Sukses


7 Manfaat Buka Puasa Bersama di Bulan Ramadan yang Tidak Banyak Diketahui

Bola.com, Jakarta - Selama bulan Ramadan banyak orang dari berbagai lapisan masyarakat, baik tua maupun muda, mengadakan kegiatan buka puasa bersama atau dikenal dengan istilah "bukber".

Buka puasa bersama termasuk merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu selama bulan Ramadan. Pasalnya, kegiatan ini sering dimanfaatkan untuk ajang silaturahmi dan mempererat hubungan bersama orang-orang terdekat.

Tak jarang, kegiatan buka puasa bersama menjadi ajang reuni dengan teman sekolah, teman kuliah, teman kerja, sampai keluarga yang sudah lama tidak bertemu.

Momen buka puasa bersama terasa menyenangkan jika dilakukan bersama orang-orang terdekat.

Perlu kamu tahu, mengadakan buka puasa bersama memiliki beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Nah, berikut ini tujuh manfaat buka puasa bersama di bulan Ramadan, yang tidak banyak diketahui, disadur dari Kapanlagi, Sabtu (1/4/2023).

2 dari 5 halaman

Manfaat Buka Puasa Bersama di Bulan Ramadan

1. Mempererat Silaturahmi

Buka puasa bersama baik untuk mempererat tali silaturahmi. Momen ini biasanya digunakan untuk memperkuat rasa persaudaraan dengan sanak saudara, teman, sahabat, rekan kerja, dan lainnya.

Adapun perintah silaturahmi seperti yang tercantum di dalam Al-Qur'an surah An-Nisa ayat 1 yang artinya:

"Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu."

2. Mencairkan Hubungan

Melalui berbuka puasa bersama, hubungan yang tegang antara satu dengan yang lain karena perbedaan kepentingan bisa menjadi cair dan membaik.

Hal ini juga dapat membuka kembali komunikasi dengan pihak lain karena saat buka puasa bersama, tidak ada sekat atau pembatas. Semuanya bisa saling menyapa dan bercanda bersama.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buka Puasa Bersama di Bulan Ramadan

3. Sarana Interaksi Positif

Manfaat buka puasa bersama selanjutnya ialah dapat menjadi sarana interaksi yang positif. Selama bulan puasa, umat muslim diajarkan untuk meninggalkan perbuatan yang sia-sia dan beralih kepada hal yang lebih baik serta menjalankan kegiatan yang lebih bermanfaat.

Dengan berbuka bersama, dapat saling berinteraksi positif dengan teman, keluarga, sahabat, dan lainnya. Hal ini tentunya untuk menambah amal perbuatan melalui tindakan yang bermanfaat.

Maka itu, saat bulan Ramadan tiba, momen ini baik menjadi sarana interaksi yang positif.

4. Mengisi Waktu Luang

Mengisi waktu sore menunggu momen buka puasa bersama bisa dihabiskan dengan mengobrol atau berbincang menjelang magrib tiba.

Mengisi waktu luang dengan teman juga dapat membunuh kebosanan dan mungkin dari mengobrol tersebut kamu mendapatkan ide untuk saling bertukar pikiran dalam hal yang positif.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buka Puasa Bersama di Bulan Ramadan

5. Reuni

Buka puasa bersama identik dengan reuni. Reuni inilah biasanya dijadikan ajang momen buka puasa dengan kawan lama. Bisa berkumpul bersama kawan lama menjadi momen langka, apalagi jika sudah disibukkan dengan aktivitas masing-masing.

Reuni bersama teman SD, SMP, SMA, maupun kuliah bisa menjadi momen yang menyenangkan. Selain memperkuat tali silaturahmi, reuni bermanfaat dalam menghargai sebuah pertemuan.

6. Mengurangi Risiko Terkena Alzheimer Dementia

Penyakit ini ditandai dengan menurunnya kemampuan mengingat seseorang dan kemampuan untuk membuat keputusan.

Hal ini sering terjadi karena tidak adanya komunikasi maupun interaksi dengan kawan lama. Interaksi yang terjadi saat momen buka puasa bersama dapat mengurangi risiko seseorang terjangkit penyakit Alzheimer Dementia.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buka Puasa Bersama di Bulan Ramadan

7. Memperpanjang Usia

Mungkin tak banyak yang tahu alasan buka puasa bersama dapat memperpanjang usia. Hal itu karena momen buka puasa dapat dijadikan untuk saling mendoakan, saling berbagi perasaan atau curhat sehingga meredakan ketegangan psikis.

Selain itu, jika seseorang telah disibukkan dengan pekerjaan, buka puasa bersama dapat meredakan stres atau menghilangkan beban pikiran. Berkumpul dan bercanda bersama dapat melupakan sebagian masalah hidup.

Saat buka puasa bersama, semua orang bisa berinteraksi, bertukar pikiran, curhat, dan lain sebagainya. Dengan begitu, mungkin masalah yang sedang dirasakan dapat hilang, stres dapat teratasi.

Perasaan bahagia itulah yang menghindarkan dari segala macam penyakit dan bisa memperpanjang usia.

 

Disadur dari: Kapanlagi.com (Penulis: Tamara Dita. Published: 2/5/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer