Sukses


Contoh Perubahan Sosial Budaya yang Kerap Terjadi

Bola.com, Jakarta - Dalam kehidupan bermasyarakat, perubahan sosial budaya menjadi kajian yang cukup menarik. Berawal dari terjadinya perubahan sosial, mampu mengubah gejala dan struktur sosial dalam masyarakat.

Entah disadari atau tidak, perubahan sosial budaya pasti terjadi dalam sekelompok masyarakat. Adanya perubahan merupakan hal yang wajar dan sudah menjadi sifat serta hakikat manusia.

Perubahan sosial budaya terjadi karena dipengaruhi oleh komunikasi, cara dan pola pikir masyarakat. Perubahan sosial budaya juga dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.

Faktor internal bisa dipengaruhi oleh konflik, perubahan jumlah penduduk, revolusi, penemuan baru dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mencermati contohnya.

Berikut contoh perubahan sosial budaya, dinukil dari Deepublishstore, Senin (20/3/22).

2 dari 3 halaman

Contoh Perubahan Sosial Budaya

1. Contoh perubahan sosial budaya yang bersifat besar

Pada 20 tahun yang lalu, pertanian di Indonesia masih menggunakan cara sederhana dan manual. Mulai dari semai padi, menanam padi, perawatan padi hingga panen masih menggunakan sederhana.

Namun, sekarang sudah tidak lagi. Jika dulu menyemai padi masih disemai di lahan persawahan, sekarang bisa disemai dalam ruangan dan menggunakan teknologi canggih.

Dulu menanam padi menggunakan cara manual, ditanam menggunakan tenaga manusia, sekarang sudah bisa menggunakan mesin otomotif.

Begitu juga saat tiba waktu panen. Tidak lagi dipanen dengan tenaga manusia, tetapi sudah bisa dipanen secara otomatis menggunakan traktor. Kini, dunia pertanian sudah semakin canggih.

Terjadinya perubahan budaya ini ada sebagian yang menerima dengan baik dan ada juga yang menolak. Bagi petani desa yang terkendala oleh biaya akan menolak cara ini.

Hal itu karena mesin yang digunakan harganya mahal. Namun, bagi yang punya uang, akan memilih cara ini yang lebih modern dan canggih.

2. Contoh perubahan sosial budaya yang bersifat kecil

Perubahan yang tidak terlalu berpengaruh besar adalah perubahan lifestyle. Contoh yang sering kita temukan adalah perubahan gaya berpakaian.

Dulu, masyarakat terbiasa berpakaian tidak berhijab. Hanya segelintir orang yang memakai hijab dalam kesehariannya.

Namun, kini berubah, hampir sebagian besar sudah menggunakan hijab dalam kehidupan sehari-hari. Banyaknya orang memakai hijab inilah yang mendorong orang-orang di sekitar ikut menggunakannya.

Jadi, pengaruh lingkungan dan fashion membuat sebagian orang memakai hijab. Meski demikian, perubahan sosial budaya ini tidak sampai menimbulkan konflik dan pertentangan dalam masyarakat.

3. Contoh perubahan sosial budaya yang dipengaruhi oleh Negara lain

Sebagai negara yang pernah dijajah bangsa barat, Indonesia juga mengalami perubahan sosial budaya. Satu di antara pengaruh positifnya adalah terjadi transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Itulah mengapa Indonesia kini bisa melek teknologi mutakhir dan terbaru dari negara-negara barat. Sayangnya, bagi sebagian masyarakat justru terseret pada hal yang kurang baik.

Sebagian masyarakat jadi mengikuti gaya hidup orang-orang barat, seperti minum-minuman keras, terpengaruh dalam budaya pergaulan yang tidak mengindahkan sopan santun kepada orang yang lebih tua dan pengaruhi pola hidup.

3 dari 3 halaman

Contoh Perubahan Sosial Budaya

4. Contoh perubahan sosial Budaya dalam Keagamaan

Satu di antara contoh perubahan budaya yang berkaitan dengan keagamaan adalah budaya dalam agama islam. Indonesia dikenal sebagai negara Islam yang ternyata sudah mengalami akulturasi budaya.

Bagi orang Islam, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan menara bukan? Yap, beberapa masjid pasti ada menara. Menara inilah yang menjadi bentuk dari akulturasi budaya.

Dulu, sebelum Islam diperkenalkan, lelehur kita sudah memiliki keyakinan sendiri. Jadi sebelum Sayidina Ali ke Persia, para leluhur memiliki tuhan dan menyembah Api.

Begitu ikut islam, apinya hilang. Namun, masih ada beberapa yang menyembah api di depan masjid, dan dibangun tiang tinggi untuk api yang disebut manoro.

Akhirnya orang Majusi mampu menghilangkan api, dan terbentuklah menara di setiap masjid. Kemudian dicontoh setiap masjid dengan dibuat menara.

Nah, dari cerita ini menunjukan bahwa terjadi akulturasi sosial budaya bahkan sebelum masa penjajahan masuk ke Indonesia.

5. Contoh perubahan sosial budaya pada bangunan

Orang Jawa Tengah pastinya sudah tidak asing dengan masjid Demak bukan? Masjid Demak merupakan satu di antara masjid tertua di Jawa.

Kemudian Yogyakarta juga punya masjid Kotagede, sebagai masjid Mataram Islam pertama kali. Dari segi bangunan, kedua masjid memiliki peleburan budaya dari leluhur.

Contohnya pada masjid Kotagede, bagian atap tersusun seperti kuil Hindu Asia Selatan. Sedangkan dari pola arsitektur di dunia Islam, ada corak Ottoman dari Byzantium serta corak India dan Syro-egypto.

Sumber: Deepublishstore

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer