Sukses


Daftar Buah yang Bisa Menambah Stamina saat Buka Puasa

Bola.com, Jakarta - Seharian menjalankan ibadah puasa selama kurang lebih 13 jam, bisa membuatmu menjadi kehilangan energi dan stamina.

Hal tersebut dikarenakan tidak adanya asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh selama menjalankan puasa.

Padahal, tubuh kita sangat mengandalkan asupan makanan dan minuman untuk menjaga stamina agar tetap kuat.

Jika biasanya kamu mencoba mengembalikan stamina dengan meminum minuman berenergi atau mengonsumsi makanan manis saat buka puasa, mulai saat ini coba untuk menggantinya dengan sumber makanan yang lebih menyehatkan, seperti buah-buahan.

Selain menyehatkan karena memiliki berbagai kandungan nutrisi, mengonsumsi buah-buahan tidak terlalu memiliki efek samping yang berarti.

Ada beberapa buah-buahan yang bermanfaat ampuh untuk mengembalikan stamina kamu setelah berpuasa.

Berikut berbagai buah yang bisa meningkatkan stamina saat buka puasa, disadur dari Klikdokter, Rabu (5/4/2023).

2 dari 4 halaman

Buah yang Bisa Meningkatkan Stamina saat Buka Puasa

1. Bit

Dilansir dari Healthline, bit dapat meningkatkan aliran darah karena kandungan antioksidan dan nitratnya yang tinggi.

Nitrat adalah senyawa yang membantu pengiriman oksigen ke jaringan sehingga stamina otomatis akan meningkat.

2. Goji berry 

Goji berry sudah lama digunakan dalam pengobatan China selama berabad-abad. Bukan tanpa sebab, goji berry yang dijadikan jus misalnya, kaya akan antioksidan dan bisa mengurangi rasa lelah.

Sangat cocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa apalagi jika kamu masih harus menyelesaikan pekerjaan atau berjuang untuk pulang melewati kemacetan jalanan.

Buah yang juga dikenal sebagai wolfberry ini bisa dicampurkan ke dalam yoghurt dan smoothies. Dimakan langsung juga tidak masalah.

3 dari 4 halaman

Buah yang Bisa Meningkatkan Stamina saat Buka Puasa

3. Apel

Apel bisa jadi sumber karbohidrat dan serat yang tak kalah baiknya. Apel berukuran sedang dengan berat 185 gram mengandung setidaknya 25 gram karbohidrat, 19 gram gula, dan 4 gram serat.

Buah bertekstur renyah ini mengandung gula alami yang cukup banyak maka konsumsinya efektif untuk mengganti energi yang hilang saat puasa.

Cara paling baik konsumsi apel adalah dengan memakannya utuh – bukan dibuat jus – atau dibuat smoothies agar kandungan seratnya tidak berkurang atau hilang.

4. Pisang

Satu di antara buah yang paling bisa bikin kenyang sekaligus mengisi ulang energi adalah pisang. Buah ini relatif rendah kalori, tetapi kaya akan antioksidan, karbohidrat sehat, kalium, dan vitamin B6. Kombinasi semuanya itu cocok untuk meningkatkan stamina.

Peneliti telah banyak membandingkan khasiat pisang dalam menyuplai energi dengan pemasok energi lain seperti minuman berenergi.

Hasilnya adalah, satu di antara penelitian pada pembalap sepeda menemukan bahwa pisang dapat menghasilkan energi yang setara dengan minuman energi. Lebih aman dan alami tentunya.

Pisang kaya akan kalium, serat, berbagai vitamin, dan jumlah karbohidrat yang tepat untuk mendongkrak staminamu dan menangkal badan lemas.

Maka itu, pisang bisa menjadi pilihan yang mudah, lezat, dan bisa diandalkan sebagai satu di antara sumber energi.

4 dari 4 halaman

Buah yang Bisa Meningkatkan Stamina saat Buka Puasa

5. Alpukat

Ada lagi buah yang mengenyangkan sekaligus bisa mengusir rasa lemas, yaitu alpukat. Buah yang satu ini kaya akan lemak sehat.

Bahkan, 84 persen lemak sehatnya berasal dari asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, yang keduanya sudah terbukti mampu meningkatkan kadar lemak baik sekaligus memaksimalkan penyerapan nutrisi tubuh.

Tidak hanya bisa diandalkan untuk mengembalikan energi yang sempat lenyap, alpukat yang mengandung banyak serat ini dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

Agar alpukat dapat secara optimal memberikan manfaat tersebut, anjuran konsumsinya adalah:

  • Dimakan langsung tanpa tambahan apa pun.
  • Tidak dibuat jus dengan penambahan susu atau gula.
  • Dipotong dan dimakan dengan roti dan telur.
  • Diblender dan dijadikan krim untuk pasta/salad dressing.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 21/5/2019)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer