Sukses


Contoh Teks Deskripsi dengan Berbagai Tema

Bola.com, Jakarta - Teks deskripsi menjadi satu di antara materi yang sering diajarkan di bangku sekolah. Adapun tema yang diambil pun beragam dan bisa dari kehidupan sekitar.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Tujuannya untuk menggambarkan objek secara konkret, terperinci, dan subjektif, serta melukiskan kondisi objek dari sudut pandang pembuat sehingga pembaca seakan-akan dapat melihat, merasakan, mendengar, serta mengalami apa yang dideskripsikan oleh penulis.

Dengan kata lain, melalu teks ini, penulis berusaha untuk menciptakan impresi atau sensasi indra pembaca dalam rangka menghasilkan kesan berdasarkan pemikiran dan imajinasinya.

Adapun struktur yang ada dalam teks deskripsi ada tiga, meliputi identifikasi, klasifikasi, dan deskripsi bagian.

Agar lebih bisa memahaminya, kamu bisa membaca contoh teks deskripsi dengan berbagai tema di bawah ini.

Berikut contoh teks deskripsi dengan berbagai tema, dikutip dari Materibindo, Jumat (24/3/2023).

2 dari 4 halaman

Contoh Teks Deskripsi tentang Tempat Wisata

Wisata Teluk Lumba-Lumba

Teluk Lumba-Lumba merupakan objek wisata yang ada di Lampung, tepatnya terletak di daerah Pekon Segala Negeri, Kecamatan Kelumba, Kabupaten Tanggamus. Jarak tempat wisata ini dari pusat Kota Lampung yaitu sekitar 7 km dan memakan waktu selama tiga jam perjalanan dengan mengendarai mobil.

Teluk Lumba-Lumba ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara. Alasan mereka ingin berlibur di teluk ini karena ingin menyaksikan secara langsung pemandangan laut lepas yang sangat indah.

Teluk ini memiliki pasir yang putih dan bersih tentunya. Hampir tidak terlihat sampah-sampah berserakan. Selain itu, di sebelah utara teluk ini terdapat banyak batu-batu karang besar yang menjadi destinasi favorit bagi para pengunjung yang ingin berfoto.

Di sebelah timurnya, masih berupa hutan bakau yang sangat lebat. Tempat ini biasanya digunakan sebagai perlindungan sekaligus untuk budidaya ikan oleh masyarakat setempat.

Satu di antara daya tarik teluk ini adalah masih banyak ditemui lumba-lumba yang berenang bebas. Turis yang datang ke teluk ini dapat melihat kawanan lumba-lumba dengan menyewa sebuah kapal tradisional dengan biayanya sekitar 50.000/orang. Para turis akan dibawa mengelilingi teluk untuk melihat lumba-lumba selama kurang lebih 30 menit.

Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah candi Buddha. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh dinasti Syailendra yang berasal dari kerajaan Mataram Kuno.

Konstruksinya mendapat pengaruh dari arsitek Gupta India. Candi ini dibangun diatas sebuah bukit setinggi 46 meter. Lima tangga pertama berbentuk kotak dikelilingi oleh tembok yang penuh pahatan yang menggambarkan kehidupan Buddha.

Tiga tangga di atas berbentuk melingkar. pada tiap tangga melingkar tersebut terdapat stupa berbentuk lonceng. Bagian atas bangunan candi di hiasi stupa kecil dengan stupa besar di puncaknya.

Candi borobudur diresmikan sebagai candi nasional Indonesia tahun 1983.

3 dari 4 halaman

Contoh Teks Deskripsi tentang Rumah Adat

Rumah Gadang

Rumah adat ini memiliki bentuk arsitektur dengan bentuk puncak atapnya runcing yang menyerupai tanduk kerbau dan dahulunya dibuat dari bahan ijuk yang dapat tahan sampai puluhan tahun. Namun, belakangan atap rumah ini banyak berganti dengan atap seng.

Rumah gadang dibuat berbentuk empat persegi panjang dan dibagi atas dua bahagian muka dan belakang. Dari bagian dari depan rumah gadang biasanya penuh dengan ukiran ornamen dan umumnya bermotif akar, bunga, daun serta bidang persegi empat dan genjang. Sedangkan bagian luar belakang dilapisi dengan belahan bambu.

Rumah tradisional ini dibina dari tiang-tiang panjang, bangunan rumah dibuat besar ke atas, tetapi tidak mudah rebah oleh goncangan dan setiap elemen dari rumah gadang mempunyai makna tersendiri yang dilatari oleh tambo yang ada dalam adat dan budaya masyarakat setempat.

Pada umumnya rumah gadang mempunyai satu tangga yang terletak pada bagian depan. Sementara dapur dibangun terpisah pada bagian belakang rumah yang didempet pada dinding.

Pada bagian dinding rumah gadang dibuat dari bahan papan, sedangkan bagian belakang dari bahan bambu. Papan dinding dipasang vertikal, sementara semua papan yang menjadi dinding dan menjadi bingkai diberi ukiran sehingga seluruh dinding menjadi penuh ukiran. Penempatan motif ukiran tergantung pada susunan dan letak papan pada dinding rumah gadang.

Pada dasarnya ukiran pada rumah gadang merupakan ragam hias pengisi bidang dalam bentuk garis melingkar atau persegi. Motifnya umumnya tumbuhan merambat, akar yang berdaun, berbunga, dan berbuah. Pola akar biasanya berbentuk lingkaran, akar berjajaran, berhimpitan, berjalinan, dan juga sambung-menyambung. Cabang atau ranting akar berkeluk ke luar, ke dalam, ke atas, dan ke bawah.

Disamping motif akar, motif lain yang dijumpai adalah motif geometri bersegi tiga, empat, dan genjang. Motif daun, bunga atau buah dapat juga diukir tersendiri atau secara berjajaran.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Deskripsi tentang Alam

Pelangi

Pelangi adalah fenomena alam yang terjadi karena adanya proses pembiasan atau pembelokan cahaya. 

Pelangi memiliki berbagai macam warna yang indah, tetapi sebenarnya hanya memiliki satu warna, yaitu putih. 

Kita bisa melihat pelangi saat cahaya matahari mengalami pembiasan karena air hujan. Untuk dapat melihat pelangi, kita harus berada di antara hujan dan sinar matahari.

Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu adalah sebuah gunung yang terdapat di perbatasan antara kabupaten Bandung Barat dengan kabupaten Suang.

Gunung ini memiliki pemandangan alam yang indah serta kawahnya yang terkenal. Saking menakjubkannya sering dijadikan sebagai satu di antara destinasi favorit saat liburan, khususnya bagi yang sedang berpergian ke Jawa Barat.

Selain pemandangannya yang indah dan asri, suasana yang sejuk dan kawah yang cantik membuat siapa saja yang memandangnya terpesona.

Gunung ini tidak jauh dari Kota Bandung, hanya sekitar 25-30 km. Selain saat liburan, hari-hari biasa pun tidak pernah sepi pengunjung, bus-bus dari luar kota silih berganti datang mengantar wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Gunung Tangkuban Perahu.

 

Sumber: Materibindo

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer