Sukses


Deretan Pemain Bintang Belia Asia Tenggara yang Patut Dinantikan Kiprahnya di SEA Games 2023

Bola.com, Jakarta - Pesta Olahraga Asia Tenggara alias SEA Games 2023 bakal menjadi panggung pembuktian bagi para pesepak bola muda. Ajang ini juga akan membuka pintu bagi mereka untuk menjadi bintang baru di ASEAN.

Calon bintang muda yang patut dinantikan kiprahnya di SEA Games 2023 ini berasal dari kontestan-kontestan unggulan, yakni Thailand, Vietnam, Malaysia hingga Indonesia.

Setidaknya, ada empat nama utama yang punya potensi besar untuk menggebrak di ajang ini. Meskipun usianya masih relatif muda, tapi pemain-pemain ini sudah memiliki rekam jejak yang cukup mentereng di level internasional.

Sebab, mereka sudah mencatatkan menit bermain di tim nasional level senior. Pengalaman semacam ini tentu bakal menjadi modal berharga bagi mereka untuk bisa bersinar di SEA Games 2023. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

2 dari 5 halaman

Le Van Do (Vietnam)

Salah satu pemain bintang yang bakal memperkuat Timnas Vietnam U-22 di SEA Games 2023 ialah Le Van Do. Gelandang yang punya kemampuan multi-posisi ini memiliki jam terbang yang cukup tinggi.

Sebab, bersama Timnas Vietnam U-22, Le Van Do tercatat sudah membukukan 21 caps di semua ajang. Penampilan pertamanya di level ini sudah dimulai sejak medio akhir 2021.

Meskipun usianya baru menginjak 21 tahun, pemain asal Cong An Ha Noi FC ini sempat membantu Vietnam meraih medali emas SEA Games 2021. 

Tak hanya itu, pemain kelahiran 7 Agustus 2001 ini juga menjadi bagian dari skuad Timnas Vietnam U-23 tampil di ajang Piala Asia U-23 2022. 

Sayangnya, langkah tim muda The Golden Star saat itu hanya terhenti hingga fase perempat final setelah kalah 0-2 dari Arab Saudi U-23.

 

3 dari 5 halaman

Channarong Promsrikaew (Thailand)

Di skuad Timnas Thailand U-22, salah satu pemain yang patut dinantikan kiprahnya di SEA Games 2023 ialah Channarong Promsrikaew. Gelandang serang berusia 21 tahun ini berasal dari Chonburi FC.

Channarong memang punya rekam jejak yang cukup mentereng. Pasalnya, dia pernah merumput di Liga Spanyol bersama AD Union Adarve. Klub ini berkompetisi di Segunda Federacion alias kompetisi kasta keempat.

Meskipun usianya relatif muda, Channarong sudah mendapatkan menit bermain yang reguler bersama Chonburi FC. Musim ini saja, dia sudah tampil 23 kali dan menyumbangkan tiga gol.

Tak hanya itu saja, dia juga telah mencatatkan delapan penampilan bersama Timnas Thailand. Debutnya bersama tim senior dicatatkan sejak 25 September 2022.

Belakangan ini, Channarong sudah sering menjadi andalan Timnas Thailand U-22, terutama ketiak menghadapi tiga laga uji coba melawan Arab Saudi, Qatar, dan Kuwait pada Maret 2023.

 

4 dari 5 halaman

Azam Azmi (Malaysia)

Salah satu pemain yang akan menjadi andalan Timnas Malaysia U-22 di SEA Games 2023 ialah Azam Azmi. Pemain berusia 22 tahun ini juga berstatus sebagai kapten skuad Harimau Malaya Muda.

Terlepas dari usianya yang relatif muda, Azam Azmi sudah mencatatkan menit bermain yang reguler bersama klubnya, Terengganu FC, di kompetisi Liga Super Malaysia.

Dia juga sempat jadi salah satu pemain penting Malaysia U-22 pada SEA Games 2021 lalu. Namun, mereka tumbang dari Timnas Indonesia U-22 di perebutan medali perunggu.

Azam Azmi menjadi salah satu pemain di skuad Timnas Malaysia U-22 yang sudah mendapatkan kesempatan bermain di skuad senior.

Dia mendapatkan kesempatan debut dari pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan Gon, sejak 22 September 2022, pada laga uji coba internasional melawan Thailand.

 

5 dari 5 halaman

Ramadhan Sananta (Indonesia)

Yang terakhir, satu nama pemain muda dari kubu Timnas Indonesia U-22 yang diprediksi akan bersinar di SEA Games 2023 ialah Ramadhan Sananta. Dibandingkan nama-nama lainnya, Sananta memang terhitung paling moncer di kompetisi domestik.

Pasalnya, penyerang berusia 20 tahun ini menjadi striker lokal paling produktif mencetak gol di BRI Liga 1 2022/2023. Dari 23 penampilannya, ia sudah membukukan 11 gol dan 2 assist untuk PSM Makassar.

SEA Games 2023 memang akan menjadi kiprah perdana Sananta bersama skuad Garuda Muda. Sebab, selama ini, dia justru lebih banyak bermain bersama Timnas Indonesia di level senior.

Di bawah asuhan Shin Tae-yong, pemain berpostur 182 cm ini sudah mencatatkan empat penampilan di level internasional, termasuk Piala AFF 2022.

Pesta Olahraga Asia Tenggara ini tentu bakal menjadi pintu awal bagi Sananta untuk bisa mencuri perhatian dan membuka peluangnya berkarier di luar negeri.

Video Populer

Foto Populer