Sukses


Cara Ampuh Mengatasi Sembelit saat Puasa Ramadan

Bola.com, Jakarta - Puasa menjadi ibadah wajib bagi umat muslim saat bulan Ramadan. Praktiknya, puasa Ramadan dilakukan sejak terbitnya matahari hingga matahari tenggelam.

Dalam menjalankan ibadah puasa, setiap orang pasti menghadapi tantangan masing-masing. Satu di antaranya, gangguan kesehatan seperti sembelit yang kerap terjadi karena pola makan yang tidak teratur.

Persoalan sembelit dapat mengganggu kelancaranmu dalam menjalankan ibadah puasa. Alih-alih mengonsumsi obat-obatan, kamu bisa mencegahnya dengan berbagai cara alami.

Kamu bisa membiasakan diri untuk selalu mengonsumsi makanan yang kaya gizi dan serat, serta mencukupi kebutuhan cairan dengan meminum air putih.

Jika kamu maupun orang terdekatmu mengalami gangguan sembelit, kamu perlu tahu cara mengatasinya sehingga tidak mengganggu ibadah puasamu.

Berikut berbagai cara ampuh mengatasi sembelit saat puasa Ramadan, seperti disadur dari Merdeka, Rabu (5/4/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Ampuh Mengatasi Sembelit saat Puasa Ramadan

1. Cegah Perubahan Pola Makan

Cara mengatasi sembelit saat puasa bisa dilakukan dengan menghindari perubahan pola makan secara mendadak. Konstipasi atau diare dapat terjadi karena tubuh belum beradaptasi.

Saat berbuka, makanlah dengan bertahap dalam porsi yang kecil, tetapi sering serta kunyah makanan dengan benar hingga halus sebelum ditelan. Cara ini akan membantu proses pencernaan dan mengurangi beban saluran pencernaan.

2. Jangan Lewatkan Sahur

Jangan lewatkan sahur. Makin lama perut tidak diisi dengan makanan atau minuman sehat, makin besar kemungkinan kamu mengalami sembelit.

Selain itu, pastikan kamu mengonsumsi makanan sahur yang sehat. Makanlah terlebih dahulu makanan ringan seperti kurma. Setelah beberapa saat, lanjutkan dengan makanan utama yang mengandung kuah seperti sup.

Makanan berkuah akan menambah asupan cairan dalam tubuh dan mencegah konstipasi. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak, seperti gorengan dan gula, karena akan meningkatkan risiko terjadinya sembelit hingga dua kali lipat.

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh Mengatasi Sembelit saat Puasa Ramadan

3. Minum Banyak Air Putih

Cara mengatasi sembelit saat puasa yang pertama adalah dengan lebih banyak minum air putih di malam hari. Sebab, makin terhidrasi tubuh di malam hari, makin lancar kinerja saluran pencernaan tubuhmu.

Minumlah air putih paling tidak dua liter sehari karena konsumsi air yang banyak sangat penting untuk mencegah sembelit.

Hindari minuman soda saat berbuka puasa karena dapat mencetuskan sembelit jika diminum terlalu banyak.

4. Perbanyak Asupan Serat 

Cara mengatasi sembelit saat puasa berikutnya adalah memperbanyak asupan serat. Jangan hanya berfokus pada makanan atau minuman yang manis saja saat berbuka. Kamu juga butuh sayur, buah, dan biji-bijian yang kaya serat untuk menyehatkan saluran pencernaan.

Selain itu, jika memungkinkan, pilihlah sumber karbohidrat dengan kadar serat yang lebih tinggi seperti beras merah.

Perbanyak juga konsumsi bahan makanan yang mengandung serat lainnya, seperti oat, untuk memperlancar pencernaan.

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh Mengatasi Sembelit saat Puasa Ramadan

5. Perbanyak Makan Yoghurt

Yoghurt berguna untuk membantu melancarkan buang air besar. Bakteri baik yang terkandung di dalamnya dapat membantu menstabilkan kuman-kuman di saluran cerna sehingga buang air besar menjadi lebih lancar.

6. Atur Jadwal Buang Air Besar

Mengatur jadwal buang air besar penting sebagai cara mengatasi sembelit saat puasa. Hal ini perlu dilakukan untuk membentuk kebiasaan tubuh dalam membuang sisa makanan.

Hindari menahan BAB terlalu lama karena dapat membuat feses mengeras serta "mampet".

7. Tetap Berolahraga

Meski sedang berpuasa, kamu tetap perlu melakukan olahraga sebagai satu di antara cara untuk mengatasi sembelit.

Selain menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, berolahraga secara rutin selama 30 menit setiap hari dapat membantu pergerakan usus sehingga kamu terhindar dari sembelit.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Novi Fuji Astuti. Published: 6/5/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer