Sukses


Contoh Energi Kinetik dalam Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Energi kinetik adalah energi yang ada atau yang dihasilkan oleh suatu benda yang sedang melakukan gerakan.

Energi jenis ini disebut juga sebagai energi gerak. Di mana suatu benda bergerak dan kemudian menghasilkan energi lainnya.

Istilah energi kinetik berasal dari bahasa Yunani, yakni dari kata energeia yang artinya usaha dan kata kinesis yang artinya gerak.

Energi ini merupakan energi yang bentuknya berupa gerakan dari suatu benda. Di mana gerakannya akan dipengaruhi oleh massa dan kecepatan gerak benda tersebut.

Berikut beberapa contoh energi kinetik, dilansir dari Deepublishstore, Jumat (24/3/2023).

2 dari 2 halaman

Contoh Energi Kinetik dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Pembangkit Listrik Tenaga Air 

Contoh energi gerak pertama adalah pembangkit listrik tenaga air. Bermula dari gerakan air misalnya di sungai yang kemudian menggerakkan turbin. Turbin bergerak dan menghasilkan energi listrik. 

2. Berjalan 

Gerakan seseorang tentu termasuk energi gerak, salah satu contohnya adalah pada saat berjalan atau mungkin berlari.

Saat bergerak, tubuh manusia akan melakukan koordinasi antara saraf, otot, tulang,dan bagian tubuh yang ingin digerakan. 

3. Bersepeda 

Pernah mengayuh sepeda? Baik untuk kebutuhan olahraga maupun untuk mobilitas rutin seperti pulang pergi ke kantor.

Bersepeda termasuk contoh energi gerak, sebab dalam mengayuh sepeda mengerakan roda dan membuatnya berputar lalu melaju ke arah yang dikehendaki. 

4. Kendaraan yang Melaju 

Kendaraan yang bergerak seperti bus juga termasuk contoh energi gerak dalam kehidupan sehari-hari. Menggerakkan sejumlah komponen mesin atau onderdil sehingga roda kendaraan bisa berputar dan melaju ke arah yang diinginkan.

 

Sumber: Deepublishstore

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer