Sukses


Niat Ibadah Puasa Ramadan, Lengkap dalam Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Bola.com, Jakarta - Sebelum menjalani ibadah puasa Ramadan, umat muslim dianjurkan untuk melafalkan niat terlebih dulu agar puasanya diterima Allah Swt.

BACA JUGA: Doa Berbuka Puasa Ramadhan Yang Shahih Lengkap Dengan Artinya

Melafalkan niat ibadah puasa Ramadan merupakan sebuah janji yang diucapkan di dalam hati untuk melaksanakan puasa dengan penuh keikhlasan dan kesadaran.

Membaca niat ibadah puasa Ramadan penting dilakukan agar ibadah yang dikerjakan sejalan dengan keridaan-Nya dan sebagai bentuk pendekatan diri kepada Allah Swt.

Bacaan niat hendaknya dilakukan sebelum melakukan ibadah puasa Ramadan. Kamu bisa melafalkan niat ibadah puasa Ramadan saat malam setelah salat Tarawih atau ketika selesai sahur sebelum Imsak.

Sebagai umat muslim perlu memahami bahwa niat merupakan fondasi dalam ibadah. Oleh karena itu, umat muslim wajib mengetahui bacaan niat ibadah puasa Ramadan.

Apabila tidak melafalkan niat, ibadah puasa Ramadannya tidak diterima. Hal ini sesuai hadis Rasulullah saw. yang diriwayatkan dengan sanad shahih dari Ibnu Umar dan Hafshah r.a. bahwa keduanya berkata:

"Barang siapa yang tidak memalamkan niatnya sebelum terbitnya fajar maka tidak ada puasa baginya." (HR. Abu Daud no. 2454, At-Tirmizi no. 730, An-Nasai (4/196).

Berikut ini bacaan niat ibadah puasa Ramadan, lengkap dari tulisan Arab, latin, dan artinya, dikutip dari laman baznas.go.id dan mui.or.id, Rabu (29/3/2023).

2 dari 3 halaman

Niat Ibadah Puasa Ramadan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

"Nawaitu shouma ghodin 'an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta'aala."

Artinya: "Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan karena Allah Ta'ala."

3 dari 3 halaman

Kegunaan Melafalkan Niat Ibadah Puasa Ramadan

  • Menjadi Pengingat

Niat puasa Ramadan merupakan sebuah pengingat bagi diri sendiri bahwa kita sedang beribadah kepada Allah Swt. dengan melakukan puasa di bulan Ramadan.

Dengan niat yang kuat dan penuh kesadaran, kita akan selalu diingatkan bahwa setiap tindakan yang kita lakukan selama puasa Ramadan haruslah dilakukan dengan niat yang tulus dan ikhlas.

  • Memperkuat Rasa Keikhlasan

Niat puasa Ramadan juga membantu meningkatkan rasa keikhlasan dalam beribadah. Dengan mengucapkan niat puasa, kita akan memperkuat tekad dalam diri untuk melaksanakan puasa dengan ikhlas karena Allah Swt.

  • Menambah Pahala

Niat puasa Ramadan juga akan menambah pahala dari amalan kita. Dengan niat yang tulus dan ikhlas, Allah Swt. akan memberikan pahala yang berlipat ganda kepada kita sebagai bentuk balasan atas amalan puasa kita di bulan Ramadan.

  • Memperbaiki Kualitas Puasa

Niat ibadah puasa Ramadan juga akan membantu memperbaiki kualitas puasa kita. Dengan niat yang baik dan benar, kita akan melaksanakan puasa dengan penuh kesadaran dan menghindari segala tindakan yang dapat merusak atau membatalkan puasa.

 

Sumber: baznas.go.id, mui.or.id

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer