Sukses


Contoh-Contoh Perilaku Ikhlas dalam Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Ikhlas adalah satu di antara rahasia hati yang tidak akan bisa diketahui siapa pun. Ikhlas bisa diartikan memberi tanpa mengharapkan imbalan dan pujian dari orang lain.

Secara bahasa, ikhlas artinya membersihkan (bersih, jernih, suci dari campuran dan pencemaran, baik berupa materi ataupun immateri).

Adapun secara istilah, pengertian ikhlas adalah membersihkan hati dan berharap rida Allah. Dengan kata lain, dalam beribadah hati tidak boleh menuju kepada selain Allah.

Sementara, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ikhlas artinya bersih hati, tulus hati.

Ikhlas adalah suatu sikap yang terlihat mudah diucapkan, tetapi banyak orang yang kesulitan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah memahami apa itu sikap ikhlas, kamu juga harus tahu contoh perilaku ikhlas dalam kehidupan sehari.

Berikut ini contoh perilaku ikhlas yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dilansir dari fisipol.uma.ac.id, Selasa (28/3/2023).

2 dari 6 halaman

1. Ikhlas dalam Beribadah

Ketika beribadah, seorang hamba harus benar-benar menyerahkan diri dan hatinya semata-mata hanya kepada Allah Swt. Tujuannya tidak lain hanyalah untuk mencari pahala dan rida Allah semata.

Dalam beribadah tak boleh terselip sedikit pun niat dalam hati ingin terlihat alim dan lain sebagainya.

Ibadah yang dilakukan dengan ikhlas akan membuat jiwa tenang dan bahagia. Ibadah yang ikhlas juga akan membuat Tuhan lebih sayang kepada kita.

3 dari 6 halaman

2. Ikhlas dalam Mencari Ilmu

Seseorang yang mencari ilmu wajib diniatkan hanya mencari rida Allah Swt. Praktik ikhlas dalam belajar ialah mendengarkan penjelasan guru, mengerjakan tugas yang diberikan, bersikap baik kepada guru dan teman, mengikuti kegiatan sekolah yang diminati, dan masih banyak lagi.

Seorang siswa yang memiliki sifat ikhlas dalam menuntut ilmu tidak akan melakukan tindakan negatif yang bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain di sekitarnya.

4 dari 6 halaman

3. Ikhlas dalam Bekerja

Seseorang yang ikhlas dalam bekerja akan melakukan setiap pekerjaan dengan semaksimal mungkin dan penuh tanggung jawab.

Orang yang ikhlas umumnya merasa setiap pekerjaan yang dilakukan merupakan bentuk ibadah kepada Allah Swt.

Orang yang tidak ikhlas dalam mengerjakan pekerjaan, biasanya akan bekerja asal-asalan dan itu bisa menjadi masalah di kemudian hari.

Jadi, orang yang ikhlas dalam bekerja akan melakukan setiap pekerjaan dengan penuh semangat dan niat mendapat rida Allah sehingga akan menerima gaji yang berkah.

 

5 dari 6 halaman

4. Ikhlas dalam Beramal

Seseorang yang ikhlas dalam bersedekah, memiliki niat ingin membantu orang yang membutuhkan dan hanya mengharap rida Allah semata. Bukan untuk memamerkan harta kekayaan kepada orang lain, atau agar dipuji sang orang lain.

Orang yang ikhlas dalam beramal biasanya cenderung sembunyi-sembunyi saat akan menyedekahkan sebagian hartanya.

Jika memberi, tetapi berharap akan di ganti dengan cepat, itu bukan perilaku ikhlas. Itu adalah sikap pamrih. Perilaku ikhlas adalah memberi tanpa berharap mendapatkan ganti.

6 dari 6 halaman

5. Ikhlas dalam Menolong Orang Lain

Sikap tolong menolong antarsesama adalah perbuatan yang baik dan terpuji. Saling menolong juga merupakan contoh perilaku ikhlas dalam lingkungan masyarakat.

Menolong orang lain yang sedang kesusahan dan tidak meminta dan berharap balas budi, termasuk perilaku ikhlas yang harus dimiliki setiap orang.

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri dan pastinya membutuhkan orang lain. Kita tidak tahu kapan kita akan mengalami kesusahan yang dialami orang lain, oleh karena itu dalam menolong harus ikhlas.

Saat kita menolong orang lain dan melakukannya ikhlas maka saat kita mengalami hal yang sama, kita akan mendapatkan pertolongan dari orang lain, kendati bukan dari orang yang kita tolong tersebut.

 

Sumber: fisipol.uma.ac.id

Baca artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer