Sukses


Deretan Prestasi Syabda Perkasa Belawa, Pebulutangkis Muda Berbakat yang Meninggal karena Kecelakaan

Bola.com, Jakarta - Pebulutangkis muda Indonesia, Syabda Perkasa Belawa, tutup usia. Dunia bulutangkis Indonesia berduka karena Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia dalam kecelakaan di jalan tol Pemalang, Jawa Tengah, Senin (20/3/2023) dini hari WIB.

Pemain kelahiran Jakarta, 25 Agustus 2001 ini meninggal dunia setelah kendaraan yang dikemudikan sang ayah, Muanis Hadi Sutamto menabrak kendaraan lain dari belakang di jalan tol. Akibatnya, Syabda dan ibunda, Anik Sulistyowati, meninggal dunia. Sang ayah, dalam kondisi kritis. Sementara kakaknya, Diana Sakti Anistyawati dan adiknya, Tahta Bathari Cahyaloka mengalami luka-luka

Kepergian Syabda tersebut merupakan kehilangan besar bagi dunia bulutangkis Indonesia. Dia baru berusia 21 tahun dan telah mencatatkan beberapa prestasi apik di level junior hingga senior.

"Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Kami keluarga besar PP PBSI, insan bulutangkis, dan para pencinta bulutangkis tentu merasa sangat kehilangan dengan meninggalnya Syabda Perkasa Belawa, pemain yang memiliki talenta besar dan tangguh," ucap Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna, melalui rilis dari PBSI. 

"Kami mengucapkan turut berduka cita yang mendalam. Untuk keluarga yang masih dirawat, semoga segera diberi kesembuhan dan kesehatan kembali seperti sedia kala," imbuh PBSI. 

 

2 dari 3 halaman

Raih Beberapa Gelar Internasional

Syabda, yang baru berusia 21 tahun, sudah menunjukkan prestasi menjanjikan di level junior. Dia juga mulai menapaki karier di level senior. Namun, perjuangannya terpaksa terhenti di tengah jalan. 

Pemain tunggal putra tersebut sudah menggenggam beberapa gelar di turnamen bulutangkis internasional. Dia mengoleksi tiga gelar di ajang BWF International Challenge. 

Syabda menjadi kampiun pada ajang Lithuanian International 2022, Malaysia International 2022, dan Iran Fajr International 2023. 

Dia juga pernah membantu tim bulutangkis Indonesia menjadi runner up alias meraup medali perak pada Piala Thomas 2022. Syabda tercatat menjadi pahlawan kemenangan Indonesia pada laga terakhir Grup A melawan Korea Selatan. Saat itu, Indonesia mengalahkan Korsel dengan skor 3-2. 

Syabda Perkasa Belawa juga pernah menjuarai ajang BWF junior yakni Jakarta Junior International.

Kiprah terakhir Syabda adalah saat mengikuti Iran International Challenge 2023 pada awal Februari. Dia menyabet gelar juara setelah di final menundukkan Justin Hoh dari Malaysia dengan skor 18-21, 21-12 dan 22-20.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Prestasi Syabda Perkasa Belawa

  • Medali perak Asian Junior Championships 201
  • Medali emas World Junior Championships 2019 
  • Medali emas BWF Junior International 2019
  • Medali emas PON Papua 2021
  • Runner up Thomas Cup 2022 
  • Juara Lithuanian International 2022
  • Juara Malaysia International 2022
  • Juara Iran Fajr International 2022

Sumber: PBSI, BWF 

 

 

 

Video Populer

Foto Populer