Sukses


Daftar Makanan yang Perlu Dihindari saat Sahur di Bulan Ramadan

Bola.com, Jakarta - Sahur merupakan satu di antara sunah puasa yang dianjurkan. Makan sahur menjadi bagian penting untuk mendapat asupan energi selama berpuasa.

Dengan mengonsumsi makanan ketika sahur, tubuh akan menjadi lebih berenergi dan tidak mudah merasa lapar selama seharian berpuasa.

Perlu diketahui, mengonsumi makanan ketika sahur tidak boleh sembarangan. Anda perlu memperhatikan faktor gizi dan efek samping makanan yang dikonsumsi ketika sahur.

Beberapa makanan yang mengandung gizi seimbang seperti karbohidrat, vitamin, serat, dan mineral penting dipenuhi saat sahur.

Makanan dengan gizi seimbang akan memberikan Anda cadangan energi dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama saat berpuasa.

Namun, ada beberapa jenis makanan yang justru bisa membuat Anda mudah lapar. Maka itu, makanan tersebut perlu dihindari ketika sahur.

Berikut daftar makanan yang perlu dihindari saat sahur di bulan ramadan, disadur dari Liputan6, Senin (27/3/2023).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Makanan yang Perlu Dihindari saat Sahur di Bulan Ramadan

1. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji merupakan paket lengkap dari gula, lemak, dan garam. Semua komponen ini dapat memicu rasa lapar dengan cepat. Fast food kaya akan kalori ekstra dan sedikit nutrisi.

Kombinasi lemak, gula, dan banyak sodium (garam) dapat membuat makanan cepat saji terasa lebih enak bagi sebagian orang. Namun, diet tinggi natrium dapat menyebabkan retensi air. Ini juga bisa memicu rasa haus berlebih.

Sebagian besar makanan cepat saji, termasuk minuman dan makanan sampingan, sarat dengan karbohidrat dengan sedikit atau tanpa serat.

Ketika sistem pencernaan memecah makanan ini, karbohidrat dilepaskan sebagai glukosa (gula) ke dalam aliran darah. Ini bisa menyebabkan risiko penyakit jantung dan pencernaan.

2. Makanan Rendah Serat

Serat berperan memperlambat penyerapan makanan yang dikonsumsi dari perut ke dalam aliran darah. Ketika makanan rendah atau kurang serat, mereka melakukan perjalanan dengan cepat melalui perut dan masuk ke darah sehingga menyebabkan lonjakan insulin darah.

Makanan yang dapat mempercepat respons insulin akhirnya membuat tubuh cepat lapar dalam jangka panjang. Diet rendah serat juga dapat berkontribusi terhadap penambahan berat badan.

Sementara makanan berserat tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran, cenderung mengandung banyak air dan rendah kalori. Makanan berserat tinggi dapat memicu rasa kenyang lebih lama dan menghidrasi tubuh selama berpuasa.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Makanan yang Perlu Dihindari saat Sahur di Bulan Ramadan

3. Makanan Manis

Makanan manis, seperti gula dan semua olahannya, sangat adiktif karena pelepasan dopaminnya yang tinggi. Makanan yang dimaniskan baik dengan pemanis buatan hingga gula tebu organik, semuanya dapat memicu rasa lapar dengan cepat.

Saat sahur sebaiknya hindari makanan manis, seperti permen, roti manis, atau minuman manis.

Mengonsumsi gula seperti fruktosa dapat meningkatkan rasa lapar. Efek ini juga dapat meningkatkan keinginan Anda untuk makan berlebih yang kemudian memicu penambahan berat badan.

Selain itu, konsumsi fruktosa yang berlebihan dapat menyebabkan resistensi terhadap leptin, hormon penting yang mengatur rasa lapar dan memberitahu tubuh untuk berhenti makan.

Minuman dan makanan manis juga tidak mengurangi rasa lapar. Itu justru membuat tubuh mudah untuk mengonsumsi kalori dalam jumlah tinggi.

4. Makanan Asin

Studi menunjukkan bahwa makanan asin meningkatkan rasa lapar,karena kebutuhan energi yang lebih tinggi untuk memprosesnya. Makanan asin juga dapat memicu rasa haus dan dehidrasi. Makanan yang mengandung banyak garam termasuk makanan olahan, seperti camilan asin dan sup instan.

Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak garam diklaim dapat meningkatkan tekanan darah sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Beberapa penelitian observasional juga telah mengaitkan asupan garam tinggi dengan peningkatan risiko kanker lambung.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Makanan yang Perlu Dihindari saat Sahur di Bulan Ramadan

5. Roti Putih

Roti putih mungkin pilihan makanan sahur yang praktis. Namun, makanan ini dapat memicu rasa lapar dengan cepat. Roti putih dibuat dengan tepung gandum yang telah melalui banyak proses pengolahan sehingga menjadi rendah serat.

Roti putih dapat meningkatkan kadar insulin yang menyebabkan lapar dengan cepat. Kandungan karbohidrat tinggi roti dapat meningkatkan gula darah dan rasa lapar.

Roti putih juga dapat meningkatkan berat badan serta risiko diabetes dan sindrom metabolik. Roti putih terbuat dari tepung olahan. Biji-bijian olahan telah mengalami proses yang menghilangkan protein, mineral, lemak sehat, dan vitamin B.

6. Daging Olahan

Semua daging yang telah diasap, diasinkan, dikeringkan atau dikalengkan dianggap sebagai daging olahan. Daging olahan seperti sosis, nugget, kornet, dan jenis lainnya juga tidak baik dikonsumsi berlebih saat sahur.

Daging olahan cenderung lebih cepat dicerna yang kemudian dapat meningkatkan rasa lapar. Makanan olahan sering kali tinggi lemak dan rendah serat. 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Anugerah Ayu Sendari. Editor: Rizky Mandasari. Published: 22/4/2020)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer