Sukses


Penyebab Berat Badan Naik saat Puasa di Bulan Ramadan

Bola.com, Jakarta - Saat menjalankan puasa di bulan Ramadan, banyak manfaat yang bisa didapatkan, tidak hanya sarana beribadah kepada Allah Swt., tetapi juga bisa menyehatkan tubuh dan membantu dalam menurunkan berat badan.

Khususnya untuk menurunkan berat badan, banyak orang yang memercayai bahwa puasa bisa membantu mereka menurunkan berat badan yang berlebih.

Akan tetapi, banyak pula orang yang berat badannya justru bertambah setelah melakukan puasa di bulan Ramadan. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor.

Melakukan puasa secara medis bisa membantu menurunkan berat badan, dengan catatatn ada beberapa hal yang harus diperhatikan, khususnya makanan yang dikonsumsi.

Jika makanan yang dikonsumsi mengandung banyak lemak dan kalori, puasa tidak akan membantu menurunkan berat badan dan malah sebaliknya.

Lantas, apa saja hal yang bisa menyebabkan berat badan naik setelah puasa di bulan Ramadan?

Berikut beberapa penyebab berat badan naik saat puasa di bulan Ramadan, seperti disadur dari Klikdokter, Senin (3/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penyebab Berat Badan Naik saat Puasa di Bulan Ramadan

1. Terlalu sering buka puasa bersama

Selama bulan puasa, ajakan untuk buka bersama biasanya berdatangan dengan menu paket dari berbagai sajian. Makanan yang terlalu banyak ini akan membuatmu cenderung makan banyak.

Padahal, di malam harinya usai buka puasa bersama, kamu tidak memiliki aktivitas lain yang membakar kalori. Atas fenomena ini bisa disimpulkan bahwa naiknya berat badan terjadi karena energi yang masuk ke tubuh melebihi energi yang keluar.

Tubuh mendapatkan energi dari asupan makanan yang kamu konsumsi. Sedangkan energi seharusnya dikeluarkan untuk metabolisme, bergerak, berpikir, dan kegiatan lainnya. Lantaran tidak dikeluarkan maka menumpuk menjadi lemak.

2. Kurangnya konsumsi buah dan sayur

Lantaran cenderung memilih makanan yang enak dan lezat sebagai menu sahur serta berbuka puasa, pada akhirnya kamu mengabaikan konsumsi sayur dan buah. Akibatnya, kebutuhan serat dalam tubuh tidak terpenuhi sehingga menyebabkan penumpukan lemak dan kenaikan berat badan.

3 dari 4 halaman

Penyebab Berat Badan Naik saat Puasa di Bulan Ramadan

3. Menu sahur tinggi kalori

Lantaran merasa perlu menyimpan makanan untuk berpuasa, biasanya orang akan cenderung makan banyak saat sahur. Menu yang dipilih biasanya yang cenderung berlemak dan mengandung kalori tinggi karena orang selalu ingin makan enak saat sahur.

Selain itu, asupan karbohidrat yang tinggi saat sahur juga berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan.

4. Takjil serba manis

Sajian berbuka puasa yang dijual di sepanjang jalan tentu menggoda untuk dibeli, terlebih lagi saat puasa kamu cenderung lapar mata sehingga ketika berburu takjil, kamu sering kali membeli makanan yang akhirnya tidak habis dimakan sendiri.

Sebagian besar menu takjil yang dijual pun mengandung gula tinggi, seperti kolak, sup buah, es campur, hingga dawet. Tak heran, berat badanmu naik kalau mengonsumsinya setiap hari.

4 dari 4 halaman

Penyebab Berat Badan Naik saat Puasa di Bulan Ramadan

5. Jarang minum air

Mengonsumsi air putih membantu dalam mempertahankan kesehatan, dan hal ini menyebabkanmu rentan terkena dehidrasi yang berpengaruh terhadap kenaikan berat badan.

Jurnal American Chemical Society menemukan bahwa ketika seeorang mengonsumsi dua gelas air putih setiap harinya sebelum makan dapat mengurangi berat badan sebanyak 1,5-2 kg.

6. Waktu tidur yang tidak cukup

Orang yang kurang tidur mengalami penurunan produksi hormon leptin (penekan nafsu makan) dan kenaikan kadar hormon ghrelin (peicu nafsu makan). Kondisi ini dapat menyebabkan asupan kalori yang melonjak naik saat kamu sahur atau buka puasa.

7. Aktivitas berkurang

Selama berpuasa, biasanya aktivitas harianmu akan berkurang. Jika saat hari biasa kamu biasa berjalan kaki menuju kantin untuk makan siang, selama puasa kamu cenderung lebih banyak duduk di kantor. Selain itu, karena mudah lelah, kamu pun mengurangi frekuensi berolahraga setiap harinya.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 17/7/2019)

Yuk, baca artikel penyebab lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer