Sukses


Keutamaan Membaca Surah Al-Baqarah, Bisa Jadi Pelindung dari Sihir

Bola.com, Jakarta - Membaca surah Al-Baqarah akan memberikan manfaat bagi pembacanya, baik di dunia atau di akhirat. Maka itu, sudah sepatutnya seorang muslim rutin membaca surah Al-Baqarah.

Perintah untuk membaca surah Al-Baqarah bahkan telah ditegaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah saw. bersabda:

“Bacalah oleh kalian surah Al-Baqarah; karena mengambilnya adalah keberkahan dan meninggalkannya adalah kerugian, dan para tukang sihir tidaklah mampu (menggelincirkannya dari kebenaran).”

Al-Baqarah (sapi betina) adalah surah kedua dari 114 surah yang ada dalam Al-Qur'an. Al-Baqarah merupakan surat paling panjang dalam Al-Qur'an.

Surah ini termasuk ke dalam golongan surah Madaniyyah, atau surah yang turun di Kota Madinah.

Al-Baqarah mencakup kurang lebih hingga 2-5 juz. Al-Baqarah dalam Al-Qur'an memiliki total ayat berjumlah 286 ayat.

Lantas, apa saja keutamaan membaca surah Al-Baqarah?

Berikut ini macam-macam keutamaan membaca surah Al-Baqarah, sayang untuk dilewatkan, dikutip dari laman Almanhaj dan Abusyuja, Minggu (26/3/2023).

2 dari 6 halaman

Keutamaan Membaca Surah Al-Baqarah

1. Dilindungi dari Setan

Dalam hadisnya Rasulullah saw. mengatakan, rumah yang dibacakan surah Al-Baqarah tidak dimasuki setan. Berikut hadis yang menjelaskan keutamaan dua ayat terakhir surah Al-Baqarah,

عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ "‏ إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ كِتَابًا قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ بِأَلْفَىْ عَامٍ أَنْزَلَ مِنْهُ آيَتَيْنِ خَتَمَ بِهِمَا سُورَةَ الْبَقَرَةِ وَلاَ يُقْرَآنِ فِي دَارٍ ثَلاَثَ لَيَالٍ فَيَقْرَبُهَا شَيْطَانٌ ‏"

Artinya: "Sesungguhnya Allah Swt. menulis dalam kitab dua ribu tahun sebelum menciptakan surga dan bumi, serta mengirim dua ayat untuk mengakhiri Al-Baqarah. Jika dibaca selama tiga malam dalam rumah maka setan tidak akan mendekatinya." (HR Tirmidzi).

2. Diberi Kecukupan

Dalam hadis yang dinarasikan dari Abu Mas'Ud, muslim yang rutin membaca Al-Baqarah tidak perlu khawatir. Allah Swt. akan memberi kecukupan baginya tanpa ada yang terlewat,

مَنْ قَرَأَ الآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِي لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ ‏"

Artinya: "Siapa saja yang membaca dua ayat terakhir dalam Al-Baqarah pada malam hari, maka itu akan mencukupinya." (HR Ibnu Majah).

3 dari 6 halaman

Macam-Macam Keutamaan Membaca Surah Al-Baqarah

3. Dijauhkan dari Sihir

Keutamaan surah Al-Baqarah yang ketiga yaitu menjadi syafaat, mendapatkan berkah dan dijauhkan dari sihir. Imam Ahmad meriwayatkan, dari Abu Umamah, ia berkata, aku pernah mendengar Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda:

“Bacalah Al-Qur’an, karena Al-Qur’an itu akan memberi syafaat bagi pembacanya pada hari kiamat kelak. Dan bacalah az-Zahrawain, yaitu surah Al-Baqarah dan Ali Imran, karena kedua surah itu akan datang pada hari kiamat, seolah-olah keduanya bagai tumpukan awan, atau bagai dua bentuk payung yang menaungi, atau bagai dua kelompok burung yang mengembangkan sayapnya. Keduanya akan berdalih untuk membela pembacanya pada hari kiamat.” (HR. Muslim dalam kitab ash-Shalah)

4 dari 6 halaman

Keutamaan Membaca Surah Al-Baqarah

4. Diangkat Sebagai Pemimpin

Keutamaan surah Al-Baqarah yang keempat adalah akan diangkat sebagai pemimpin. “Rasulullah pernah mengutus utusan yang terdiri dari beberapa orang. Kemudian beliau memeriksa mereka. Selanjutnya beliau menguji hafalan Al-Qur’an mereka masing-masing.

Lalu beliau menghampiri orang yang paling muda usianya seraya bertanya: “Surah apa yang telah kamu hafal?” Orang itu menjawab: “Aku sudah hafal surah ini dan itu serta surah Al-Baqarah.” “Apakah kamu hafal surah al-Baqarah?” Tanya Rasulullah. Orang itu menjawab: “Ya, hafal.” Setelah itu beliau bersabda: “Berangkatlah, dan kamulah pemimpin bagi mereka. Kemudian salah seorang yang terpandang di antara mereka berkata: “Ya Rasulullah, demi Allah, sesungguhnya tidak ada yang menghalangiku mempelajari surah Al-Baqarah melainkan karena aku khawatir tidak dapat mengamalkannya.” (HR. At-Tirmidzi, hadis ini hasan.)

5 dari 6 halaman

Keutamaan Membaca Surah Al-Baqarah

5. Panggilan Nabi kepada Sahabatnya

Keutamaan surah Al-Baqarah selanjutnya adalah nama surah ini dijadikan sebagai nama panggilan sahabat Rasulullah saw. Hal ini didasarkan dari riwayat hadis oleh sahabat Utbah bin Farqad ra. bahwasanya ia bercerita,

"Rasulullah saw. dalam suatu peperangan melihat para sahabatnya mundur (dari barisan), lalu beliau memanggil mereka, "Wahai para pemilik surah Al-Baqarah!" (HR Imam Thabrani).

6. Jaminan Mahkota Surga bagi Pembacanya

Dalam hadis yang dinukil dari sahabat Abdurrahman bin Al Aswad, muslim yang rutin membaca Al-Baqarah akan dijanjikan sebuah mahkota di surga kelak sebagai ganjarannya. Berikut hadisnya:

Artinya: "Barang siapa yang membaca surah Al-Baqarah di malam hari, maka kelak di surga ia akan mendapatkan mahkota," (HR. Imam Ibnu Dloris).

6 dari 6 halaman

Keutamaan Membaca Surah Al-Baqarah

7. Doanya Dikabulkan Allah Swt.

Terakhir, surah Al-Baqarah termasuk dalam satu dari tiga surah yang disebut dapat membantu permohonan seorang muslim dikabulkan.

قَالَ اسْمُ اللَّهِ الأَعْظَمُ الَّذِي إِذَا دُعِيَ بِهِ أَجَابَ فِي سُوَرٍ ثَلاَثٍ الْبَقَرَةِ وَآلِ عِمْرَانَ وَطَهَ

Artinya: "Nama Allah Swt. yang terbaik yang jika dengan sebutan tersebut maka Dia akan menjawab ada dalam tiga surah yaitu surah Al-Baqarah, Ali Imran, dan Thahaa." (HR. Ibnu Majah)

 

Sumber: Almanhaj, Abusyuja

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer