Sukses


5 Keutamaan Membayar Zakat Fitrah yang Didapat Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib ditunaikan setiap muslim pada saat bulan Ramadan hingga menjelang salat Idulfitri.

Lantaran hukumnya wajib, jadi bagi muslim yang menunaikan zakat fitrah akan mendapatkan pahala, dan yang tidak melaksanakannya akan dihitung sebagai dosa.

Di Indonesia, zakat fitrah dibayarkan dengan beras sebanyak 2,5 kg atau uang senilai harga beras tersebut.

Meski begitu, zakat fitrah dianjurkan dalam bentuk makanan pokok, terkecuali sedang dalam keadaan yang sangat darurat dan mengharuskan membayar dengan uang.

Pasalnya, pada zaman Nabi Muhammad saw. dan para sahabat tidak membayar zakat dengan uang, walau pada saat itu telah ada uang sehingga berzakat dengan makanan pokok lebih utama daripada menggunakan uang.

Menunaikan zakat fitrah dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu. Sebab, zakat fitrah adalah memberikan makan pada masyarakat miskin.

Seorang muslim yang telah membayar zakat fitrah di bulan Ramadan akan memperoleh ganjaran yang besar serta mendapatkan banyak keutamaan.

Berikut ini lima keutamaan membayar zakat fitrah yang didapat umat muslim, dikutip dari laman baznas.go.id, Senin (3/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Menyempurnakan Agama

Zakat merupakan bagian dari fondasi rukun Islam yang keempat, setelah syahadat, salat, dan puasa.

Dengan menunaikan zakat fitrah, akan makin sempurna ibadah seseorang dalam menjalankan perintah agama. Hal ini tentunya merupakan suatu tujuan dari setiap muslim demi mendapatkan rida dari Allah Swt.

3 dari 6 halaman

Mensucikan dan Menambah Harta

Kata zakat memiliki makna At-Thohuru, yang artinya membersihkan atau menyucikan. Dapat diartikan dengan berzakat fitrah maka Allah Swt. akan menyucikan harta dan jiwa kita dari dosa.

Selain itu zakat juga bermakna An-Numuw, atau tumbuh dan berkembang. Makna ini makin menegaskan bahwa orang yang menunaikan zakat fitrah, Insyaallah hartanya akan terus bertambah dan berkembang.

4 dari 6 halaman

Ampunan Dosa

Sebagaimana tertulis dalam Al-Qur'an surah Al Maidah ayat 12, yang menyatakan Allah berjanji mengampuni dosa-dosa hambanya yang mendirikan salat, menunaikan zakat, beriman kepada Rasul.

"Sesungguhnya Aku beserta kamu, sesungguhnya jika kamu mendirikan salat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik sesungguhnya Aku akan menutupi dosa-dosamu. Dan sesungguhnya kamu akan Kumasukkan ke dalam surga yang mengalir air di dalamnya sungai-sungai. Maka barang siapa yang kafir di antaramu sesudah itu, sesungguhnya ia telah tersesat dari  jalan yang lurus." (QS. Al Maidah: 12)

5 dari 6 halaman

Mendekatkan kepada Allah Swt.

Menunaikan zakat fitrah merupakan satu di antara bentuk mensyukuri nikmat yang diberikan Allah Swt. Zakat fitrah juga mengajarkan kita bagaimana menjadi pribadi yang pemurah, ikhlas, dan tulus memberikan bantuan ke orang lain yang membutuhkan.

6 dari 6 halaman

Mendatangkan Keberkahan

Satu di antara makna zakat fitrah lainnya adalah Al-Barakatu, yang artinya berkah. Dengan membayarkan zakat fitrah atas harta yang kita miliki akan selalu dilimpahkan keberkahan oleh Allah Swt.

Keberkahan harta ini tentunya akan berpengaruh pada keberkahan kita dalam menjalani hidup, Insyaallah.

 

Sumber: baznas.go.id

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer