Sukses


Contoh Ceramah Singkat Ramadan, Tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan

Bola.com, Jakarta - Ceramah adalah kegiatan menyampaikan pesan kebaikan di depan khalayak umum. Ceramah yang disampaikan biasanya berkenaan dengan nasihat keagamaan.

Ceramah bisa dilakukan secara langsung maupun menggunakan sarana komunikasi, seperti televisi, radio, dan internet. Ceramah umumnya dilaksanakan dalam momen-momen keagaaman, seperti saat bulan Ramadan.

Ceramah di bulan Ramadan, kerap kali didengar setelah melaksanan salat Tarawih dan salat Subuh. Mendengarkan cemarah saat Ramadan merupakan satu di antara amalan yang mendatangkan pahala berlipat-libat.

Ceramah di bulan Ramadan juga berkaitan dengan kewajiban manusia untuk menuntut ilmu sepanjang hidup.

Pasalnya apabila kita telah tiada, hanya ada tiga amalan yang senantiasa terus mengalir, yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sallih yang berdoa untuknya.

Berikut contoh cemarah singkat Ramadan dan judulnya, dinukil dari Berita.99, Jumat (24/3/2023).

2 dari 4 halaman

Ceramah tentang Keutamaan Ramadan

Puasa Ramadan adalah ibadah dengan menahan lapar dan haus yang harus dilaksanakan setiap umat muslim. Meski berat, puasa akan terasa indah dan nikmat, jika dilandaskan pada keyakinan bahwa ini adalah perintah dari Allah.

Keutamaan yang diberikan kepada orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadan adalah janji Allah. Beberapa keutamaan puasa sebagaimana dikabarkan oleh Rasulullah saw.:

Pertama, Mendapat Balasan Langsung dari Allah

Allah berfirman dalam hadis qudsi: “Orang yang berpuasa itu meninggalkan makan, minum dan syahwatnya karena taat pada perintah Allah. Puasa adalah untukku (Allah) dan Aku akan memberikan balasannya, sedang sesuatu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipat gandanya.” (HR Bukhari)

Kedua, Masuk Surga Melalui Pintu Rayyan

Dari Abu Said r.a.: “Rasulullah saw., bersabda: “Barangsiapa yang termasuk dalam ahli puasa, ia akan dipanggil dari pintu Rayyan.”

Ketiga, Sehari Berpuasa Dijauhkan 70 Tahun dari Neraka

Dari Abu Said r.a.: “Rasulullah saw., bersabda: “Tiada seorang hambapun yang berpuasa sehari dengan niat fisabilillah, yakni semata-mata menuju pada ketaatan kepada Allah, melainkan Allah akan menjauhkan wajahnya karena puasanya tadi, sejauh perjalanan tujuh puluh tahun dari neraka.” (muttafaq ‘alaih).

Keempat, Diampuni Dosa-dosa Terdahulu

Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Nabi bersabda: “Barang siapa yang berpuasa Ramadan karena didorong oleh keimanan dan mengharapkan keridaan Allah, maka diampunkanlah untuknya dosa-dosanya yang terdahulu.” (muttafaq ‘alaih).

Kelima, Ada Keberkahan di Dalam Makan Sahur

Rasulullah saw., bersabda: “Makan sahurlah kalian, karena pada makan sahur itu terdapat keberkahan,” (HR Muslim).

Keenam, Senantiasa dalam Kebaikan Selama Berbuka

Rasulullah saw., bersabda: “Orang-orang itu senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka,” (HR Muslim).

Semoga kita semua selama puasa berlangsung bisa mendapatkan keutamaan puasa Ramadan.

Sekian ceramah dari saya.

Wassalamualaikum wr wb

3 dari 4 halaman

2. Ceramah Ramadhan tentang Kesabaran

Assalamualaikum wr. wb.

Satu di antara nama atau sebutan Ramadan adalah bulan kesabaran. Mengapa disebut bulan kesabaran? Karena ibadah utama di bulan ini adalah puasa dan puasa adalah separuh kesabaran.

Rasulullah saw. bersabda:

“Puasa itu separuh kesabaran” (HR. Tirmidzi)

Menahan diri inilah bagian dari pendidikan kesabaran yang Allah canangkan melalui puasa dan Allah telah menyediakan banyak keutamaan untuk orang-orang yang sabar.

Bahwa ulama mengkategorikan kesabaran pada tiga hal:

Sabar terhadap nikmat, sebagai contoh ketika seorang mendapatkan nikmat berupa jabatan, ia harus bersyukur dan bersabar pula dalam menjalankankan jabatannya, sehingga jika ada yang mengajaknya bermaksiat, ia akan mampu menolaknya.

Sabar terhadap Musibah, yaitu saat seseorang mendapatkan kesulitan lalu ia pasrah tanpa berusaha menghilangkan kesulitan itu atau mencari solusinya dikatakan sabar.

Sabar terhadap Ibadah. Salat, puasa, zakat adalah implementasi kesabaran kita untuk taat kepada Allah.

Maka barang siapa yang mampu menjadikan dirinya sebagai orang yang sabar, Allah berjanji dan memberikan hadiah yaitu akan diliputi dan dinaungi Allah Swt. dengan rahmat, perlindungan, pertolongan, dan rida-Nya.

Semoga di bulan Ramadan yang juga dikenal sebagai bulan kesabaran ini kita mampu melatih kesabaran kita dan dikuatkan kesabaran kita oleh Allah Swt.

Wassalamualaikum wr. wb

4 dari 4 halaman

3. Ceramah Ramadan tentang Aplikasi Anak Muda

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah Swt, atas rahmat-Nya kita dapat berkumpul bersama-sama pada kesempatan ini. Selawat dan salam juga kita curahkan kepada anutan kita Nabi Muhammad saw.

Jamaah yang dirahmati Allah. Di sini saya akan menyampaikan topik ceramah yang saat ini sedang hangat dibicarakan anak muda, yaitu TikTok.

Siapa yang suka bermain TikTok? Saya lihat semuanya sudah akrab dengan TikTok.

TikTok adalah sarana berkreasi untuk anak muda. Namun, banyak juga yang salah jalan membagikan konten video negatif. Selain itu banyak yang bermain TikTok sampai lupa waktu sehingga ketika bulan Ramadan, bukannya beribadah, anak-anak malah sibuk main TikTok.

Jamaah sekalian, bermain TikTok itu boleh saja, tetapi ada waktu dan aturannya. Jangan setiap waktu joget-joget di depan ponsel. Apa tidak malu? Daripada bermain TikTok, pergunakanlah waktu buat mencari ilmu yang bermanfaat atau beribadah.

Di samping itu, ingatlah untuk selalu menyebarkan hal-hal yang positif. Gunakan TikTok untuk hal-hal positif dan bermanfaat seperti mengajari memasak, membuat kerajinan, dan menyebarkan ilmu pengetahuan dan keagamaan. Kalian juga harus pintar memilah, konten mana yang positif mana yang tidak. Jangan semua kalian konsumsi.

Itulah ceramah mengenai TikTok dari saya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Sumber: Berita.99

Baca artikel seputar Ramadan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer