Sukses


Ni Kadek Heni Prikasih Akan Jadikan SEA Games 2023 sebagai Jalan Mulus Menuju Olimpiade

Bola.com, Jakarta - Tim pelatnas taekwondo terus berlatih keras untuk mempesiapkan SEA Games 2023 Kamboja yang tinggal sebulan lagi digelar. Dalam gelaran multievent terbesar di Asia Tenggara itu, taekwondo mematok target lebih tinggi dari capaian di SEA Games 2021 Vietnam.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) Fahmy Fachrezzy mengatakan, menembak secara resmi menarget dua emas. Namun diminta mempersiapkan para atletnya untuk bisa meraih empat emas.

Di SEA Games 2021 Vietnam, taekwondo meraih satu emas, dua perak dan delapan perunggu.

"Kami mempersiapkan atlet agar bisa semaksimal mungkin meraih lebih banyak emas di SEA Games Kamboja," kata Fahmy di sela kunjungan tim CdM ke pelatnas taekwondo di GOR POBKI Cibubur, Jakarta Timur, Senin (3/4/2023) siang.

 

 

2 dari 5 halaman

Heni Calon Peraih Emas

Salah satu atlet yang dipersiapkan untuk merebut emas adalah Ni Kadek Heni Prikasih. Atlet 21 tahun ini akan turun di nomor wanita kyeorugi under 46 kg.

"Heni kami mencalonkan bisa meraih emas. Karena dia dalam performa puncak dan baru saja meraih emas di kejuaraan dunia di Bulgaria," kata Fahmi.

Di SEA Games 2021 Vietnam, Heni meraih medali perunggu. Raihan yang lumayan mengingat itu adalah ajang SEA Games pertama yang dia ikuti.

"Jadi ini SEA Games kedua bagi Heni, dan dia dalam usia yang sedang matang-matangnya," lanjut Fahmi.

 

3 dari 5 halaman

Tekad ke Olimpiade

Kabar baiknya, jika Heni bisa meraih emas, maka dia akan dikirim ke Asian Games yang akan di gelar di Hangzhou, Tiongkok, pada September-Oktober 2023 mendatang.

Dengan meraih prestasi puncak di SEA Games, juga akan membuka peluang bagi Heni untuk bisa bertarung di Olimpiade 2024 Paris. "Saya terus mempersiapkan diri sebaik-baiknya dan mudah-mudahan bisa ikut sampai Olimpiade," kata Heni.

Heni melanjutkan, kini dirinya terus menjaga fokus jelang SEA Games. Menurut dia kuncinya sekarang adalah dia harus terus fokus dan menjaga kondisi fisik dan mental.

"Di SEA Games kemarin saya meraih perunggu karena saya kurang fokus. Jadi untuk SEA Games kali ini saya akan lebih fokus lagi," ujar atlet asal Bali itu.

 

4 dari 5 halaman

Atlet Lain Juga Berpeluang Besar Raih Emas

Selain Heni, atlet lain yang dipersiapkan untuk meraih medali tertinggi adalah Muhammad Bassam Raihan di nomor mens kyeorugi under 63 kg. Di SEA Games Vietnam Bassam sukses meraih emas.

Selain Bassam, atlet andalan taekwondo lainnya adalah Osanando Naufal Khairudin yang akan turun di nomor mens kyeorugi under 80 kg dan Silvana Lamanda di nomorkyeorugi wanita di bawah 67 kg.

Tim CdM menyempatkan diri untuk mengunjungi pemusatan latihan para atlet taekwondo di Cibubur. Dalam kunjungan tersebut, CdM Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja Lexyndo Hakim diwakili oleh Deputi II Tim CdM Ibnu Riza.

 

5 dari 5 halaman

Kumandangkan Indonesia Raya Sebanyak-banyaknya

Pada saat yang sama, CdM Lexyndo Hakim menerima undangan rapat dari Kemenpora untuk rapat finalisasi biaya kontingen dan cabor SEA Games Kamboja.

Selain ke taekwondo, tim CdM juga mengintip pelatnas pencak silat dan kun bokator di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Di sana, Ibnu Riza dan tim CdM langsung diterima Ketua Harian PB Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Benny G Sumarsono.

Menurutnya, para atlet yang diperjuangkan akan semaksimal mungkin merebut banyak emas di SEA Games Kamboja. Di SEA Games sebelumnya, pencak silat hanya meraih satu emas, empat perak dan tiga perunggu.

"Kalian harus punya pola pikir untuk mengumandangkan Indonesia Raya sebanyak-banyaknya di SEA Games. Dengan mengumandangkan Indonesia Raya sebanyak-banyaknya, berarti kita meraih emas sebanyak-banyaknya!" tegas Ibnu di depan para atlet yang menerima yel yel dengan penuh semangat.

Video Populer

Foto Populer