Sukses


Direstui Komisi X DPR RI, Anthony Beane Selangkah Lagi Bela Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2023

Bola.com, Jakarta - Komisi X DPR RI memberikan restu dan rekomendasi pemberian kewarganegaraan untuk Anthony Beane Jr. Point Guard Indonesia Patriots itu selangkah lagi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Restu dan rekomendasi dari Komisi X DPR RI diberikan pada Senin (20/3/2023). Hasil itu didapat setelah Komisi X menggelar rapat kerja dengan Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga, Muhadjir Effendy, serta PP Perbasi yang diwakili Ketua Umum, Danny Kosasih, dan Sekjen Perbasi, Nirmala Dewi.

Jerome Anthony Beane juga turut mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR RI. Jerome didampingi oleh pelatih Timnas Basket Indonesia, Milos Pejic.

"Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Jerome Beane dengan catatan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku," kata Pimpinan Sidang yang juga Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda.

2 dari 4 halaman

Langkah Selanjutnya

Restu yang didapat membuat Jerome Beane berpeluang membela Timnas Basket Indonesia pada SEA Games 2023. Namun, pemain 28 tahun itu masih menunggu tahap selanjutnya berupa restu dari Komisi III DPR RI.

Ketua Umum Perbasi, Danny Kosasih, menegaskan tujuan naturalisasi Jerome Beane adalah untuk mempertahankan medali emas SEA Games 2023.

"SEA Games lalu Indonesia pertama kali merebut medali emas dari Filipina yang sudah 21 tahun mendominasi," ucap Danny Kosasih.

 

3 dari 4 halaman

Tambahan Kekuatan

Kehadiran Jerome Beane diharapkan bisa menjadi tambahan kekuatan untuk Timnas Basket Indonesia.

"Tujuan pertama kami adalah ingin mempertahankan medali emas SEA Games, maupun Asian Games. Perbasi punya roadmap sampai 2036 yakni akan mempersiapkan pemain lokal di luar negeri," ujar Danny Kosasih.

4 dari 4 halaman

Jangka Panjang

Sementara itu, Sekjen Perbasi, Nirmala Dewi, menyebut secara usia Jerome Beane masih cukup produktif untuk dinaturalisasi. Usia 28 tahun yang dimiliki sang pemain dianggap masih ideal untuk membela Timnas Basket Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.

"Pemain basket bisa sampai 35 tahun. Usia 28 tahun saat ini istilahnya sedang dalam masa keemasan dan dalam performa tinggi," tegas Nirmala Dewi.

"Sehingga kami berasa usia ideal untuk bisa menaturalisasi Beane," tegas Nirmala Dewi.

Video Populer

Foto Populer