Sukses


Bacaan Doa Masuk dan Keluar WC, Lengkap dalam Tulisan Arab, Latin, serta Artinya

Bola.com, Jakarta - Sudah menjadi sebuah keharusan bagi umat muslim untuk membaca doa terlebih dahulu sebelum beraktivitas, termasuk saat akan masuk dan keluar WC.

BACA JUGA: Bacaan Niat Keluar Masuk Kamar Mandi Beserta Artinya Lengkap Dengan Adab-Adabnya

WC merupakan tempat kotor yang disukai jin atau setan sehingga membaca doa masuk dan keluar sangat dianjurkan bagi umat muslim.

Perintah membaca doa masuk dan keluar WC terdapat dalam hadis yang diriwayatkan oleh asy-Syaikhan yang artinya berbunyi,

"Untuk melindungi aurat manusia dari mata-mata jin adalah apabila salah seorang di antara kamu memasuki kamar mandi, maka hendaklah dia membaca, 'Bismillah,' karena kamar mandi itu menunggui seseorang dengan penyakit."

Dalam riwayat lain, Rasulullah saw. juga pernah bersabda,

"Pembatas antara jin dengan aurat bani Adam (manusia) manakala seorang di antara mereka masuk ke WC, adalah agar ia mengucapkan 'Bismillah'," (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Berikut ini bacaan doa masuk dan keluar WC, lengkap dalam tulisan Arab, latin, serta artinya, disadur dari Dream, Selasa (4/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Masuk WC

بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ

"Bismillahi, Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khabaitsi."

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan iblis jantan dan betina."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Keluar WC

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ لِلهِ الذي أَذْهَبَ عَنِّيْ الْأَذَى وَعَافَانِيْ اللهم اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ. اللَّهُمَّ طَهِّرْ قَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْجِيْ مِنَ الْفَوَاحِشِ

"Guhfroonaka alhamdulillahi alladzi adzhaba ‘anni al-adza wa ‘aafaani. Allahumma ij’alni minat tawwaabiina waj’alni minal mutathohhiriin. Allahumma thohhir qolbi minan nifaaqi wa hashshin farji minal fawaahisyi."

Artinya: "Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku, dan menyehatkan aku. Ya Allah, jadikanlah aku sebagai bagian orang yang bertobat dan jadikanlah aku bagian dari orang yang suci. Ya Allah, bersihkan hatiku dari kemunafikan, dan jaga kelaminku dari perbuatan keji (zina)."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Publsihed: 5/4/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer