Sukses


Cara Sahur yang Sehat agar Kuat Puasa Seharian

Bola.com, Jakarta - Sahur merupakan satu di antara hal penting sebelum menunaikan ibadah puasa, terutama saat bulan Ramadan. Hukum makan sahur adalah sunah.

Kendati demikian, makan sahur sebelum berpuasa ternyata sangat dianjurkan. Berkah yang didapatkan saat sahur sayang jika dilewatkan.

Sahur merupakan pengganti sarapan selama puasa. Dengan makan sahur, tubuh memiliki cukup energi untuk beraktivitas serta menahan lapar dan haus seharian.

Sahur juga dapat menghindarkan seseorang dari mag. Lambung yang kosong dalam jangka waktu terlalu lama akan meningkatkan kadar asam lambung dan memicu gejala mag.

Agar kuat dalam menjalankan puasa, tentunya nutrisi saat sahur harus diperhatikan. Pilihlah menu sahur yang sehat, bergizi seimbang, dan dapat membuat kenyang lebih lama.

Lantas, apa saja makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat sahur? Bagaimana cara sahur yang sehat?

Berikut ini penjelasan cara sahur yang sehat agar kuat puasa seharian, disadur dari Klikdokter, Senin (27/3/2023).

2 dari 5 halaman

Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Menu sahur sehat harus terdiri dari karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna sehingga tubuh akan mendapatkan energi untuk waktu yang lama dan kamu tidak akan mudah lapar.

Contoh karbohidrat kompleks adalah nasi merah, roti gandum, dan oat. Lain halnya apabila kamu makan karbohidrat sederhana, seperti nasi putih, roti tawar putih, atau gula pasir.

Hal itu karena semua karbohidrat sederhana ini mudah dicerna, kadar gula darah akan cepat naik dan kamu akan mudah lapar kembali. Makanan-makanan seperti ini juga sebaiknya dihindari oleh diabetesi.

3 dari 5 halaman

Masukkan Sayur dan Buah ke Menu

Selain karbohidrat kompleks, saat sahur juga disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Lantaran banyak mengandung serat, konsumsi buah dan sayur dapat membantu mempertahankan rasa kenyang dan mencegah terjadinya konstipasi.

Selain itu, buah dan sayur juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Sebaiknya kamu mengonsumsi sayur dan buah dalam bentuk utuh atau tidak dalam bentuk jus karena bila diminum dalam bentuk jus, akan mengurangi nutrisi yang terkandung di dalamnya.

4 dari 5 halaman

Jangan Lupakan Protein

Jangan lupa untuk mengonsumsi protein yang baik, seperti ayam tanpa kulit, ikan, serta produk susu rendah lemak. Protein berguna untuk mempertahankan rasa kenyang yang lama.

Selain itu, protein digunakan untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh serta meningkatkan sistem imun tubuh. Mengonsumsi produk susu yang tinggi kalsium juga akan membantu menguatkan tulang.

5 dari 5 halaman

Penuhi Kebutuhan Air dan Mineral Tubuh

Air adalah komponen penting yang tidak boleh terlewatkan saat sahur. Air diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsinya sehingga kamu menjadi lebih berenergi atau tidak mudah lemas saat berpuasa.

Jadi, minumlah air yang cukup saat sahur guna mencegah dehidrasi yang sering terjadi saat berpuasa. Hindari air yang mengandung gula seperti jus kemasan atau minuman bersoda karena konsumsi secara berlebihan justru akan menaikkan berat badan.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 9/5/2020)

Baca artikel seputar Ramadan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer