Sukses


Contoh-Contoh Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Pesawat sederhana adalah alat-alat bantu sederhana untuk membantu melakukan aktivitas atau pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun alasan mengapa disebut pesawat sederhana karena hanya memerlukan satu gaya untuk melakukan sebuah usaha.

Pesawat sederhana merupakan alat mekanik yang bisa mengubah arah atau besaran dari sebuah gaya. Lebih simpelnya, pesawat sederhana adalah alat yang digunakan untuk mempermudah melakukan usaha atau pekerjaan.

Pesawat sederhana bisa memberi beragam manfaat, seperti mengubah bentuk energi, mengurangi gaya, memperbesar kecepatan, dan mengubah arah.

Ada banyak jenis pesawat sederhana dan semuanya dibuat untuk memudahkan pekerjaan. Berdasarkan cara kerjanya, pesawat sederhana dapat dibedakan menjadi empat jenis, yaitu katrol, roda berporos, bidang miring, dan pengungkit.

Masing-masing dari jenis pesawat sederhana tersebut memiliki fungsi dan keuntungannya berbeda-beda dalam kehidupan sehari-hari. Untuk lebih jelasnya, penting mengetahui contohnya.

Berikut ini contoh pesawat sederhana berdasarkan jenisnya, dilansir dari Buku IPA Kelas VIII SMP/MTs terbitan Kemdikbud, Selasa (21/3/2023).

2 dari 5 halaman

Katrol

Katrol adalah pesawat sederhana berupa roda beralur yang terhubung dengan tali dan digunakan untuk memudahkan dalam melakukan kerja. Hal itu karena katrol dapat mengubah arah gaya ketika menarik atau mengangkat beban.

Pemanfaatan katrol di dalam kehidupan sehari-hari bisa dilihat pada sistem sumur timba. Katrol digunakan untuk menimba air di dalam sumur. Contoh lainnya adalah katrol yang dipakai untuk mengerek bendera ketika upacara.

3 dari 5 halaman

Roda Berporos

Roda berporos adalah pesawat sederhana yang memakai roda dan mempunyai poros tempat berputarnya roda.

Pemanfaatan roda berporos ini dapat digunakan untuk memindahkan benda dengan mudah tanpa mengeluarkan banyak gaya.

Roda gigi (gear) dan ban pada sepeda adalah salah satu contoh pesawat sederhana yang tergolong roda berporos. Selain roda sepeda, contoh penerapan pesawat sederhana jenis roda berporos adalah pada kursi roda, mobil, dan sepatu roda.

 

4 dari 5 halaman

Bidang Miring

Bidang miring merupakan bidang datar yang diletakkan miring atau membentuk sudut tertentu sehingga dapat memperkecil gaya kuasa.

Bidang miring juga bisa berarti sebagai sebuah lintasan yang memiliki kemiringan tertentu serta membentuk sudut terhadap permukaan mendatarnya.

Salah satu penerapan bidang miring adalah jalan di dataran tinggi yang dibuat berkelok-kelok. Contoh lain penerapan bidang miring adalah tangga, sekrup, dan pisau.

 

5 dari 5 halaman

Pengungkit

Pengungkit merupakan salah satu jenis pesawat sederhana yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pengungkit dapat memudahkan usaha dengan cara menggandakan gaya kuasa dan mengubah arah gaya.

Contoh alatalat yang merupakan pengungkit antara lain gunting, linggis, jungkatjungkit, pembuka botol, pemecah biji kenari, sekop, koper, pinset, dansebagainya.

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer