Sukses


Contoh Teks MC Berbagai Acara, Formal dan Informal

Bola.com, Jakarta - MC atau Master of Ceremony menjadi perangkat penting dalam sebuah acara. Jika tidak diatur ataupun dipandu seorang MC, acara tersebut bisa terkendala.

Selain kedua tugas di atas, seorang MC juga memikul tanggung jawab untuk menjaga mood para tamu agar tetap merasa nyaman dan senang menikmati acara yang diselenggarakan.

Namun, menjadi MC tidaklah mudah, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, satu di antaranya mempersiapkan teks MC dengan baik dan benar.

Adapun tujuannya untuk meminimalkan kesalahan dalam menyampaikan susunan acara dan memandu sebuah acara.

Nah, untuk membantu pekerjaanmu sebagai MC lebih mudah dan luwes, ada beberapa contoh teks yang bisa dipelajari.

Berikut ini contoh-contoh teks MC berbagai acara, formal dan informal, dikutip dari laman Pastiguna dan Sekolahnesia, Selasa (21/3/2023).

2 dari 4 halaman

Contoh Teks MC Pelantikan Badan Eksekutif Mahasiswa

Assalamualaikum Wr Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,

Yang terhormat Pembantu Rektor I Universitas ... , Ibu ...

Yang terhormat Dekan Fakultas Teknik Universitas ... , Bapak ...

Yang terhormat, ketua lembaga Yudikatif, Eksekutif, dan Legislatif mahasiswa Fakultas Teknik Universitas ...

Serta segenap hadirin yang berbahagia.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya sehingga kita boleh berkumpul di tempat ini dalam rangka pelantikan pengurus Lembaga Eksekutif dan Legislatif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas ...

Selawat dan salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad saw. karena telah menyelamatkan kita dari kegelapan. Amin ya Robbal Alamin.

Hadirin yang saya hormati, pertama-tama perkenalkan saya ... dan rekan saya ..., kami berdua sebagai pembawa acara yang akan memandu jalannya acara pada pagi hari ini.

Susunan acara pada kegiatan pelantikan pengurus Lembaga Eksekutif dan Legislatif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas ... yang akan dilaksanakan pada pagi hari ini, sebagai berikut.

  • Pembukaan.
  • Doa.
  • Menyanyikan lagu Indonesia Raya.
  • Sambutan-sambutan
  • Pelantikan pengurus Lembaga Eksekutif dan Legislatif Mahasiswa Universitas xxx oleh Rektor atau yang mewakili.

Hadirin yang kami hormati, akhirnya sampailah kita ke pengujung acara. Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi saudara-saudari sekalian. Mewakili seluruh panitia penyelenggara, kami memohon maaf bila ada hal-hal dari kami yang kurang berkenan. Terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3 dari 4 halaman

Contoh Teks MC Acara Pengajian

Assalamualaikum Wr.Wb

Kepada yang terhormat ustaz Muhammad Halim, ketua majlis taklim, panitia pengurus masjid, dan para hadirin yang saya hormati.

Sebagai umat muslim, marilah kita panjatkan syukur kepada Allah Swt. yang memberikan limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga pada sore hari ini kita diizinkan untuk berkumpul dalam acara pengajian akbar tanpa adanya halangan. Semoga dapat menambah ilmu dan wawasan kita sebagai bekal kehidupan di dunia dan akhirat nanti.

Hadirin yang saya hormati,

Saya selaku pembawa acara, izinkan untuk membacakan susunan acara pada pengajian akbar sore hari ini, sebagai berikut:

  • Pembukaan
  • Pembacaan surah Al-Baqarah oleh Nanda
  • Sambutan dari pemimpin pengajian yaitu bapak Aswar
  • Pengajian akan dibawakan oleh Ustaz Muhammad Halim
  • Doa

Demikian beberapa serangkaian acara pengajian pada sore hari ini. Sebelum kita masuk ke acara berikutnya, marilah kita membaca Basmalah bersama-sama.

Acara kedua akan diisi dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang akan dibacakan oleh saudara Nanda, kami persilakan. Terima kasih kepada saudara Nanda yang sudah membacakan ayat suci Al-Qur’an. Semoga Allah memberikan pahala yang berlimpah untuk kita semua, terutama bagi yang membacakannya.

Sebelum masuk ke acara inti, mari kita dengarkan sedikit sambutan dari pimpinan panitia pengajian, kepada Bapak Aswar, kami persilakan.

Kita akhirnya sampai di acara inti, ceramah pada sore hari ini akan disampaikan oleh ustaz Muhammad Halim. Kepada Ustaz Halim yang kami hormati, kami persilakan.

Akhirnya kita sampai di pengujung acara, yaitu berdoa bersama dan akan dipimpin langsung oleh ustaz Halim. Sebelum kita berdoa bersama, saya selaku pembawa acara jika terdapat salah kata ataupun sikap yang tidak berkenan di hati Bapak Ibu sekalian, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Kepada ustaz Halim untuk memimpin doa bersama, kami persilakan, dan sekaligus sebagai penutup acara pada pengajian sore hari ini. Wassalamualaikum Wr.Wb

4 dari 4 halaman

Contoh Teks MC Ulang Tahun Kota

Assalamualaikum, salam sejahtera!

Halo semua, apa kabarnya nih? Saya harapkan semua baik, sehat dan tentunya semangat karena hari ini kita punya acara heboh yang bikin kalian semua terhibur. Sudah tahu dong kalau acara hari ini digelar khusus untuk memeriahkan hari ulang tahun kota ...? Kota kebanggan kita semua, iya kan? Semoga kota ... dan warganya selalu diberikan kehidupan yang baik, berkah dan menyenangkan ya!

Baik, hari ini kita punya banyak banget acara hiburan dari sejumlah penampil, yaitu:

  • Tari ... yang akan dibawakan oleh ... sebagai pembuka acara
  • Kemudian ada penampilan dari artis ibu kota ... yang akan membawakan lima lagu untuk kalian semua. Tentunya ... yang paling ditunggu-tunggu kan?
  • Setelah penampilan ... akan ada hiburan stand up comedy dari ... nih teman-teman. Gak tau siapa ...? Aduh, dia komika paling lucu saat ini, dijamin pasti terhibur.
  • Setelah penampilan ... akan ada sambutan, sepatah dua kata kata dari bapak walikota kita.
  • Setelah sambutan bapak walikota, acara dilanjutkan kembali dengan menampilkan kebolehan ibu PKK masing-masing kecamatan loh. Pasti heboh yang ini.
  • Setelah penampilan ibu PKK selesai, artis terkenal ... akan menghibur kita dengan empat lagunya. Ini pasti yang paling ditunggu para ibu-ibu.

Nah, itu sejumlah acara yang akan kita saksikan hari ini. Tanpa banyak kata-kata lagi, sajian pertama dari ... dipersilahkan! Let’s check this out!

 

Sumber: Pastiguna, Sekolahnesia

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer