Sukses


Contoh-Contoh Fauna Indonesia Bagian Barat, Tengah, dan Timur

Bola.com, Jakarta - Secara sederhana, penggertian dari fauna adalah hewan. Jadi, fauna adalah segala jenis hewan yang hidup di muka bumi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fauna adalah keseluruhan kehidupan hewan suatu habitat, daerah, atau strata geologi tertentu. Fauna juga dapat diartikan sebagai karya atau penerbitan yang memuat daftar dan penelaahan jenis hewan suatu habitat, daerah, atau strata tertentu.

Fauna memiliki jenis yang begitu banyak dan beragam hingga tidak lagi terhitung jumlahnya. Beragam hewan tersebut memiliki tempat tinggal yang beragam mulai di laut, atau bisa pula di darat.

Indonesia menjadi satu di antara negara yang memiliki beragam jenis fauna. Pola persebaran fauna Indonesia tidak jauh berbeda dengan pola persebaran tumbuhan, yaitu terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu bagian barat, tengah, dan timur.

Sebagian besar corak fauna bagian barat sama dengan corak fauna oriental, sedangkan bagian timur (Maluku dan Papua) sama dengan corak fauna Australia.

Sementara, jenis fauna Indonesia bagian tengah sering disebut sebagai fauna khas Indonesia (fauna Kepulauan Wallacea). Apa saja contoh fauna Indonesia bagian barat, tengah, dan timur?

Berikut ini contoh fauna Indonesia bagian barat, tengah dan timur, dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Jumat (17/3/2023).

2 dari 4 halaman

Wilayah Fauna Indonesia Barat

Wilayah fauna Indonesia bagian barat meliputi Pulau Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Region fauna ini sering disebut wilayah fauna Dangkalan Sunda. Fauna wilayah Indonesia bagian barat antara lain sebagai berikut.

1. Mamalia, terdiri atas gajah, badak bercula satu, tapir, rusa, banteng, kerbau, monyet, orang utan, macan, tikus, bajing, kijang, kelelawar, landak, babi hutan, kancil, dan kukang.

2. Reptil, terdiri atas buaya, kura-kura, kadal, ular, tokek, biawak, dan bunglon.

3. Burung, terdiri atas burung hantu, elang, jalak, merak, kutilang, serta berbagai macam unggas.

4. Berbagai macam serangga, seperti belalang dan capung.

5. Berbagai macam ikan air tawar dan pesut (lumba-lumba Sungai Mahakam).

3 dari 4 halaman

Wilayah Fauna Indonesia Tengah

Wilayah ini disebut fauna Kepulauan Wallacea. Region ini terdiri atas Pulau Sulawesi dan kepulauan di sekitarnya. Kepulauan Nusa Tenggara, Pulau Timor, dan Kepulauan Maluku.

Di kawasan ini terdapat hewan khas yang hanya dapat dijumpai di Indonesia, yaitu anoa, babi rusa, dan biawak komodo.

Fauna Kepulauan Wallacea, antara lain sebagai berikut:

1. Mamalia, terdiri atas anoa, babi rusa, ikan duyung, kuskus, monyet hitam, tarsius, monyet seba, kuda, dan sapi.

2. Reptil, terdiri atas biawak, komodo, kura-kura, buaya, ular, dan soa-soa.

3. Amfibi, terdiri atas katak pohon, katak terbang, dan katak air.

4. Burung, terdiri atas burung dewata, maleo, mandar, raja udang, burung pemakan lebah, rangkong, kakatua, nuri, merpati, dan angsa.

4 dari 4 halaman

Wilayah Fauna Indonesia Timur

Wilayah fauna Indonesia timur atau fauna Dangkalan Sahul meliputi Papua dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Jenis-jenis hewan yang terdapat di wilayah tanah sahul antara lain sebagai berikut:

1. Mamalia, terdiri atas kanguru, wallaby, nokdiak (landak Irian), opposum layang (pemanjat berkantung), kuskus (kanguru pohon), dan kelelawar.

2. Reptil, terdiri atas buaya, biawak, ular, kadal, dan kura-kura.

3. Amfibi, terdiri atas katak pohon, katak terbang, dan katak air.

4. Burung, terdiri atas nuri, raja udang, cendrawasih, kasuari, kiwi dan namdur

5. Berbagai jenis ikan.

6. Berbagai macam serangga (insecta).

 

Sumber: Kemdibud

Baca artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer