Sukses


9 Keutamaan Salat Tarawih bagi Umat Muslim yang Menjalankannya

Bola.com, Jakarta - Selain berpuasa, terdapat ibadah lain yang dapat dikerjakan umat muslim demi mendulang pahala di bulan Ramadan. Satu di antara ibadah yang bisa dikerjaan di bulan Ramadan ialah salat Tarawih.

Salat Tarawih merupakan satu di antara ibadah sunah yang dikerjakan selepas salat isya. Dalam pelaksanaanya, salat Tarawih dikerjakan secara berjemaah di masjid atau musala, meski bisa juga dilakukan secara mandiri di rumah.

Hukum salat Tarawih adalah sunah muakkad atau sangat dianjurkan, tetapi jika tidak ditunaikan tak masalah.

Kendati demikian, salat Tarawih sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw. untuk rutin ditunaikan selama Ramadan.

Bagi umat muslim yang bisa menjalankan salat Tarawih akan memperoleh ganjaran yang besar serta mendapatkan banyak keutamaan.

Berikut ini 9 keutamaan salat Tarawih bagi umat muslim yang menjalankannya, disadur dari laman Dream, Jumat (24/3/2023).

2 dari 4 halaman

Keutamaan Salat Tarawih

1. Pengampunan Dosa

Keutamaan salat Tarawih yang pertama adalah pengampunan dosa. Salat Tarawih ini bisa menggugurkan dosa dan mendapat pahala dari Allah Swt. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad saw., yang diriwayatkan dari Abu Hurairah.

Rasulullah saw., bersabda yang artinya: "Barang siapa melakukan qiyam Ramadan (salat Tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni". (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Pahala Salat Semalam Penuh

Salat Tarawih dianjurkan untuk dilakukan secara berjemaah di masjid, meski bisa juga dilaksanakan di rumah. Sesuai dengan hadis Nabi saw., yang artinya:

"Siapa yang salat bersama imam sampai selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh."

Jika salat Tarawih dilaksanakan di rumah maka alangkah baiknya dilakukan berjemaah dengan keluarga untuk mendapatkan keutamaan tersebut.

3. Pahala Salat Berjemaah

Hukum salat Tarawih adalah sunah, boleh dikerjakan sendiri dan boleh berjemaah. Namun, jika dilakukan secara berjemaah di masjid tak hanya mendapat pahala salat Tarawih, umat muslim juga akan mendapat pahala salat berjemaah sebanyak 27 derajat.

Seperti hadis Rasulullah saw.: "Salat berjemaah lebih utama dibandingkan salat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat." (HR. Bukhari)

3 dari 4 halaman

Keutamaan Salat Tarawih

4. Meningkatkan Silaturahmi

Keutamaan ini didapatkan jika salat Tarawih dilaksanakan di masjid secara berjemaah. Selain menjalankan ibadah salat Tarawih, kamu juga bisa bertemu dengan sanak saudara dan tetangga sehingga bisa memperkuat tali silaturahmi ukhuwah Islamiyah.

5. Sarana Pembelajaran

Salat Tarawih yang dikerjakan secara berjemaah bisa menjadi pembelajaran kepada masyarakat karena biasanya usai salat Tarawih akan ada kegiatan khotbah atau ceramah yang berisikan siraman rohani.

Adanya ceramah saat salat Tarawih tersebut sangat bermanfaat untuk mempertebal iman.

6. Memeriahkan Ramadan

Keutamaan salat Tarawih selanjutnya adalah sebagai kegiatan ibadah untuk memeriahkan Ramadan. Salat Tarawih berjemaah akan menambah suasana bahagia di bulan Ramadan.

Hal itu yang membuat bulan Ramadan berbeda dengan bulan-bulan lainnya.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Salat Tarawih

7. Menyehatkan Jasmani dan Rohani

Salat Tarawih bisa membuat tubuh sehat dan stamina jadi meningkat di bulan Ramadan. Sebab, pada saat melaksanakan salat Tarawih, tubuh melakukan gerakan-gerakan salat yang bermanfaat untuk olahraga dan efeknya pun sama seperti melakukan olahraga.

8. Salat Tarawih Seutama-utamanya Salat

Mazhab Hanabillah menyebut bahwa seutama-utamanya salat sunah adalah salat yang dikerjakan secara berjemaah. Salat Tarawih satu di antara salat yang ditekankan untuk dilakukan secara berjemaah.

9. Meningkatkan Rasa Cinta terhadap Masjid

Selain memperkuat silaturahmi, salat Tarawih secara berjemaah juga bisa meningkatkan kecintaan umat muslim pada masjid.

Salat tarawih di masjid akan membuat orang-orang yang menjalankannya menjadi lebih tenang hatinya. Selain itu juga, memiliki alasan untuk sering mengunjungi masjid pada bulan Ramadan.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 24/4/2020)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer