim bisa berdoa setelah mengerjakan salat fardu. Tak hanya itu, umat Islam bisa berdoa saat akan beraktivitas. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk selalu mengingat Allah dan memohon perlindungan-Nya di setiap waktu.

Ada banyak doa yang bisa dipanjatkan umat muslim sesuai keperluan dan keinginannya. Satu di antaranya ialah doa meminta perlindungan atau bisa disebut dengan doa nurbuat. Apa itu doa nurbuat?

Doa nurbuat adalah amalan yang dikhususkan untuk mendapatkan perlindungan dari Allah, terhindar dari berbagai gangguan jin atau sihir, hingga doa agar dapat disayangi oleh musuh.

Dalam bahasa Arab, doa nurbuat berasal dari kata "nurun nubuwwah", yang artinya cahaya nabi. Doa nurbuat dipercaya memiliki beragam manfaat kebaikan jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan membaca doa nurbuat, diharapkan Allah memberikan perlindungan kepada kita dari segala jenis gangguan.

Berikut ini bacaan doa nurbuat yang bisa dipanjatkan umat muslim beserta artinya, disadur dari Dream, Kamis (16/3/2023).

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Nurbuat

Setelah mengetahui pengertian dan hukum membacanya, berikutnya kamu perlu menyimak bacaan doa nurbuat yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Allahumma dzis-shulthanil 'adziim. Wa dzil mannil qadim wa dzil wajhil kariim wa waliyyil kalimaatit-tammaati wad da’awaati mustajaabati ‘aaqilil hasani wal husaini min anfusil haqqi ‘ainil qudrati wannaazhiriina wa ‘ainil insi wal jinni.

Wa in yakaadul ladziina kafaruu la yuzliquunaka bi-abshaarihim lamma sami’udz dzikra wa yaquuluuna innahu lamajnuun wa maa huwa illa dzikrul lil ‘aalamiin wa mustajaabu luqmanil hakiimi wa waritsa sulaimaanu daawuda ‘alaihis salaamu al waduudu dzul ‘arsyil majiid.

Thawwil ‘umrii wa shahhih ajsadii waqdli haajatii waktsir amwaalii wa aulaadii wa habbib linnaasi ajma’in. Watabaa ‘adil ‘adaa wata kullahaa min banii aadama ‘alaihis salaamu man kaana hayya wa yahiqqal baathilu innal baathila kaana zahuuqaa. Wa nunazzilu minal qur’aani maa huwa syifaa-uw wa rahmatul lil mu’miniina. Subhaana rabbika rabbil ‘izzati ‘ammmaa yashifuuna wa salaamun ‘alal murshaliina wal hamdu lillahi rabbil ‘aalamiin.

3 dari 4 halaman

Arti Doa Nurbuat

Artinya:

"Ya Allah Robb yang memiliki kekuatan yang agung, yang memiliki kemauan yang abadi dan yang memiliki wajah yang mulia dan sebagai pelindung kalimat-kalimatnya serta pengabul doa-doa, kecerdasan hasan dan husein dari jiwa yang benar, pelindung indra mereka yang melihat serta indra jin dan manusia.

Dan ketika orang-orang kafir akan menggelincirkan kamu dengan penglihatan sihir mereka tatkala mereka mendengar peringatan lalu mereka berkata-kata, sesungguhnya ia adalah gila. Tiadalah itu semua melainkan sebagai peringatan bagi seluruh alam. Allah yang mengabulkan doa luqmanul hakim dan mewariskan sulaiman bin daud a.s. Ya Allah Robb yang Maha Penuh Kasih, Ya allah, Ya allah, Ya Allah Robb yang memiliki singgasana yang agung, yang dapat berbuat apa yang diinginkan.

Maka panjangkanlah umurku dan sehatkanlah tubuhku, perkenankanlah hajatku, limpahkanlah hartaku dan anak-anakku, dan berikanlah rasa cinta semua manusia kepadaku, jauhkanlah permusuhan dan pertentangan dari diriku dari semua anak cucu Adam a.s. Allah yang hidup dan perkataan itu benar atas orang-orang kafir. Dan katakanlah telah datang yang haq dan telah sirnalah yang bathil karena sesungguhnya yang bathil itu pasti akan sirna. Dan kami telah menurunkan Al-Qur'an itu sebagai penyembuh dan rahmat untuk orang-orang yang beriman. Dan orang-orang yang dhalim itu tidaklah mendapat sesuatu di dunia ini melainkan kerugian."

4 dari 4 halaman

Manfaat Membaca Doa Nurbuat

Membaca doa nurbuat memiliki manfaat jika diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Keinginan akan dikabulkan jika rutin dibaca sesudah salat wajib.
  • Bisa menyembuhkan hewan yang sakit jika dibacakan kepada hewan yang dimaksud.
  • Dosa-dosa diampuni jika dibaca saat matahari terbenam.
  • Dapat disayangi musuh ketika dibaca hendak keluar rumah.
  • Mendapatkan perlindungan dari Allah atas gangguan jin, sihir, dan bahaya lainnya.
  • Bisa menghindari serangan hama jika ditulis dan diletakkan di sekitar tanaman.
  • Amalan untuk mengusir jin dari tempat-tempat angker jika ditulis dan diletakkan di tempat tersebut.
  • Mendapatkan kesejahteraan dunia akhirat jika dibaca setiap hari secara rutin.
  • Dibaca 100 kali sebelum tidur dapat mengantarkan seseorang bertemu dengan Nabi Muhammad saw.
  • Dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit jika dibaca pada minyak kelapa lalu dioleskan pada bagian yang sakit.
  • Dapat memudahkan kelahiran jika dibacakan pada segelas air lalu diminum pada ibu yang hendak melahirkan.
  • Dapat menyembuhkan sakit mata jika dibaca lalu ditiupkan pada mata yang sakit.
  • Dapat menghilangkan permusuhan jika dibaca sebanyak-banyaknya.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Reporter: Arini Saadah. Published: 21/5/2022)

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer