Sukses


7 Keutamaan Malam Lailatulqadar di Bulan Ramadan

Bola.com, Jakarta - Satu di antara keistimewaan yang ada pada bulan Ramadan yaitu adanya malam Lailatulqadar. Namun, tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan datangnya malam Lailatulqadar.

Secara etimologis, Lailatulqadar terdiri dari dua kata, yakni "lail" atau "lailah", yang berarti malam hari. Sedangkan "qadar" bermakna ukuran atau ketetapan.

Ada juga yang mengatakan Lailatulqadar adalah malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia. Banyak hadis yang menyebut malam istimewa ini jatuh pada 10 malam terakhir Ramadan.

Kerahasiaan ini ternyata mengandung maksud. Hal ini agar umat Islam makin rajin beribadah di 10 malam terakhir bulan Ramadan.

Untuk menyambut Lailatulqadar bisa dengan banyak beribadah. Tidak hanya melakukan ibadah saja, di malam Lailatulqadar juga dianjurkan untuk membaca doa.

Berikut ini keutamaan malam Lailatulqadar yang perlu diketahui umat muslim, dilansir dari smaitalirsyadpwt.sch.id, Senin (10/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Keutamaan Malam Lailatulqadar

1. Lailatulqadar adalah waktu diturunkannya Al-Qur’an

Ibnu ‘Abbas dan lainnya mengatakan, "Allah menurunkan Al-Qur'an secara utuh sekaligus dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah yang ada di langit dunia. Kemudian, Allah menurunkan Al-Qur'an kepada Rasulullah saw. secara terpisah sesuai kejadian-kejadian yang terjadi selama 23 tahun". (Tafsir Al Qur'an Al ‘Azhim, 14: 403).

Hal ini tentu sudah menunjukkan keistimewaan Lailatulqadar.

2. Lailatulqadar lebih baik dari seribu bulan

Allah Ta’ala berfirman:

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

"Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (QS. Al Qadar: 3). An Nakho’i mengatakan, "Amalan di Lailatulqadar lebih baik dari amalan di 1000 bulan". (Latho-if Al Ma’arif, hal. 341)

Mujahid, Qotadah, dan ulama lainnya berpendapat bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari seribu bulan adalah salat dan amalan pada Lailatulqadar lebih baik dari salat dan puasa di 1000 bulan yang tidak terdapat Lailatulqadar. (Zaadul Masiir, 9: 191). Hal ini sungguh keutamaan Lailatulqadar yang luar biasa.

3 dari 5 halaman

Keutamaan Malam Lailatulqadar

3. Lailatulqadar adalah malam yang penuh keberkahan

Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

"Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan." (QS. Ad Dukhon: 3).

Malam penuh berkah ini adalah malam ‘Lailatulqadar’ dan ini sudah menunjukkan keistimewaan malam tersebut, apalagi diperinci dengan poin-poin selanjutnya.

4. Malaikat dan Ar Ruuh Turun pada Lailatulqadar

Keistimewaan Lailatulqadar ditandai pula dengan turunnya malaikat. Allah Ta’ala berfirman:

تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا

"Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril." (QS. Al Qadar: 4)

Banyak malaikat yang akan turun pada Lailatulqadar karena banyaknya barokah (berkah) pada malam tersebut karena sekali lagi, turunnya malaikat menandakan turunnya berkah dan rahmat.

Sebagaimana malaikat turun ketika ada yang membacakan Al-Qur’an, mereka akan mengitari orang-orang yang berada dalam majelis zikir yaitu majelis ilmu. Dan malaikat akan meletakkan sayap-sayap mereka pada penuntut ilmu karena malaikat sangat mengagungkan mereka. (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14: 407)

Malaikat Jibril disebut "Ar Ruuh" dan dispesialkan dalam ayat karena menunjukkan kemuliaan (keutamaan) malaikat tersebut.

4 dari 5 halaman

Keutamaan Malam Lailatulqadar

5. Malam penuh dengan salaam

Yang dimaksud ‘salaam’ dalam ayat"

سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْر

"Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar" (QS. Al Qadr: 5) yaitu malam tersebut penuh keselamatan di mana setan tidak dapat berbuat apa-apa di malam tersebut baik berbuat jelek atau mengganggu yang lain. Demikianlah kata Mujahid (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14: 407).

Selain itu, juga dapat berarti bahwa malam tersebut, banyak yang selamat dari hukuman dan siksa karena mereka melakukan ketaatan pada Allah (pada malam tersebut). Sungguh hal ini menunjukkan keutamaan luar biasa dari Lailatulqadar.

6. Malam dicatatnya takdir tahunan

Allah Ta’ala berfirman:

فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ

"Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah" (QS. Ad Dukhan: 4). Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya (12: 334-335) menerangkan bahwa pada Lailatulqadar akan diperinci di Lauhul Mahfuzh mengenai penulisan takdir dalam setahun, juga akan dicatat ajal dan rezeki.

Dan juga akan dicatat segala sesuatu hingga akhir dalam setahun. Demikian diriwayatkan dari Ibnu ‘Umar, Abu Malik, Mujahid, Adh Dhohak, dan ulama salaf lainnya.

Namun, perlu dicatat, sebagaimana keterangan dari Imam Nawawi rahimahullah­ dalam Syarh Muslim (8: 57), bahwa catatan takdir tahunan tersebut tentu saja didahului oleh ilmu dan penulisan Allah.

Takdir ini nantinya akan ditampakkan pada malikat dan ia akan mengetahui yang akan terjadi, lalu ia akan melakukan tugas yang diperintahkan untuknya.

5 dari 5 halaman

Keutamaan Malam Lailatulqadar

7. Dosa setiap orang yang menghidupkan malam Lailatulqadar akan diampuni Allah Swt.

Dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Barang siapa melaksanakan salat pada malam Lailatulqadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari no. 1901)

Ibnu Hajar Al Asqolani mengatakan bahwa yang dimaksud 'iimaanan' (karena iman) adalah membenarkan janji Allah yaitu pahala yang diberikan (bagi orang yang menghidupkan malam tersebut), sedangkan 'ihtisaaban' bermakna mengharap pahala (dari sisi Allah), bukan karena mengharap lainnya yaitu contohnya berbuat riya'. (Fathul Bari, 4: 251).

 

Sumber: smaitalirsyadpwt.sch.id

Baca artikel seputar Ramadan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer