Sukses


Contoh Seni Rupa Terapan yang Umum Dijumpai

Bola.com, Jakarta - Seni rupa terapan adalah sebuah anggota dari seni rupa. Di mana dalam karya seni ini mengandung dua unsur, yaitu estetika dan fungsi atau praktis.

Namun, dalam seni rupa ini lebih mengutamakan fungsi praktis atau guna dibandingkan fungsi esetika.

Dalam bahasa Bahasa Inggris, seni rupa terapan lebih dikenal dengan sebutan applied arts, atau seni yang di aplikasikan.

Di negara Indonesia sebuah karya seni terapan sudah ada sejak zaman prasejarah dan sudah terus berkembang. Pada zaman nenek moyang kita dulu sudah menggunakan kapak yang terbuat dari batu dan tulang untuk berburu.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan sebuah karya seni sangatlah pesat terutama karya seni terapan. Dulu para leluhur menggunakan sebuah batu untuk membuat suatu alat.

Namun, berbeda lagi ketika menuju ke zaman sedikit modern, para nenek moyang sudah menggunakan logam.

Berikut contoh seni rupa terapan, dinukil dari Pinhome, Senin (20/3/2023).

2 dari 3 halaman

Contoh Seni Rupa Terapan

1. Anyaman

Seni anyam ini termasuk dari hasil seni kriya. Seni anyam ini berasal dari serat tumbuhan, tapi juga ada yang berasal dari serat sintetis.

Dari serat tersebut di anyam hingga membentuk benda yang memiliki nilai guna dan nilai estetika tinggi. Contoh anyaman ini seperti : keset, kursi anyam rotan, keranjang, dan lain sebagainya.

Kerajinan ayaman sering digunakan oleh ibu rumah tangga yang sedang ke pasar. Kerajinan ini hampir bisa ditemui di seluruh wilayah Nusantara.

2. Seni Batik

Batik merupakan satu di antara jenis seni grafis tradisional. Dalam membuat batik harus menggunakan media kain sebagai dasar dan zat pewarna dari alam.

Kini, batik sudah menjadi ciri khas dari Indonesia dan memiliki banyak penggemar di berbagai wilayah dunia. Teknik membatik sudah dikenal sejak lama.

Seni membatik merupakan warisan budaya leluhur yang dilestarikan secara turun temurun sampai sekarang.

Satu di antara kerajinan batik yang populer adalah batik Solo, batik Pekalongan. Keistimewaan yang ada pada kain batik membuat kain ini dijadikan pakaian untuk kegiatan forma.

3. Seni Keramik

Keramik merupakan satu di antara karya seni rupa terapan yang sudah ada dari zaman dahulu. Penggunaan seni keramik ini selain untuk dinikmati keindahanya, sekarang juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh dari seni keramik ini adalah gerabah, porselin, genteng, guci, dan lain sebagainya.

4. Kerajinan Logam

Logam merupakan satu di antara bahan yang dapat diolah menjadi sebuah seni. Logam ini cukup populer di Indonesia sejak zaman-zaman dulu.

Hal itu terlihat dari peninggalan orang zaman dahulu yang sudah mulai menggunakan logam untuk kehidupan sehari-hari.

Selain itu, logam juga digunakan untuk hiasan, baik untuk ruangan maupun aksesoris manusia. Contoh dari kerajinan logam: bejana, perhiasan emas, tempat minum, dan masih banyak lagi yang lainya.

 

3 dari 3 halaman

Contoh Seni Rupa Terapan

5. Seni Ukir atau Seni Pahat

Seni pahat atau seni ukir merupakan satu di antara seni kuno yang masih banyak peminatnya. Media yang digunakan untuk membuat seni pahat ini bisa memakai batu ataupun kayu.

Dengan menggunakan alat khusus serta kreativitas yang tinggi untuk menjadikan sebongkah bahan menjadi hasil karya seni yang bernilai tinggi.

Hingga sekarang ini banyak sekali pengrajin pahat atau ukir ini. Bahkan di Indonesia ini ada wilayah yang memiliki satu sentra industri kerajinan ukir dan pahat yang sudah terkenal.

6. Senjata Tradisional

Saat ini, berbicara senjata mungkin yang terbayang dibenak banyak orang adalah senapan, pistol, pisau dan senjata tajam lainnya.

Namun, pada zaman dahulu senjata merupakan benda pusaka yang digunakan untuk untuk membantu pekerjaan. Senjata tradisional memiliki nilai yang sangat tinggi.

Satu di antara contoh senjata tradisional seperti keris dari Jawa, celurit dari Madura, dan mandau dari Kalimantan. Senjata tradisional termasuk kerajinan dari bahan keras.

7. Kerajinan Sepatu

Untuk karya seni rupa terapan berupa sepatu yang menjadi sentral saat ini ada di Cibaduyut. Hasil kerajinan sepatu dari kota ini tidak hanya dipasarkan di Indonesia tapi juga dunia.

Sepatu merupakan satu di antara karya seni bernilai tinggi yang digunakan untuk melindungi kaki dari bahaya. Pada umumnya sepatu dibuat dari bahan kulit.

8. Gagang Pintu

Gagang pintu juga termasuk karya seni rupa terapan, mungkin benda inilah yang paling sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya gagang pintu terbuat dari bahan logam atau kuningan.

 

Sumber: Pinhome

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer