Sukses


Peringkat BWF Terbaru Pebulutangkis Indonesia: Masih Menguasai Nomor Ganda Putra, Tunggal Putri Lumayan

Bola.com, Jakarta - Para pebulutangkis Indonesia baru saja berlaga di ajang Swiss Open 2023. Sayangnya, turnamen itu tidak berakhir baiik bagi para pebulutangkis Tanah Air.

Tidak ada gelar juara yang bisa dibawa pulang dari turnamen Super 300 itu. Prestasi terbaik di Swiss Open 2023 berhasil dicatatkan oleh Gregoria Mariska. Ia melaju sampai babak semifinal.

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) pun mengeluarkan daftar peringkat terbaru mereka. Tidak terlalu banyak perubahan dalam daftar peringkat itu.

Bulutangkis Indonesia masih mendominasi sektor ganda putra. Ada enam pasangan ganda putra Indonesia yang menempati posisi 25 besar peringkat terbaru BWF.

Mereka adalah Fajar Alfian/M Rian Ardianto (1), Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (3). Lalu ada Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (11), Sohibul Fikri/Bagas Maulana (15), Pramdya Kusumawardana/Yeremia Rambuitan (20). Kemudian ada Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon (24).

2 dari 5 halaman

Sukses Besar di All England

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto belum lama ini sukses meraih gelar juara di ajang bergengsi All Enland. Mereka menjadi juara setelah mengalahkan pasangan Indonesia yang lain, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Keberhasilan menjadi juara di turnamen tersbeut membuat Fajar/Rian mendapatkan tambahan poin yang cukup banyak. Mereka kini memimpin nomor ganda putra dengan 96.664 poin.

Mereka unggul cukup jauh dari pasangan Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang menempati posisi kedua. Pasangan tersebut sejauh ini mengumpulkan 84.638 poin.

3 dari 5 halaman

Peningkatan di Tunggal Putri

Peningkatan peringkat berhasil dilakukan di tunggal putri. Dua pebulutangkis tunggal putri andalan Indonesia saat ini yakni Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani sama-sama berhasil naik peringkat.

Gregoria berhasil naik satu peringkat dari posisi ke-14 menuju ke-13. Keberhasilannya melaju hingga semifinal Swiss Open 2023 turut membantu kenaikan itu.

Sementara itu Putri Kusuma Wardani mampu naik tiga posisi. Kini pebulutangkis mud aitu menempati posisi 38 dunia.

4 dari 5 halaman

Jojo dan Ginting Tetap di Tiga Besar

Nomor tunggal putra Indonesia memang tidak terlalu bisa berbicara banyak di All England 2023. Prestasi terbaik pebulutangkis tunggal putra Tanah Air pada ajang itu dicatatkan Anthony Sinisuka Ginting yang melaju sampai babak perempat final.

Namun, hasil buruk di All England 2023 rupanya tak mempengaruhi peringkat pebulutangkis tunggal putra Indonesia di BWF. Ginting tetap menempati posisi ketiga dengan 77.579 poin.

Sementara itu Jonathan Christie juga tetap berada di posisi kedua. Ia memiliki 80.062 poin. Keduanya masih tertinggal jauh dari Viktor Axelsen yang mantap memimpin dengan 108.206 poin.

5 dari 5 halaman

Tertahan di Posisi Kelima

Pada nomor ganda putri, pasangan andalan Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti masih tertahan di posisi kelima. Mereka memiliki 73.825 poin sejauh ini.

Pasangan China masih mendominasi nomor ganda putri. Chen Qin Chen dan Jia Yi Fan masih menempati posisi nomor satu pada nomor ini. Sementara Zhang Shu Xian/Zhen Yu ada di posisi keempat.

Sementara pada nomor ganda campuran, tidak ada pasangan Indonesia yang menempati posisi 10 besar pada ranking terbaru BWF. Pasangan Rinov Rivaldyu dan Pitha Mentari menjadi yang terbaik di Tanah Air saat ini. Keduanya menempati posisi ke-13 dalam ranking terbaru BWF.

Video Populer

Foto Populer