Sukses


Manfaat Bersedekah yang Bisa Didapatkan Seorang Muslim

Bola.com, Jakarta - Manfaat bersedekah dalam Islam banyak dijelaskan dalam Al-Qur'an dan Hadis. Sedekah menjadi satu di antara amalan yang disukai oleh Allah Swt.

Sedekah adalah perbuatan memberi kepada orang lain secara cuma-cuma tanpa melihat jumlah atau waktu yang telah dikeluarkan.

Tidak hanya berbentuk harta benda saja, bersedekah juga bisa dalam bentuk lain, seperti bantuan secara fisik atau nonmaterial.

Manfaat bersedekah tidak hanya bisa diambil oleh penerimannya saja, bagi mereka yang memberi juga akan diberikan berbagai manfaat.

Manfaat bersedekah merupakan balasan dari Allah Swt. Meski terkadang tidak bisa dirasakan secara langsung, pasti akan ada saatnya balasan itu datang.

Berikut manfaat bersedekah yang bisa didapatkan seorang muslim, disadur dari Liputan6, Senin (20/3/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Manfaat Bersedekah yang Bisa Didapatkan Seorang Muslim

1. Menghapus Dosa

Sebagai manusia, pastinya selalu diliputi dosa-dosa. Namun, umat Islam senantiasa diberikan jalan untuk menghapus dosa-dosanya melalui sedekah.

Sedekah adalah ibadah yang istimewa karena bisa memudahkan umat Islam untuk menghapus dosa-dosa. Rasulullah saw. bersabda, "Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api". (HR. Tirmidzi)

2. Menyembuhkan Penyakit

Rasulullah saw. bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam, "Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana". (HR. Ath-Thabrani).

Dengan melakukan sesuatu hal yang positif, seperti bersedekah, akan meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh) sehingga tubuh lebih kuat menghadapi penyakit.

3 dari 6 halaman

Manfaat Bersedekah yang Bisa Didapatkan Seorang Muslim

3. Melipatgandakan Pahala

Manfaat sedekah dalam Islam akan memberikan banyak keistimewaan kepada para pelakunya. Satu di antaranya, Allah Swt. akan memberikan pahala yang berlipat ganda bagi orang yang mau bersedekah.

"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah, baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak." (Q.S. A-l-Hadid ayat 18).

4. Melipatgandakan Harta

Dalam sebuah hadis dijelaskan manfaat sedekah dalam Islam dapat melipatgandakan harta. Bersedekah tidak akan memengaruhi atau mengurangi harta yang dimiliki.

Hal ini sesuai sabda Rasulullah saw. Rasulullah saw. bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam, "Sedekah tidaklah mengurangi harta." (HR Muslim).

Meski secara kenyataan harta terlihat berkurang karena sedekah, kekurangan tersebut akan ditutupi dengan pahala di sisi Allah Swt. dan akan terus bertambah menjadi lebih banyak.

Allah Swt. telah menjanjikan manfaat sedekah dalam Islam tersebut sesuai dengan firman-Nya dalam Al-Qur'an surah Saba' yang artinya:

"Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki sebaik-baiknya." (Q.S. Saba ayat 39)

4 dari 6 halaman

Manfaat Bersedekah yang Bisa Didapatkan Seorang Muslim

5. Mendatangkan Keberkahan

Manfaat sedekah dalam Islam dikatakan dapat membersihkan harta sehingga mendatangkan berkah. Sebagaimana yang dicatatkan dalam firman Allah Swt., "Ambillah (sebagian) dari harta menjadi sedekah (zakat), supaya dengannya engkau membersihkan harta itu (dari dosa) dan mensucikan mereka (dari akhlak yang buruk)." (QS at-Taubah [9]: 103)

6. Memudahkan Jalan ke Surga

Dari Ali r.a. berkata, Nabi Muhammad saw. bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam:

"Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya." Lantas seorang Arab baduwi berdiri sambil berkata, "Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?" Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab, "Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan salat pada malam hari di waktu manusia pada tidur". (HR. Tirmidzi)

5 dari 6 halaman

Manfaat Bersedekah yang Bisa Didapatkan Seorang Muslim

7. Memberi Naungan di Hari Kiamat

Diriwayatkan dalam hadis riwayat Ahamad, Rasulullah bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam, "Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya".

Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan melalui sedekah, umat Islam dianjurkan untuk gemar bersedekah.

8. Menciptakan Kebahagiaan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang profesor University of Oregon dan timnya menemukan bahwa manfaat sedekah mampu menciptakan rasa bahagia.

Hal itu karena otak melepaskan dopamin dan endorfin sehingga diri sendiri merasa lebih gembira. Penelitian dari Jerman juga menemukan manfaat sedekah menciptakan rasa puas dan bangga terhadap diri sendiri karena Anda tahu telah melakukan hal yang baik dan berguna untuk orang lain.

9. Menguatkan Tali Silaturahmi

Berbagi dengan cara sedekah akan menguatkan ikatan sosial dengan sesama. Anda tidak pernah tahu seberapa besar Anda membutuhkan bantuan orang lain kelak.

Manfaat sedekah dalam Islam akan membuat Anda menambah keluarga, teman baru atau kerabat baru. Tidak menutup kemungkinan, mereka akan membantu Anda suatu saat. Kalaupun tidak, Tuhan tidak pernah menutup mata bagi mereka yang ikhlas bersedekah.

6 dari 6 halaman

Manfaat Bersedekah yang Bisa Didapatkan Seorang Muslim

10. Mendapat rida Allah Swt.

Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah menyatakan tentang manfaat sedekah dalam Islam:

"Puasa, salat, dan sedekah mengantarkan orang yang mengamalkannya pada Allah. Sebagian salaf sampai berkata, salat mengantarkan seseorang pada separuh jalan. Puasa mengantarkannya pada pintu raja. Sedekah nantinya akan mengambilnya dan mengantarnya pada raja." (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 298).

11. Dikabulkan Permintaannya

Bersedekah yang diiringi doa dapat membantu terkabulnya permintaan, memperlancar rezeki, mengangkat penyakit, hingga memudahkan segala urusan.

Rasulullah bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam:

"Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, 'Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah'. Malaikat yang satu berkata, 'Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil'. (HR. Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah).

Dari hadis tersebut, barang siapa yang memutuskan untuk memberikan hartanya akan didoakan oleh malaikat agar rezekinya makin lancar dan berkah. Sedangkan mereka yang enggan, akan didoakan agar ditahan pula rezekinya.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Laudia Tysara, Editor: Rizky Mandasari. Published: 18/8/2021)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer