Sukses


9 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh yang Tidak Banyak Diketahui

Bola.com, Jakarta - Puasa merupakan kegiatan yang mengharuskan seseorang menahan lapar dan haus dalam periode waktu tertentu. Biasanya dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Puasa umumnya dilakukan sebagai bagian dari ibadah keagamaan (Islam) untuk melatih keimanan, meningkatkan spiritual, serta mengejar ampunan dari Allah Swt.

Akan tetapi, ada alasan lain seseorang menjalankan puasa, dan satu di antaranya membantu memperbaiki kondisi kesehatan tubuh. Memiliki tubuh yang selalu sehat adalah keinginan banyak orang.

Sementara itu, puasa juga kerap dilakukan sebagai satu di antara metode diet yang disebut puasa interminten.

Lantas, apa saja manfaat puasa untuk kesehatan tubuh? Untuk mengetahui selengkapnya, kamu bisa mencermati pembahasan manfaat puasa untuk kesehatan tubuh pada artikel ini.

Berikut ini sembilan manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang bisa kamu peroleh, dikutip dari laman kemkes.go.id dan sumutprov.go.id, Kamis (30/3/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengontrol Gula Darah

Puasa dapat membantu mengurangi resistensi terhadap insulin serta kadar gula darah berlebih. Hal ini dapat terjadi karena insulin membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dengan cara membawa gula menuju sel tubuh dan menjadikannya sebagai sumber energi.

2. Mengurangi Peradangan

Manfaat puasa terhadap kesehatan selanjutnya adalah kemampuannya mengurangi peradangan. Peradangan banyak penyebabnya, tetapi pola makan yang tidak sehat adalah sumber radikal bebas yang konsisten dan makanan yang menyebabkan peradangan.

Gula rafinasi (gula yang dimurnikan), karbohidrat olahan, alkohol, susu, daging, dan makanan yang digoreng.

Namun, tidak hanya bersumber dari makanan, reaksi metabolisme juga menghasilkan radikal bebas seperti superoksida dan hidrogen peroksida. Melewatkan sarapan saja dapat mencegah peradangan.

Cara lain agar puasa mengurangi peradangan adalah melalui keseimbangan hormon yang lebih baik. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kadar insulin yang lebih rendah dan sensitivitas insulin yang lebih baik dapat mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat puasa bagi kesehatan ternyata dapat menyehatkan jantung. Meski penelitian masih terbatas pada hewan, hasilnya bahwa puasa kemungkinan dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Para peneliti juga menemukan bahwa puasa intermiten meningkatkan kinerja otot jantung, mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, dan meningkatkan pertumbuhan pembuluh darah di dalam jantung.

3 dari 4 halaman

Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Berikutnya, manfaat puasa untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan adalah pengaruhnya terhadap kesehatan otak. Puasa diketahui dapat mendorong produksi protein yang mendukung pembentukan dan perkembangan saraf.

Protein tersebut akan mendorong sel punca (induk) di otak untuk mengeluarkan sel-sel saraf baru sehingga timbul berbagai reaksi kimia yang berdampak baik terhadap sistem kerja otak. Protein itu juga membantu melindungi sel otak dari kelainan, seperti alzheimer.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat puasa yang sudah cukup banyak diketahui adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Puasa juga baik untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Penelitian menyebutkan bahwa puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran kalori dan lemak di dalam tubuh ikut meningkat. Hal ini bisa membuat berat badan menurun. Dengan begitu, kamu juga akan terhindar dari risiko obesitas.

6. Meningkatkan Hormon Pertumbuhan

Puasa tidak hanya dapat menurunkan berat badan, tetapi mempunyai manfaat yang mampu meningkatkan hormon pertumbuhan. Satu di antaranya yakni meningkatkan hormon pertumbuhan kekuatan otot.

4 dari 4 halaman

Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

7. Menyehatkan Kulit

Diet penting untuk penampilan kulitmu, tetapi puasa juga dapat meningkatkan karakter kulitmu. Gula darah tinggi mengubah struktur kolagen, melemahkan kekuatan dan ketahanannya.

Lantaran berpuasa secara substansial menurunkan gula darah, kamu dapat menganggapnya sebagai bagian normal dari rutinitas perawatan kulit untuk mencegah penuaan.

8. Mengaktifkan Detoksifikasi

Manfaat puasa bagi kesehatan juga dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas atau detoksifikasi. Detoksifikasi merupakan proses tubuh dalam memperoleh gizi yang tepat dengan memberikan kesempatan untuk membuang zat-zat beracun dalam tubuh.

Detoks akan berlangsung ketika berpuasa, di mana sistem pencernaan seperti hati, pankreas, lambung, usus besar, dan usus halus beristirahat selama sekitar 12 jam. Ketika berbuka, organ pencernaan mampu bekerja dengan lebih baik lagi.

9. Membantu Menjaga Kesehatan Mental

Beberapa manfaat puasa bagi mental adalah mengatasi stres lebih baik, meningkatkan suasana hati, serta lebih mudah beradaptasi dengan perubahan. Hal ini dikarenakan ketika berpuasa, jumlah hormon kortisol yang diproduksi kelenjar adrenal lebih stabil sehingga bisa mengurangi stres.

Selain itu, pembatasan asupan karbohidrat, lemak, dan lain-lain dalam beberapa minggu akan meningkatkan kemampuan berpikir. Apabila otak mampu berpikir jernih, emosi akan terkontrol dan stres dapat diminimalkan.

 

Sumber: kemkes.go.id, sumutprov.go.id

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer