Sukses


Arti Suhu beserta Macam-Macam Skala dan Konversinya

Bola.com, Jakarta - Suhu adalah besaran untuk menyatakan derajat panas atau dingin. Manusia bisa merasakan kondisi panas atau dingin melalui organ tubuh atau indra yang dimilikinya, tetapi tidak bisa menentukan besarannya secara langsung.

Itulah mengapa diciptakanlah termometer sebagai alat untuk mengukur suhu secara valid dengan skala tertentu.

Suhu atau temperatur mendapat pengaruh dari berbagai faktor, yaitu sudut sinar matahari, durasi penyinaran, bentuk permukaan bumi, jumlah tutupan awan serta koordinat lintang.

Sedangkan hawa di permukaan laut juga dipengaruhi oleh arus permukaan, upwelling, divergensi, dan konvergensi terutama di daerah muara dan sepanjang garis pantai.

Faktor meteorologi juga berpengaruh terhadap derajat suhu, yaitu curah hujan, kelembaban, penguapan air, suhu udara, kecepatan air, dan radiasi matahari.

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan lanjutan tentang suhu, dilansir dari laman Rimbakita, Kamis (6/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Skala Suhu

Di Indonesia, satuan yang umum digunakan adalah Celcius. Sedangkan di Amerika Serikat, satuan yang biasa digunakan adalah fahrenheit.

Selain kedua skala tersebut, ada beberapa satuan suhu lain untuk menjelaskan keadaan temperatur, berikut adalah penjelasannya:

1. Celcius

Celsius adalah skala atau satuan suhu yang secara umum disepakati dan digunakan sebagai parameter. Skala Celcius ditemukan oleh ahli astronomi bernama Anders Celcsius pada abad ke-17.

Simbol yang digunakan adalah huruf C. Berdasarkan skala ini, titik beku air berada pada 0°C dan titik didih air berada pada 100°C pada tekanan atmosfer standar.

2. Fahrenheit

Penemu satuan Fahrenheit adalah ilmuwan Jerman yang bernama Gabriel Fahrenheit. Penggunaan skala ini di Indonesia sangat jarang, tetapi di Amerika dan Eropa skala ini sering digunakan. Simbol yang digunakan adalah huruf F.

Berbeda dengan skala Celcius, pada skala Fahrenheit titik beku air berada pada angka 32°F, sedangkan titik didih air berada pada angka 212°F. Persamaan Fahrenheti dan Celsius terletak pada suhu negatif atau minus (- 40°C).

3. Kelvin

Kelvin adalah skala yang digunakan sebagai satuan baku suhu secara internasional. Skala ini ditemukan oleh First Baron Kelvin, seorang fisikawan pada akhir abad ke-18. Simbol satuan yang digunakan adala huruf K. Skala Kelvin mempunyai patokan untuk suhu nol absolut atau 0°K.

4. Reamur

Skala Reamur pada dasarnya memiliki kesamaan dengan skala Celcius, yaitu didesain beradasarkan titik beku dan titik didih air pada tekanan atmosfer standar. Skala ini ditemukan oleh René Antoine Ferchault de Réaumur pada abad ke-17, seorang ilmuwan dari Prancis.

Simbol satuan Reamur menggunakan huruf R. Meski dikatakan memiliki persamaan dengan skala Celsius, yaitu 0°R untuk titik beku air, untuk titik didih berada pada nilai 80°R.

3 dari 3 halaman

Konversi Satuan Suhu

Masing-masing satuan atau skala temperatur dapat dikonversikan melalui rumus perbandungan berikut:

C:R:(F-32) = 5:4:9K = C + 273.(derajat)

Dari rumus konversi suhui tersebut, kita dapat menghitung soal sebagai berikut:

Berapakah derajat Reamur suhu yang terukur 50 °C?

Untuk menjawabnya, kita bisa menggunakan perbandingan skala °R = 4/5 °C, sehingga jawabannya adalah (4/5) x 50 °C = 40 °R.

 

Sumber: Rimbakita

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer