Sukses


9 Cara Inspiratif Berhenti Menjadi Seorang yang Egois

Bola.com, Jakarta - Orang egois biasanya keras kepala, menganggap dirinya paling benar dan tidak pernah peduli pada perasaan orang lain.

Menjadi egois tidak hanya merusak diri sendiri, tetapi juga bisa merusak lingkungan di mana sseseorang berada.

Egois adalah sifat selalu memprioritaskan keinginan dan kebutuhan sendiri di atas kebutuhan dan keinginan orang lain.

Orang yang egois sulit berempati karena itulah mereka biasanya dijauhi dalam pergaulan. Itulah mengapa, sifat egoistis tidak seharusnya tidak dipelihara.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar menjadi pribadi yang tidak egois, satu di antaranya menumbuhkan rasa empati terhadap orang lain.

Berikut cara inspiratif berhenti menjadi seorang yang egois, dikutip dari Medium dan Inspringtips, Rabu (29/3/2023)

2 dari 4 halaman

Cara Inspiratif Berehenti Menjadi Seorang yang Egois

1. Belajar Mendengarkan

Orang egois ingin didengarkan, tetapi jarang mendengarkan orang lain. Mereka ingin percakapan hanya berputar di sekitar mereka atau minat mereka.

Dalam kebanyakan interaksi, ingat bahwa kamu seharusnya memberi sebanyak yang kamu terima, jadi belajarlah untuk mendengarkan apa yang orang lain katakan. Beri mereka kesempatan yang sama seperti yang mereka berikan saat kamu berbicara. 

2. Mulai Berbagi dengan Orang Lain

Kamu harus belajar untuk berbagi dengan orang lain sebagai cara menghilangkan sifat egois. Coba sisihkan waktu dan sediakan tempat untuk orang lain dalam hidupmu.

Cara ini dapat mempererat hubungan dengan orang-orang di sekitarmu, khususnya orang terkasih yang mungkin selama ini merasa diabaikan.

3. Berbagi Peran dan Tempat

Jika kamu tidak ingin egoistis lagi, kamu harus rela berbagi sorotan dari waktu ke waktu. Biarkan orang lain berbicara dan memimpin. Beri mereka rasa hormat yang pantas mereka dapatkan saat mereka melakukannya.

Hal ini terbilang sulit dan perlu dibiasakan, tetapi dengan latihan yang cukup, kamu akan belajar untuk memperhatikan dan bahkan menyemangati orang lain.

3 dari 4 halaman

Cara Inspiratif Berehenti Menjadi Seorang yang Egois

4. Tumbuhkan Rasa Empati

Penyebab egoistis bisa disebabkan karena kurangnya rasa empati yang dimiliki seseorang. Jika seperti itu, kamu harus mulai menumbuhkan rasa empati dalam dirimu.

Mulai bersedia memedulikan keinginan orang lain dan dengarkan pendapat mereka. Hal tersebut bisa membantumu untuk menumbuhkan empati dalam dirimu. Empati akan membuatmu dapat bersikap lebih tenang dan dewasa. 

5. Merenungkan Tindakan

Makin banyak kamu merenung, makin kamu akan mengidentifikasi hal-hal egoistis yang mungkin pernah kamu lakukan, baik disengaja atau tidak.

Hal ini akan memungkinkanmu untuk memantau tindakanmu dengan hati-hati di masa depan, dan membantumu mengurangi melakukan tindakan egoistis yang sama lagi.

6. Bantu Seseorang

Cara yang bagus untuk menghilangkan egoistis adalah dengan melakukan tindakan tanpa pamrih, seperti membantu teman atau orang asing.

Jika temanmu mengalami masalah dengan pekerjaan atau studinya, coba untuk membantu tanpa menuntut atau mengharapkan balasan apa pun. 

4 dari 4 halaman

Cara Inspiratif Berehenti Menjadi Seorang yang Egois

7. Tahan Emosi

Emosi bukan hal yang baik untuk disimpan di dalam hati. Orang-orang egois, sering kali tidak bisa menahan emosi yang terpendam dalam dirinya saat mereka merasakan tidak nyaman dengan sesuatu.

Emosi itu akan membuat hubunganmu dan teman-temanmu mulai merenggang. Untuk itu, sebisa mungkin tahan emosimu, meski dalam kondisi buruk sekali pun. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan emosi tidak akan pernah berhasil.

8. Cari Anutan

Lebih mudah untuk berubah menjadi lebih baik jika kamu memiliki anutan. Temukan seseorang yang kamu kenal, seorang filsuf, atau bahkan seorang tokoh yang memiliki sifat tidak egoistis dan kamu kagumi. Kemudian, jadikan dia anutanmu dan tiru tindakannya yang tidak mementingkan diri sendiri. 

9. Belajar Mengalah

Mengalah menjadi satu di antara cara ampuh untuk menghilangkan egoistis yang kamu miliki. Kamu mungkin ingin selalu merasa benar dan kerap kali berdebat dengan orang lain untuk mempertahankan pendapatmu.

Maka itu, tidak ada salahnya sesekali mencoba mengalah dan mengabaikan orang yang tidak sopan atau kasar. Mulai untuk tidak menghiraukan hal-hal yang dapat menyebabkan drama dan kekesalan, serta lebih memprioritaskan kedamaian.

 

Sumber: Medium, Inspringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer