Sukses


Doa Iftitah Pendek dalam Tulisan Arab dan Latin, Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Bacaan doa iftitah pendek maupun panjang penting diketahui setiap umat muslim. Hal itu karena doa iftitah merupakan satu di antara doa yang dibaca saat mengerjakan salat.

Salat merupakan satu di antara dari lima rukun Islam. Setiap muslim wajib melakukan salat lima kali sehari sebagai wujud ketaatan dan kecintaan kepada Allah Swt.

BACA JUGA: Bacaan Doa Iftitah Latin Beserta Arti dan Maknanya

Salat lima waktu yang wajib dikerjakan tersebut adalah salat Subuh, Zuhur, Asar, Magrib, dan Isya. Kelima salat tersebut merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan seorang muslim dalam sehari, sesuai waktu yang sudah ditentukan.

Mengingat betapa pentingnya ibadah salat lima waktu, dalam mengerjakannya tidak bisa sembarangan. Selain gerakan, bacaan doa dalam salat juga harus benar. Satu di antaranya bacaan doa iftitah.

Doa Iftitah atau Istiftah (tsana’), merupakan zikir yang dibaca sebagai pembuka salat. Doa iftitah dibaca setelah melafalkan takbiratul ihram.

Doa iftitah juga dilafalkan sebelum membaca ta’awwudz serta surah Al-Fatihah. Baik saat sedang salat berjemaah maupun sendirian. Lantas, bagaimana bacaan doa iftitah pendek?

Berikut ini bacaan doa iftitah pendek dalam tulisan Arab dan latin, disadur dari Dream, Kamis (30/3/2023).

2 dari 5 halaman

Doa Iftitah Pendek yang Pertama

Bacaan doa iftitah pendek yang pertama berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim. Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنْ الدَّنَسِ اللَّهُمَّ اغْسِلْنِي مِنْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ

Allahumma baaid baynii wa bayna khotoyaaya kamaa baa'adta baynal masyriqi wal maghrib. Allahumma naqqinii min khotoyaaya kamaa yunaqqots tsaubul abyadhu minad danas. Allahummagh-silnii min khotoyaaya bil maa-iwats tsalji wal barod.

Artinya:

"Ya Allah jauhkanlah antara aku dan kesalahan-kesalahanku, sebagaimana Engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesialan-kesialan sebagaimana baju putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cucilah aku dari kesalahan-kesalahanku dengan air, salju dan embun."

3 dari 5 halaman

Doa Iftitah Pendek yang Kedua

Bacaan doa iftitah pendek yang kedua ini berdasarkan hadis riwayat Imam Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi. Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ وَتَبَارَكَ اسْمُكَ وَتَعَالَى جَدُّكَ وَلاَ إِلَهَ غَيْرُكَ

Subhaanakallahumma wa bi hamdika wa tabaarokasmuka wa ta'aalaajadduka wa laa ilaha ghoiruka.

Artinya:

"Maha suci Engkau ya Allah, aku memuji-Mu, Maha berkah Nama-Mu. Maha tinggi kekayaan dan kebesaran-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau."

4 dari 5 halaman

Doa Iftitah Pendek yang Ketiga

Adapun bacaan doa iftitah pendek menurut hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ رَبَّ جِبْرَائِيلَ وَمِيكَائِيلَ وَإِسْرَافِيلَ فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ أَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيمَا كَانُوا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ اِهْدِنِى لِمَا اخْتُلِفَ فِيهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ إِنَّكَ تَهْدِى مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Allahumma robba jibroo-iila wa mii-ka-iila wa isroofiila, faathiros samaawati wal ardhi 'aliimal ghoibi wasy syahaadah anta tahkumu bayna ibaadika fiimaa kaanuu fiihi yakhtalifuun, ihdinii limakhtulifa fiihi minal haqqi bi-idznik, innaka tahdi man tasyaa-u ilaa shirootim mustaqiim.

Artinya:

"Ya Allah, Rabbnya Jibril, Mikail dan Israfil. Wahai Pencipta langit dan bumi. Wahai Rabb yang mengetahui yang gaib dan nyata. Engkau yang menjatuhkan hukum untuk memutuskan apa yang mereka pertentangkan. Tunjukkanlah aku pada kebenaran apa yang dipertentangkan dengan seizin dari-Mu. Sesungguhnya Engkau menunjukkan pada jalan yang lurus bagi orang yang Engkau kehendaki."

5 dari 5 halaman

Doa Iftitah Pendek yang Keempat

Berikut bacaan doa iftitah pendek versi hadis dari yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah:

إِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِىَ لِلَّذِى فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ حَنِيفًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ إِنَّ صَلاَتِى وَنُسُكِى وَمَحْيَاىَ وَمَمَاتِى لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ

Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fathoros samaawaati wal ardlo haniifaaw wamaa ana minal musyrikiin. Inna sholaatii wa nusukii wamahyaaya wa mamaati lillaahi robbil 'aalamiin. Laa syariikalahu wabidzaalika wa ana awwalul muslimiin

Artinya:

"Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam keadaan tunduk dan aku bukanlah dari golongan orang-orang musyrik. Sesungguhnya salatku, sembelihanku, hidupku, dan matiku hanya untuk Allah Tuhan semesta alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan dengan yang demikian itulah aku diperintahkan. Dan aku adalah orang yang pertama berserah diri."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Reporter: Arini Saadah. Published: 8/5/2022)

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer