Sukses


7 Cara Mencegah Sakit Mag Kambuh saat Puasa Ramadan

Bola.com, Jakarta - Bisa menjalankan ibadah puasa Ramadan selama sebulan merupakan prioritas setiap umat muslim. Akan tetapi, tidak mudah bisa menunaikan puasa Ramadan satu bulan penuh.

Ada sebagian orang yang kesulitan menjalani ibadah puasa Ramadan karena gangguan mag.

Mag yang kambuh bisa menjadi suatu halangan dan menimbulkan ketaknyamanan saat menjalani ibadah puasa Ramadan.

Kendati demikian, bukan berarti mereka yang memiliki riwayat sakit mag tidak dapat menjalankan ibadah puasa secara maksimal.

Kamu bisa menerapkan sederet cara mencegah kambuhnya mag saat sedang menjalani ibadah puasa Ramadan. Bagaimana caranya?

Berikut ini tujuh cara mencegah sakit mag kambuh saat puasa Ramadan agar ibadahmu lebih lancar, dikutip dari laman sumbarprov.go.id, Senin (27/3/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Mencegah Sakit Mag Kambuh saat Puasa Ramadan

1. Makan Secukupnya saat Sahur dan Berbuka

Jangan makan dalam jumlah banyak dalam satu waktu karena dapat membuat lambung bekerja keras. Makanlah secara perlahan dan dalam jumlah secukupnya.

2. Awali Berbuka dengan Mengonsumsi Makanan Ringan

Lambung perlu penyesuaian terlebih dahulu agar tidak kaget. Untuk itu saat berbuka, awali dengan mengonsumsi makanan ringan dulu kemudian baru melanjutkan dengan makan besar.

Jika masih lapar setelah salat tarawih, cukup konsumsi camilan ringan dan sehat seperti pisang atau biskuit.

3. Jangan Makan Terburu-Buru

Makanlah secara perlahan dan hindari makan sembari mengobrol. Makan yang terlalu cepat apalagi sambil mengobrol menyebabkan banyak udara masuk ke saluran cerna dan memicu sakit mag.

3 dari 4 halaman

Cara Mencegah Sakit Mag Kambuh saat Puasa Ramadan

4. Hindari Makanan Pemicu Mag

Hindari konsumsi makanan yang dingin, asam (nanas, kedondong dan lain-lain), pedas (saus, cabai), dan bersantan karena dapat merangsang asam lambung keluar lebih banyak.

Selain itu kurangi makan makanan yang banyak mengandung gas seperti kubis/kol, sawi, nangka, dan lain sebagainya untuk menghindari sakit mag.

5. Hindari Konsumsi Minuman Berkafein dan Soda

Hindari mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh serta minuman bersoda. Hal ini dikarenakan kafein dan soda dapat merangsang peningkatan produksi asam lambung yang memicu sakit mag.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Sakit Mag Kambuh saat Puasa Ramadan

6. Hindari Tidur setelah Makan

Hal ini biasanya terjadi setelah makan sahur. Langsung tidur setelah makan dapat memicu sakit mag.

Bila rasa mengantuk tidak dapat ditahan, tidurlah dengan posisi setengah duduk dengan cara menyangga kepala dan bahu dengan tumpukan bantal. Posisikan kepala dan bahu tetap lebih tinggi dibandingkan posisi perut.

7. Kendalikan Emosi

Kendalikan emosi dan kelola stres dengan cara yang positif seperti istirahat sejenak jika merasa lelah dan lakukan teknik relaksasi, latihan pernapasan atau yoga.

 

Sumber: sumbarprov.go.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer