Sukses


12 Cara Mengusir Rasa Malas agar Terus Rajin Bekerja

Bola.com, Jakarta - Rasa malas menjadi satu di antara musuh terbesar seseorang dalam perjalanan meraih yang terbaik dalam karier atau pekerjaan.

Ada seseorang yang sebenarnya cerdas dan memiliki kapasitas untuk mendapatkan apa yang diinginkankannya. Namun, rasa malas yang tak bisa ditaklukkan membuatnya gagal dalam meraih kesuksesan.

Untuk mencapai titik terbaik dalam hidup, diperlukan kerja keras. Menjauhi rasa malas serta memiliki tekad yang kuat juga merupakan modal penting.

Itulah mengapa, kamu perlu menghilangkan rasa malas dan mendorong diri sendiri agar menjadi pekerja keras.

Semua hal yang berharga membutuhkan proses yang panjang dan perjuangan sehingga biasakan dirimu untuk bekerja keras dan menjauhi sikap bermalas-malasan.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan rasa malas dan membuatmu terus termotivasi.

Berikut 12 cara mengusir rasa malas agar terus rajin bekerja, seperti dikutip dari Inspiringtips, Kamis (30/3/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Mengusir Rasa Malas

1. Lakukan Olahraga Teratur

Olahraga selama 30 hingga 45 menit setiap hari dapat membantumu menjadi lebih energik setiap hari. 

Olahraga tidak hanya akan membantumu menurunkan berat badan, tetapi juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kadar oksigen di otakmu dan melepaskan hormon bahagia dalam tubuh. Hal ini berarti akan membuatmu lebih bersemangat untuk bekerja dan produktif.

2. Tidur Cukup

Kurang tidur sering kali dapat menyebabkanmu terlalu lelah untuk bekerja secara efektif. Kondisi tersebut merupakan satu di antara alasan mengapa beberapa orang tidak suka bergerak dan melakukan tugas mereka. 

Jika kamu selalu merasa malas, mungkin kamu harus memeriksa apakah kamu cukup tidur atau tidak.

3. Jaga Kesehatan

Sekeras apa pun tekadmu untuk bekerja keras jika fisikmu tidak sehat, ada kecenderungan tubuhmu langsung menyerah. Untuk itu, kamu perlu menjaga diri agar tidak sakit-sakitan atau tidak fit untuk bekerja.

4. Cintai Apa yang Anda Lakukan

Jika kamu bersemangat tentang kariermu, kamu akan lebih termotivasi untuk terus memberikan yang terbaik. Jika kamu termotivasi untuk melakukan sesuatu, tidak ada kemalasan yang dapat mengalahkan keinginanmu untuk menyelesaikan apa yang kamu lakukan dengan sempurna.

Maka itu, mulailah dengan mencintai atau setidaknya mensyukuri pekerjaan atau studimu. 

3 dari 4 halaman

Cara Mengusir Rasa Malas

5. Disiplinkan Pikiran

Tetapkan pikiranmu untuk mencapai tujuan tertentu setiap hari dan latih untuk fokus. Hal ini mungkin memakan waktu, tetapi ketika kamu secara konsisten mengarahkan pikiranmu untuk bekerja dengan cepat dan menghindari penundaan, fokus terhadap tugasmu untuk hari itu akan menjadi kebiasaan suatu hari nanti.

6. Tetapkan Jadwal Mingguan

Cara lain mendorong dirimu untuk berkembang setiap hari adalah dengan menetapkan jadwal mingguan. Hal ini harus menjadi program yang berisi semua kegiatan rutinmu yang diharapkan selama seminggu penuh terlaksana. 

Hal tersebut akan efektif jika kamu menantang diri sendiri untuk mengikuti semua jadwalnya.

7. Tantang Diri untuk Mencapai Sebanyak Mungkin dalam Sehari

Coba lakukan ini dengan membuat daftar tugas untuk setiap hari. Kemudian, buat kesepakatan dengan diri sendiri jika dapat menyelesaikan semua tugas yang terdaftar, kamu dapat memperoleh hadiah, seperti berbelanja atau makan sepuasnya setelah bekerja.

8. Jauhi Penundaan

Satu di antara cara untuk melakukannya adalah dengan mencegah dirimu melamun atau terlalu banyak berpikir selama jam kerja.

Kamu juga harus menetapkan aturan seperti tidak bermain media sosial atau menyalakan televisi sampai kamu menyelesaikan tugasmu. Fokuslah untuk mencapai tujuanmu untuk hari itu.

4 dari 4 halaman

Cara Mengusir Rasa Malas

9. Tetapkan Tujuan dan Bidik yang Tinggi

Menetapkan tujuan dan memimpikan impian besar dapat memotivasimu untuk menjadi pekerja keras. Jika kamu serius untuk mencapainya, kamu akan melakukan apa pun untuk mendapatkannya. Hal ini termasuk bekerja dengan segenap hati dan kekuatanmu.

10. Jangan Buang Peluang

Banyak orang mengatakan peluang hanya datang sekali. Maka itu, sebaiknya kamu tidak menyia-nyiakan peluang apa pun. Pekerjaan, studi, bisnis, atau posisi apa pun yang kamu miliki sekarang adalah hak istimewa yang tidak boleh kamu hilangkan.

Jadilah pekerja keras yang bertanggung jawab dengan selalu bekerja, tidak mudah menyerah, dan penuh semangat.

11. Terinspirasi Orang Sukses

Mengetahui kisah sukses di balik selebritas atau tokoh ternama lainnya juga dapat menginspirasimu untuk bekerja keras dan lebih dekat dengan impianmu.

Banyak dari orang-orang sukses ini berlatar belakangan kemiskinan, tetapi kerja keras mereka telah menempatkan mereka di puncak.

12. Fokus pada Satu Hal pada Satu Waktu

Memikirkan banyak tugas atau pekerjaan sekaligus akan membuatmu sesak dan frustrasi. Frustrasi diri mungkin membuatmu kecil hati untuk bekerja dengan antusias, yang mengarah pada kemalasan.

Untuk menghindari hal ini terjadi dan agar kamu dapat menyelesaikan tugasmu lebih cepat, lebih baik kamu memfokuskan pikiranmu pada satu hal pada satu waktu.

 

Sumber: Inspiringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer