Sukses


9 Keutamaan Mendirikan Salat Subuh, Ibadah Pengantar Masuk Surga

Bola.com, Jakarta - Salat menjadi satu di antara ibadah yang wajib dijalankan bagi setiap umat muslim di dunia. Terdapat lima waktu salat yang wajib dilaksanakan, satu di antaranya salat subuh.

Allah Swt. berfirman dalam surah Al-Isra ayat 78, yang artinya:

"Dirikanlah salat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula salat) subuh. Sesungguhnya salat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)." (Qs. Al-Isra’: 78)

Betapa banyak kaum muslimin yang lalai dalam mengerjakan salat subuh. Mereka lebih memilih melanjutkan tidurnya ketimbang bangun untuk melaksanakan salat.

Padahal, banyak keutamaan yang bisa didapatkan oleh kaum muslim jika bangun di pagi hari dan mendirikan salat subuh, satu di antaranya mendapatkan keberkahan dari Allah Swt.

Berikut 9 keutamaan mendirikan salat subuh, yang bisa menjadi ibadah pendorong masuk surga, disadur dari Dream, Rabu (29/3/2023).

2 dari 4 halaman

Keutamaan Mendirikan Salat Subuh

1. Lebih Baik daripada Dunia dan Seisinya

"Dua rakaat salat sunah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya." (HR. Muslim 725).

2. Satu di antara Penyebab Masuk Surga

Rasulullah saw. bersabda:

"Barang siapa yang mengerjakan salat bardain (yaitu salat Subuh dan Asar) maka dia akan masuk surga." ( HR. Bukhari no 574 dan Muslim no 635).

Salat Subuh merupakan salat bardain yang apabila dikerjakan maka akan mendapatkan surga dari Allah Swt.

3. Melihat Allah Swt pada Kiamat Nanti

Mereka yang menjaga salat subuh dan asar, dijanjikan kelak di surga akan melihat Allah Swt. Hal ini akan menjadi ganjaran terbesar yang akan dikaruniakan Allah Swt. kepada hamba-Nya.

Dari Jarir Bin Abdullah al-Bajali Radhiallahu 'anhu berkata, "Kami pernah duduk bersama Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, kemudian beliau melihat ke bulan di malam purnama tersebut, Maka, Nabi Muhammad bersabda, 'Ketahuilah bahwa sesungguhnya kalian akan melihat kepada Rabb kalian sebagaimana kalian melihat kepada bulan ini. Kalian tidak akan terhalangi melihatnya. Bila kalian mampu untuk tidak untuk meninggalkan salat sebelum terbitnya matahari dan juga sebelum terbenamnya, maka lakukanlah!" (HR. Bukhari-Muslim)

3 dari 4 halaman

Keutamaan Mendirikan Salat Subuh

4. Disaksikan Oleh Para Malaikat

Orang yang melakukan salat subuh berjemaah di masjid akan disaksikan oleh para malaikat yang bertugas di malam hari dan para malaikat yang bertugas di siang hari.

Hal itu karena, ketika waktu subuh tiba, bergantian para malaikat yang bertugas pada malam hari akan naik ke langit dan para malaikat yang bertugas pada siang hari turun ke bumi.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Malaikat-malaikat siang bergantian mendampingi kalian dengan malaikat-malaikat malam, dan mereka berkumpul pada waktu salat Subuh dan Asar. Setelah itu, malaikat yang semalaman menjaga kalian naik ke langit, lalu Allah bertanya kepada mereka – dan Dia lebih tahu tentang mereka-, ‘Bagaimana kalian tinggalkan hamba hamba Ku?’ Mereka menjawab, 'Kami meninggalkan mereka dalam keadaan salat, dan kami datang kepada mereka ketika mereka salat." (HR Bukhari)

5. Mendapatkan Keutamaan Salat Sepanjang Malam

"Barang siapa yang salat isya berjemaah maka seolah-olah dia telah salat malam selama separuh malam. Dan barang siapa yang salat subuh berjemaah maka seolah-olah dia telah salat seluruh malamnya." (HR. Muslim no. 656)

6. Dilapangkan Rezeki

Pernah suatu ketika Nabi Muhammad saw. salat subuh. Begitu selesai, beliau pun kembali ke rumah dan mendapati putrinya Fathimah r.a. sedang tidur.

Kemudian beliau pun membalikkan tubuh Fathimah dengan kaki beliau, dan mengatakan kepadanya, "Hai Fathimah, bangun dan saksikanlah rezeki Rabb-Mu karena Allah membagi-bagikan rezeki para hamba antara salat subuh dan terbitnya matahari."(H.R. Baihaqi)

4 dari 4 halaman

Keutamaan Mendirikan Salat Subuh

7. Penghalang Masuk Neraka

Keutamaan salat subuh berikutnya adalah merupakan satu di antara penghalang masuknya kita ke dalam neraka.

Maka itu, lakukanlah salat subuh maupun salat lainnya dengan hati ikhlas dan niat semata ibadah karena Allah Swt. Insyaallah kita semua akan terhindar dari panasnya api neraka.

Nabi Muhammad saw. bersabda: "Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan salat sebelum terbitnya matahari (yaitu salat subuh dan salat sebelum tenggelamnya matahari yaitu salat Asar)" HR. Muslim no. 634

8. Mendapatkan Berkah dari Allah Swt

Keutamaan salat subuh apabila dilakukan secara berjemaah akan mendapatkan berkah dari Allah Swt.

Dengan melaksanakan salat subuh maka semua kegiatan manusia akan dilaksanakan pada waktu pagi hari, terlebih untuk aktivitas wajib dan juga dilaksanakan secara berjemaah seperti salat subuh.

9. Berada dalam Jaminan Allah Swt

Rasulullah saw. memberi janji, bila salat Subuh dikerjakan maka Allah akan melindungi seharian penuh bagi siapa pun yang mengerjakannya.

Hadis yang diriwayatkan dari Jundab bin Sufyan Rasulullah saw. bersabda: "Barang siapa yang menunaikan salat subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan coba-coba membuat Allah membuktikan janji-Nya. Barang siapa yang membunuh orang yang menunaikan salat subuh, Allah akan menuntutnya, sehingga Ia akan membenamkan mukanya ke dalam neraka." (HR Muslim, at-Tirmizi dan Ibnu Majah)

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Reni Novita Sari. Published: 1/5/2021)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer