Sukses


Jenis-Jenis Poster beserta Pengertian dan Ciri-cirinya

Bola.com, Jakarta - Poster adalah suatu media publikasi yang memadukan antara tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada banyak orang.

Poster biasanya dipasang ditempat yang ramai dan strategis. Lantaran sifatnya yang mengajak, penting untuk menempatkan poster di tempat yang mudah terlihat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum yang bisa berupa pengumuman atau iklan.

Seiring berkembangnya zaman, poster tidak hanya tersedia dalam bentuk cetak saja, tetapi juga online atau digital.

Poster bisa menjadi sarana iklan, pendidikan, propaganda, sosialisasi dan dekorasi. Selain itu, bisa juga berupa salinan karya seni terkenal.

Banyak jenis-jenis poster yang sering dibuat. Untuk memahaminya lebih lanjut kamu bisa membaca dengan saksama jenis-jenis poster beserta pengertian dan ciri-cirinya di bawah ini.

Berikut jenis-jenis poster beserta pengertian dan ciri-cirinya, dikutip dari laman Salamadian dan Pustakapengetahuan, Kamis (30/3/2023).

2 dari 5 halaman

Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai

Poster adalah kombinasi visual dari rancangan yang kuat, dengan warna, dan pesan, di mana tujuannya untuk menangkap perhatian orang yang melihatnya dan cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya.

Arsyad

Poster adalah suatu media visual dua dimensi berisikan gambar dan pesan tertulis yang singkat untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu, serta mampu memengaruhi dan memotivasi tingkah laku orang yang melihatnya.

Sri Anitah

Poster adalah suatu gambar yang mengombinasikan unsur-unsur visual seperti garis, gambar dan kata-kata yang bertujuan untuk menarik perhatian serta mengkomunikasikan pesan secara singkat.

Rudi susilana dan Cepi Riana

Poster adalah sajian kombinasi visual yang jelas, mencolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud)

Poster adalah suatu media yang terdiri dari lambang kata atau simbol yang sangat sederhana, dan pada umumnya mengandung anjuran atau larangan.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Poster

Jenis poster berdasar isi:

- Poster Niaga

Poster yang berisi tentang menjual dan mempromosikan produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan. Poster ini berisi suatu produk yang ditawarkan pada masyarakat. Poster niaga banyak digunakan produsen pada masyarakat.

Poster ini sering digunakan untuk mengenalkan produk kepada masyarakat umum dengan harapan bisa meningkatkan penjualan.

- Poster Layanan Masyarakat

Poster yang berisi informasi tentang pelayanan kepada masyarakat, seperti poster layanan kesehatan atau kesejahteraan masyarakat.

- Poster Kegiatan

Poster yang berisi informasi suatu kegiatan yang akan dilaksanakan supaya kegiatan tersebut diketahui banyak orang dengan harapan orang tersebut menghadiri kegiatan yang akan dilaksanakan.

- Poster Karya Seni

Poster yang sifatnya ekspresif dan belum tentu diartikan sama antara orang satu dengan orang lainnya.

- Poster Pendidikan

Berisi informasi yang dapat memberikan pengarahan dan pendidikan kepada masyarakat.

 

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Poster

Jenis poster berdasar tujuannya:

- Poster Propaganda

Poster yang bertujuan memberikan motivasi atau semangat kepada masyarakat umum. Biasanya supaya tetap bersemangat dalam menjalani hidup dan lain-lain, dapat dikatakan juga poster ini merupakan poster untuk memengaruhi orang lain.

- Poster Kampanye

Muncul saat masa pilkada atau pemilu, bertujuan meraih simpati masyarakat sebanyak mungkin agar masyarakat memilih seseorang saat pemilu tiba.

- Poster Afirmasi

Bertujuan memberikan motivasi kepada para pembaca dengan kalimat yang dapat memengaruhi.

- Poster Riset

Bertujuan untuk menginformasikan kegiatan penelitian atau riset kepada orang banyak, biasanya poster jenis ini kerap ditemui di sekolah.

Poster Kelas

- Bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan motivasi kepada siswa, sering sekali poster ini kita lihat di dalam kelas-kelas yang ada di sekolah.

Poster Komik

Bertujuan untuk mempopulerkan komik-komik kepada masyarakat umum atau banyak orang.

- Poster "Cheesecake"

Poster yang bertujuan untuk mencari perhatian masyarakat umum atau orang banyak, biasanya poster ini memuat gambar-gambar orang terkenal seperti selebritas, penyanyi, dan lain-lain yang dapat menarik perhatian banyak orang.

- Poster Komersial

Poster yang bertujuan mempromosikan produk ataupun jasa yang dijual oleh suatu perusahaan. Poster jenis ini sering disebut sebagai poster niaga.

- Poster "Dicari"

Bertujuan untuk mencari orang ataupun benda-benda yang diperlukan, misalnya poster perusahaan yang mencari pekerja, poster mengenai orang hilang, dan lain-lain.

- Poster Film

Bertujuan untuk mempromosikan film-film terbaru yang akan ditayangkan dengan maksud supaya masyarakat tertarik untuk menontonnya.

5 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Poster

Perbedaan poster dengan media publikasi lain utamanya adalah perihal ukuran serta cara penyampaian pesannya.

Poster tidak membutuhkan kalimat-kalimat terperinci, tetapi hanya menggunakan kalimat sederhana yang mudah diingat.

Berikut ini ciri-ciri poster:

  • Umumnya poster mengandung warna yang mencolok agar dapat menarik perhatian.
  • Desain grafis poster harus memuat komposisi yang terdiri atas huruf dan gambar di atas media kertas atau kain berukuran besar.
  • Pesan disertai dengan gambar.
  • Berisi kalimat singkat, jelas, dan mudah dimengerti pembaca.
  • Poster mengandung unsur gambar yang menarik supaya membuat orang penasaran untuk melihat dan membaca informasi di dalamnya.
  • Poster biasa dipasang di tempat strategis agar diketahui banyak orang.

 

Sumber: Salamadian, Pustakapengetahuan

Yuk, baca artikel jenis-jenis lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer