Sukses


6 Manfaat Minum Air Kelapa saat Buka Puasa di Bulan Ramadan

Bola.com, Jakarta - Saat buka puasa tiba biasanya umat muslim mencari berbagai minuman yang bisa memberikan sensasi segar, satu di antaranya adalah air kelapa.

Tidak hanya menyegarkan, air kelapa memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan ketika diminum saat berbuka puasa.

Terlebih lagi ketika seharian badan menjadi lemas karena menahan dahaga saat puasa, air kelapa bisa kembali membuatmu bugar dan berenergi.

Berbagai kandungan yang ada di dalamnya terbilang ampuh dalam memberikan efek menyehatkan, satu di antaranya menetralkan tubuh dari racun.

Buah kelapa di Indonesia begitu melimpah sehingga untuk mendapatkannya bisa dibilang tidak terlalu sulit.

Berikut manfaat minum air kelapa di saat buka puasa di bulan Ramadan, seperti disadur dari Liputan6, Senin (3/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Air Kelapa

1. Mengembalikan Energi Tubuh

Buka puasa dengan air kelapa dapat mengembalikan energi tubuh dengan baik. Air kelapa terbukti mampu mengembalikan kadar gula darah dengan lebih baik karena kandungan gula alami di dalamnya.

Dengan kembalinya kadar gula darah ke rentang optimal, tubuh akan terasa lebih berenergi. Hal ini akan membuatMU mampu untuk melakukan ibadah Ramadan dengan tubuh lebih sehat.

Manfaat buka puasa dengan air kelapa satu ini bisa dijadikan alternatif pengganti minuman berenergi yang lebih sehat.

2. Menetralkan Racun di Tubuh

Buka puasa dengan air kelapa muda dapat menetralkan racun di dalam tubuh. Kandungan Tanin dan antidotum (anti racun) yang terdapat pada air kelapa muda sangat tinggi. Air kelapa muda juga mengandung enzim yang dapat mengurai sifat racun dalam tubuh.

3 dari 4 halaman

Manfaat Air Kelapa

3. Mencegah dan Mengatasi Dehidrasi

Buka puasa dengan air kelapa bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi. Penting untuk mengonsumsi cairan yang bisa menggantikan cairan tubuh yang berkurang selama berpuasa.

Dengan menggantinya secara tepat, tubuh akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, misalnya kulit kering, badan lemas, serta keluhan tekanan darah rendah.

Air kelapa sama baiknya dengan air putih dalam mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama puasa. Air kelapa muda memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh.

Selain itu kandungan elektrolit dalam air kelapa muda sangat tinggi. Air kelapa muda yang memiliki kandungan elektrolit tinggi dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh ketika sedang beraktivitas.

Selain itu, air kelapa muda mudah diserap tubuh. Hal itulah yang menjadi alasan manfaat air kelapa muda dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat buka puasa dengan air kelapa muda juga dipengaruhi oleh kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang rendah. Menggunakan air kelapa muda sebagai obat penurun berat badan tidak menimbulkan efek samping.

Jadi, lebih baik mengkonsumsi air kelapa muda daripada harus membeli obat–obatan kimia untuk mendapatkan berat badan ideal. Hal ini tentu membantu kamu yang sedang menjalankan program diet di bulan puasa ini.

4 dari 4 halaman

Manfaat Air Kelapa

5. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buka puasa dengan air kelapa muda tidak hanya bagi kesehatan, tetapi juga bagi kecantikan. Satu di antaranya, dapat membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda.

Kandungan sitokinin (satu di antara hormon pertumbuhan) dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Kandungan sitokinin pada air kelapa mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah).

Sitokinin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, dan dapat mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia.

6. Menghidrasi Kulit

Jika kamu sering mengalami kulit terasa kering, ada kemungkinan kulit tubuhmu kekurangan cairan yang bisa melembapkan permukaannya.

Manfaat buka puasa dengan air kelapa muda dapat menjadi solusi yang tepat. Pasalnya, saat puasa tentu kamu tidak bisa memenuhi asupan cairan di siang hari, dan harus memenuhinya saat berbuka dan sahur.

Selain minum banyak air putih, kamu bisa mengonsumsi air kelapa karena mengandung vitamin C yang bisa menyehatkan kondisi kulit. Agar hasilnya optimal, gunakan tabir surya dan hindari paparan langsung sinar matahari.

Jangan lupa untuk menggunakan pelembap setelah mandi. Dilakukan setelah mandi karena kulit yang lembap karena terkena air akan mengunci krim pelembap lebih lama ketimbang dipakai saat kondisi kulit benar-benar kering.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi. Editor: Rizky Mandsasari. Published: 14/5/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer