Sukses


35 Kata-Kata Bijak Islami Seputar Salat dan Doa, Mempertebal Amalan di Bulan Ramadan

Bola.com, Jakarta - Pada setiap bulan suci Ramadan, Allah Swt. telah menjanjikan bahwa setiap pahala yang dibuat oleh umat-Nya akan dilipatgandakan.

Banyak ibadah dan perbuatan baik yang bisa dilakukan umat muslim untuk mendulang pahala, seperti mendirikan salat dan selalu berdoa kepada Allah Swt.

Selain dapat memberikanmu pahala, salat dan doa memiliki kekuatan luar biasa. Seburuk apa pun hal yang sedang dihadapi, bisa hilang dengan kekuatan doa.

Terlebih di bulan Ramadan, umat muslim selalu dibimbing untuk bersabar dan menghadapi segala permasalahan dengan ikhlas.

Memang tidak mudah untuk selalu salat tepat waktu dan rutin setiap hari, akan tetapi sebagai muslim yang baik, wajib melakukan perintah tersebut.

Allah Swt. menyayangi hamba-Nya yang selalu bersujud dan memanjatkan doa, baik dalam kondisi sedih maupun bahagia.

Untuk mendorongmu rajin dalam melakukan salat dan berdoa kepada Allah Swt., kamu bisa membaca kata-kata bijak Islami seputar salat dan doa.

Berikut 35 kata-kata bijak Islami seputar salat dan doa yang bisa mempertebal amalan di bulan RamadanIquotepics dan Ultraupdates, Kamis (23/3/2023).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Islami Seputar Salat dan Doa

1. "Menetapkan salat, membayar zakat dan sujud di hadapan-Nya bersama dengan mereka yang sujud."

2. "Dan tegakkanlah doa di kedua ujung siang hari dan menjelang malam. Sungguh, perbuatan baik menyingkirkan perbuatan salah. Itu adalah pengingat bagi mereka yang mengingat." (Al-Quran 11: 114)

3. "Dan ketika salat telah selesai, bubarlah di tanah dan cari dari karunia Allah, dan ingatlah Allah sesering mungkin agar kamu berhasil." (Al-Qur'an 62:10)

4. "Dan jika kamu takut pada musuh maka berdoalah dengan berjalan kaki atau berkuda. Tetapi, ketika kamu merasa aman maka ingatlah Allah dalam doa karena Dia telah mengajarimu apa yang tidak kamu sebelumnya ketahui." (Al-Qur'an 2: 239)

5. "Salat adalah rukun Islam bukan hanya bagian dari Ramadan."

6. "Jadilah Muslim sepanjang hari. Bukan hanya lima kali sehari."

7. "Doa bukan untuk Allah, itu untuk dirimu sendiri. Allah tidak membutuhkan doa, tapi kita membutuhkannya."

8. "Jarak terpendek antara masalahmu dan solusinya adalah jarak antara lutut dan lantai."

9. "Yang maha kuasa dan maha besar adalah Allah Yang Maha Kuasa. Carilah hanya Allah dan tidak ada orang lain."

10. "Semua orang menginginkan doanya dikabulkan tepat waktu, tapi masalahnya tidak ada yang mau mengerjakan salat tepat waktu."

 

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Islami Seputar Salat dan Doa

11. "Selama kamu mengingat Allah, kamu sedang berdoa, bahkan jika kamu berada di pasar."

12. "Yang paling dimuliakan tidak lain adalah Allah Yang Maha Kuasa dan tidak ada orang lain. Yang terbesar dan maha kuasa adalah hanya Allah Swt. Maka, berdoalah hanya pada-Nya dan bukan dari yang lain."

13. "Dan mencari bantuan melalui kesabaran dan doa, dan memang, itu sulit kecuali bagi mereka yang dengan rendah hati tunduk."

14. "Jaga apa yang ada di antara kamu dan Allah, dan dia akan menjaga apa yang ada di antara kamu dan orang-orang."

15. "Doa yang dibuat di tahajud seperti anak panah yang tidak meleset dari sasarannya." - Imam Shafie

16. "Satu di antara cara untuk menguji apakah hatimu mati ataukah hidup adalah dengan cara menanggapi panggilan salat dan seberapa cepat kamu meresponsnya."

17. "Keindahan subuh adalah mengetahui bahwa Allah Swt. memilihmu untuk berada di antara orang-orang yang menyembah-Nya sementara seluruh dunia tidur."

18. "Kita tidak punya hak untuk berjalan di tanah-Nya jika kita tidak punya waktu untuk memikirkan salat."

19. "Ubah setiap kecemasan, ketakutan, dan perhatian menjadi doa. Anggap saja sebagai alasan lain untuk berada di sujud posisi di mana kamu paling dekat dengan Allah."

20. "Nabi saw. berkata, antara ketakpercayaan dan iman adalah meninggalkan salat." - Tirmidzi

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Islami Seputar Salat dan Doa

 21. "Salat adalah perkara pertama yang akan dimintai pertanggungjawaban kelak maka jangan jadikan salat sebagai hal terakhir yang kamu pikirkan." - Dr. Bilal Philips

22. "Jangan pernah melewatkan salat karena ada jutaan manusia di alam kubur yang ingin dihidupkan kembali hanya untuk bersujud kepada Allah sekali lagi."

23. "Di antara keindahan Islam adalah kamu mendoakan saudara-saudari sesama Muslim tanpa mengenal mereka, dan sebagai gantinya malaikat turut memanjatkan doa untukmu." - Dr. Bilal Philips

24. "Doa yang paling cepat dikabulkan adalah doa secara sembunyi-bunyi yang dipanjatkan untuk orang lain." - Ibnu Taimiyyah

25. "Jika Allah berkehendak, hal itu akan terjadi. Teruslah berdoa dan jangan membuat dirimu tertekan."

26. "Jika pekerjaan adalah alasan kenapa kamu melewatkan salat maka tidak akan ada keberkahan dari penghasilan yang kamu peroleh dan pekerjaan itu tidak layak bagimu karena salat tetap harus diutamakan."

27. "Sungguh aneh, telinga kita begitu sensitif saat mendengar bunyi nada dering HP, tapi seolah tuli saat mendengar panggilan untuk salat." - Dr. Bilal Philips

28. "Doa itu bukan untuk mengingatkan Allah tentang masalah yang sedang kamu hadapi, tetapi doa adalah mengingatkanmu akan siapa Allah itu."

29. "Ketika kamu berdoa kepada Allah, lakukanlah dengan sepenuh hati, dengan keyakinan bahwa apa yang kamu minta kepada-Nya akan dikabulkan. Berdoalah dengan penuh tawakal kepada Allah maka kamu akan menemukan dirimu berada di sisi lain."

30. "Jangan terburu-buru dalam mengerjakan salat demi urusan lain karena kamu sedang menghadap Allah yang berkuasa atas urusan apa pun itu yang membuat kamu terburu-buru." - Dr. Bilal Philips

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Islami Seputar Salat dan Doa

31. "Seorang sahabat pernah bertanya kepada Rasulullah saw., "Amalan apa yang paling baik di sisi Allah wahai Rasulullah?" Dia menjawab, 'Salat tepat pada waktunya'."

32. "Tidak ada islam bagi orang yang tidak melaksanakan salat." - Umar bin Khattab

33. "Melakukan salat lima kali sehari tidak serta merta menjadikanmu orang yang saleh, itu baru menjadikanmu seorang Muslim. Jika kamu tidak mengerjakan salat maka coba tanyakan pada dirimu sendiri, kamu itu apa?"

34. "Mengharapkan surga, tapi mengabaikan salat, itu seperti menunggu kereta api tiba di bandara."

35. "Jagalah salatmu karena ketika kamu kehilangannya, kamu akan kehilangan yang lainnya." - Umar bin Khattab

 

Sumber: Iquotepics, Ultraupdates

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer