Sukses


5 Keutamaan Surah Al-Baqarah untuk Kehidupan Dunia dan Akhirat

Bola.com, Jakarta - Surah Al-Baqarah adalah surat kedua di dalam Al-Qur'an dan menjadi surat terpanjang di antara 114 surat lainnya. Surah Al-Baqarah memiliki arti lembu betina.

Di dalam surah Al-Baqarah ayat 67 sampai 74, ada cerita tentang Bani Israel yang diminta Nabi Musa untuk mencari seekor lembu betina yang akan disembelih.

Keistimewaan surah Al Baqarah disebutkan dalam sebuah hadis riwayat Imam Tirmidzi.

Artinya: Seperti diceritakan Abu Hurrairah, "Rasulullah saw. mengatakan segala sesuatu di dunia memiliki puncak. Dalam Al-Qur'an puncaknya adalah surah Al-Baqarah".

Di dalam surah Al-Baqarah ada ayat yang merupakan tuan dari ayat yang lain yaitu ayat kursi." (HR Tirmidzi)

Dari arti hadis tersebut, surah Al-Baqarah memiliki banyak keutamaan sehingga sayang jika sampai terlewat untuk membacanya.

Berikut keutamaan surat Al-Baqarah untuk kehidupan dunia dan akhirat, disadur dari Dream, Selasa (28/3/2023).

2 dari 3 halaman

Keutamaan Surah Al-Baqarah

1. Dilindungi dari setan

Dalam hadisnya, Rasulullah saw. mengatakan rumah yang dibacakan surah Al-Baqarah dimasuki setan. Berikut hadis yang menjelaskan keutamaan dua ayat terakhir surah Al-Baqarah.

Artinya: Rasulullah saw. mengatakan, "Sesungguhnya Allah Swt. menulis dalam kitab dua ribu tahun sebelum menciptakan surga dan bumi, serta mengirim dua ayat untuk mengakhiri Al-Baqarah. Jika dibaca selama tiga malam dalam rumah maka setan tidak akan mendekatinya." (HR Tirmidzi)

2. Diberi kecukupan

Dalam hadis yang dinarasikan dari Abu Mas'Ud, muslim yang rutin membaca Al-Baqarah tidak perlu khawatir. Allah Swt. akan memberi kecukupan baginya tanpa ada yang terlewat.

Artinya: "Siapa saja yang membaca dua ayat terakhir dalam Al-Baqarah pada malam hari maka itu akan mencukupinya." (HR Ibnu Majah)

3. Selalu dalam perlindungan Allah Swt.

Rasulullah saw. mengingatkan hambanya yang akan selalu dalam perlindungan Allah Swt. jika tak lupa membaca ayat kursi dalam surah Al-Baqarah. Perlindungan makin tepat jika muslim juga membaca surah Al-Mu'min ayat 1-3.

Artinya: Rasulullah saw. mengatakan, "Siapa saja yang membaca surah Al-Mu'min 1-3 dan ayat kursi ketika dia bangun pagi maka dia akan dilindungi hingga sore. Dan siapa saja yang membacanya saat sore hari maka dia dilindungi hingga pagi hari." (HR Tirmidzi)

3 dari 3 halaman

Keutamaan Surah Al Baqarah

4. Masuk surga

Keutamaan lain ayat kursi dan surah Al-Baqarah adalah peluang seorang muslim masuk surga. Hadis yang diriwayatkan An-Nasai ini terdapat dalam kitab Bulugh Al Maram.

Artinya: Rasulullah saw. berkata, "Siapa saja yang membaca ayat kursi di akhir tiap ibadah wajib maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian."

5. Permohonannya dikabulkan Allah Swt.

Hadis yang dinarasikan Al-Qasim menjelaskan, permohonan seorang muslim berpeluang dikabulkan Allah Swt. dengan membaca surah Al-Baqarah. Peluang juga bisa ada jika seorang muslim membaca surah Ali Imran dan Thahaa.

Artinya: "Nama Allah Swt. yang terbaik yang jika dengan sebutan tersebut maka Dia akan menjawab ada dalam tiga surat yaitu surah Al Baqarah, Ali Imran, dan Thahaa." (HR Ibnu Majah).

 

Disadur dari: Dream (Penulis: Reni Novita Sari. Published: 14/12/2020)

Yuk, baca artikel islami lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer