Sukses


5 Cara Inspiratif Menghilangkan Stres Menurut Islam

Bola.com, Jakarta - Di era modern yang penuh dengan tuntutan seperti sekarang, banyak orang mudah merasakan stres. Penyebabnya beragam, mulai urusan pekerjaan, sekolah, percintaan, keluarga, dan sebagainya.

Merasakan stres atau gangguan kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor luar bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Alhasil, saat stres melanda, kita harus segera mencari solusinya agar stres dapat hilang dan hidup lebih mudah untuk dijalani.

Sebagai umat muslim yang ingin selalu dirahmati oleh Allah, tentunya kamu juga bisa berikhtiar kepada-Nya untuk menghilangkan stres.

Agama Islam memandang stres sebagai satu di antara bentuk ujian yang Allah Swt. berikan kepada umat-Nya.

Ada beberapa cara menurut Islam yang bisa membantu kita meredakan stres, satu di antaranya yang paling penting adalah mendirikan salat atau bersujud kepada Allah Swt.

Berikut 5 cara inspiratif menghilangkan stres menurut agama Islam, seperti disadur dari Merdeka, Selasa (4/4/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Inspiratif Menghilangkan Stres Menurut Islam

1. Berdoa

Allah memang sudah pasti mengetahui apa yang kita inginkan sekalipun kita tidak mengucapkannya. Akan tetapi, dengan berdoa langsung kepada Allah sama artinya kita berbicara kepada-Nya, yang secara tidak langsung akan membuat perasaan jadi jauh lebih lega.

Anggap saja kita sedang curhat kepada Allah tentang apa yang sedang kita hadapi yang membuat kita stres. Namun, bukan berarti dalam curhatan itu kita berkeluh-kesah, lantas menyalahkan Allah atas apa yang terjadi.

Kita berdoa, berkomunikasi, curhat kepada Allah dengan harapan kita diberi kemudahan, kekuatan, dan ketabahan dalam menghadapi segala macam cobaan hidup yang Allah berikan. Dengan begitu, kita bisa lebih optimistis dalam melaluinya.

2. Mendasari Niat dengan Ikhlas

Ikhlas merupakan hal paling mendasar dan paling penting dalam setiap amal ibadah maupun perbuatan yang kita lakukan. Ikhlas ibarat sebuah jembatan yang menghubungkan kita terhadap jalan keselamatan menuju akhirat.

Ikhlas juga menghadirkan ketenangan jiwa di dalam diri kita dan dapat menyelamatkan kita dari azab Allah Swt. Jika semua perbuatan kita niatkan dengan ikhlas demi mengharap rida Allah, Insyaallah apa pun hasil yang diperoleh tidak akan membuat kita stres.

3 dari 4 halaman

Cara Inspiratif Menghilangkan Stres Menurut Islam

3. Berzikir

Cara menghilangkan stres menurut Islam selanjutnya adalah berzikir. Zikir artinya mengingat Allah, tidak hanya dalam lisan, tetapi juga untuk setiap perbuatan yang kita lakukan.

Hadirkan Allah di setiap hela napas kita dengan berzikir, dengan begitu kita akan menjadi tenang sebagaimana firman Allah Swt. yang artinya: "Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram". (Q. S. Ar-Ra’d)

Berzikir yang diniatkan untuk Allah akan menjadi suatu ketenteraman hati, telebih zikir yang banyak mengandung kalimat-kalimat mengesakan Allah, seperti ayat kursi maupun zikir lainnya.

4. Bersyukur dan Berserah Diri (Tawakal)

Satu di antara kunci dalam menghadapi stres adalah selalu bersyukur dan menerima segala pemberian Allah Swt.

Hal ini telah diajarkan di dalam Al-Qur'an surah Al-Fatihah ayat 2 dan Al-Baqarah ayat 156 yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan:

"Inna lillahi wa innaa ilaihi raaji'uun".

Kedua ucapan di atas sangat familier bagi kita dan apabila kita pahami maknanya setiap kali mengucapkannya ketika menghadapi cobaan, niscaya akan muncul kekuatan psikologis yang besar untuk mampu menghadapi musibah itu.

 

 

4 dari 4 halaman

Cara Inspiratif Menghilangkan Stres Menurut Islam

5. Salat

Cara menghilangkan stres menurut Islam yang pertama adalah melaksanakan salat. Sebab, salat merupakan media kita berkomunikasi kepada Allah Swt.

Dengan menjaga salat wajib serta mengerjakan salat sunah yang telah dianjurkan, dapat turut membantu menjaga ketenteraman hati hingga mampu mengatasi segala permasalahan emosional yang kita rasakan.

Melalui salat pula, kita bisa mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Salat juga dapat membuat kita jadi lebih tenang dan damai.

Dengan salat, lelah fisik, beban masalah, ketakstabilan emosi dan berbagai permasalahan lainnya tidak akan mengganggu kita lagi. Dengan catatan, kita sebisa mungkin melaksanakan salat dengan khusyuk.

Salat merupakan obat untuk berbagai penyakit sekaligus penolong. Sebagaimana firman Allah Swt. yang artinya: "Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar". (Q. S. Al Baqarah: 153)

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Novi Fuji Astuti. Published: 10/11/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer