Sukses


Bacaan Zikir sebelum Buka Puasa Ramadan, Amalan Penuh Pahala Berlipat Ganda

Bola.com, Jakarta - Zikir merupakan satu di antara kegiatan menambah pahala yang bisa dilakukan umat muslim sebelum buka puasa.

Apalagi jika zikir dilakukan saat sedang menunaikan ibadah puasa Ramadan, maka pahala yang akan didapatkan pastilah semakin berlipat ganda.

Oleh karena itu, sebaiknya diamalkan secara konsisten karena ada banyak keutamaan yang akan didapat apabila seseorang berzikir kepada Allah Swt.

Satu di antaranya membaca zikir bisa menjadi bentuk seorang hamba mengingat Allah Swt. Dan apabila seseorang mengingat-Nya, maka Allah pun akan membalas hal serupa kepada orang tersebut. Allah Swt. berfirman:

"Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.” (QS. Al Baqarah: 152).

Lantas, apa saja bacaan zikir sebelum buka puasa yang bisa diamalkan umat muslim?

Berikut ini bacaan zikir sebelum buka puasa Ramadan yang bisa diamalkan umat muslim, dikutip dari laman Sodikin, Jumat (31/3/2023).

2 dari 4 halaman

Membaca Syahadat dan Istigfar

"Asyhadu alla ilaaha illallah, astaghfirullah. Nas alukal jannata wa na ‘uudzubika minan naar." (3x)

Artinya: "Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, Kami memohon ampun kepada Allah, Kami memohon Surga kepada-Mu dan kami berlindung kepadaMu dari api neraka."

3 dari 4 halaman

Membaca Doa Ampunan

اللّٰهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيْمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنَّا يَا كَرِيْمُ

"Allahumma innaka ‘afuwwun kariim tuhibbul ‘afwa fa’fu annaa yaa kariim." (3x)

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan Maha Mulia, Engkau suka memaafkan, maka maafkanlah kami, Wahai Yang Maha Mulia."

وذكر العلامة السّيد الونائي رحمه الله تعالى عن أنس بن مالك رضي الله تعالى عنه، عنه عليه الصلاة والسلام : (مامن مسلم يصوم فيقول عند إفطاره : يَا عَظِيْمُ يَا عَظِيْمُ أنْتَ إلٰهي، لَا إلهَ غيرُكَ، اغفرِ الذَّنب العظيمَ؟ فإنهُ لا يغفرُ الذَنب العظيمَ إلَّا العظيمُ ؛ آلا خرج من ذنوبه كيوم ولدته أمه) قل رسول الله ﷺ: (علموها عقبكم فإنها كلمة يحبها الله ورسوله، ويصلح بها أمر الدنيا والآخرة)

Telah menyebutkan Al-‘Allamah Assayiid Wanai dari Sayidina Anas Bin Malik dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Tidaklah ada seorang muslim yang berpuasa kemudian ia membaca ketika hendak berbuka, “Ya ‘azhim 3x anta ilaahi laa ilaaha ghoiruk ighfiriz dzambal ‘azhim fainnahu laa yaghfirudzambal ‘azhim illal ‘azhim” melainkan ia keluar dari dosa-dosa nya seperti di hari ibunya melahirkannya."

4 dari 4 halaman

Doa sebelum Berbuka Puasa

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ أَسْتَغْفِرُ اللهَ أَسْأَلُكَ رِضَاكَ وَالْجَنَّةَ اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفْو كَرِيمٌ تُحِبُّ وَأعُوذُ بِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي يَا عَظِيمُ يَا عَظِيْمُ أَنْتَ إِلهِي لَا إِلَهَ غَيْرُكَ اغْفِرِ الذَّنْبَ الْعَظِيْمَ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذَّنْبَ العَظِيمَ إِلَّا العَظِيمُ

"Asyhadu alla ilaha illallah, astaghfirullah, as aluka ridlaka wal jannata wa a’udzu bika min sakhothika wan nar. Allahumma innaka ‘afuwwun karim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni. Ya ‘adhimu, ya ‘adhimu, anta ilahi la ilaha ghoiruka, ighfiridz dzanbal ‘adhima, fa innahu la yaghfirudz dzanbal ‘adhima illal ‘azhim."

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah. Aku memohon ampunan Allah. Tuhanku, aku memohon rida dan surga-Mu. Aku juga berlindung kepada-Mu dari murka dan neraka-Mu. Wahai Zat Yang Maha Agung, wahai Zat Yang Maha Agung, Engkau adalah Tuhanku, tiada Tuhan selain Engkau, ampunilah dosa yang besar, sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa yang besar kecuali Zat Yang Maha Agung.”

 

Sumber: Sodikin

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer