Sukses


Arti Moderat beserta Ciri-cirinya yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Moderat adalah kemampuan seseorang akan memiliki pandangan tidak hanya dari satu sisi tetapi banyak sisi. Contoh nyata adaptasi moderat adalah gaya kepemimpinan demokrasi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, moderat adalah selalu menghindarkan perilaku atau pengungkapan yang ekstrem.

Moderat lebih kecenderungan ke arah dimensi atau jalan tengah.

Sudut pandang Islam mengartikan moderat sebagai titik tengah yang berada dalam rentangan sisi ekstrem kiri yang memahami Islam secara tekstual radikal dan sisi ekstrem kanan yang memahami Islam dalam konteks sangat lentur.

Berikut penjelasan lanjutan tentang moderat, disadur dari Liputan6, Kamis (23/3/2023).

2 dari 2 halaman

Ciri-Ciri Moderat

1. Memiliki Sikap Terbuka

Moderat merupakan gambaran bagi orang-orang yang senantiasa selalu merasa mudah menerima masukan-masukan baru.

Tentu saja orang dengan ciri-ciri moderat ini tidak akan merasa paling benar apabila ada pendapat lain yang berseberangan.

2. Mampu Berpikir Rasional

Bukan hanya berpendapat berdasarkan pada opini, tetapi berdasarkan pada segala hal raisonal yang bisa ditinjau dengan akal sehat.

Berpikir rasional merupakan bagian dari ciri-ciri moderat berdasarkan pada ilmu pengetahuan, bukan saja kepercayaan yang sudah ada sejak dahulu.

3. Rendah Hati

Ciri-ciri moderat yang tampak dari seorang penganutnya adalah sikap rendah hati. Sikap ini menunjukkan pengetahuan yang dimilikinya belum seberapa.

Itu artinya seseorang dengan pegangang cara berpikir moderat selalu merasa bodoh dan ingin belajar. Alih-alih banyak berbicara, ciri-ciri moderat ini lebih suka banyak mendengarkan dan tidak selalu merasa paling benar.

4. Memikirkan Manfaat

Manfaat yang dimaksudkan bukan lagi keuntungan dan kerugian. Melainkan ciri-ciri moderat ini mengarah pada manfaat kualitatif atau kualitas sesuatu hal.

Dijelaskan pula, ciri-ciri moderat ini penting dijadikan pegangan bagi masyarakat terdidik agar bisa menggunakan ilmunya dengan lebih bijaksana.

 

Disadur dari Liputan6.com (Penulis: Laudia Tysara, Editor: Fadila Adelin. Published: 29/11/2021).

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer