Sukses


4 Waktu Mustajab untuk Berdoa di Bulan Ramadan

Bola.com, Jakarta - Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam yang ada di seluruh dunia. Pada bulan Ramadan, umat muslim berlomba-lomba untuk mendulang pahala dari Allah Swt.

Ramadan menjadi kesempatan baik bagi seluruh umat-Nya untuk memperbanyak amalan dan memohon ampunan dosa.

BACA JUGA: Syarat dan Waktu Doa yang Langsung DIkabulkan Allah SWT

Bukan tanpa alasan, di bulan Ramadan ini Allah membuka pintu maaf dan tobat sebesar-besarnya bagi seluruh umat yang bersungguh-sungguh.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendulang pahala serta mendekatkan diri kepada Allah Swt., satu di antaranya dengan memanjatkan doa.

Ada waktu-waktu mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan. Pada waktu-waktu itulah doa-doa mudah dikabulkan.

Berikut empat waktu mustajab untuk berdoa di bulan suci Ramadan, disadur dari Merdeka, Selasa (11/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Waktu Mustajab Berdoa di Bulan Ramadan

Waktu Berdoa saat Sahur

Waktu berdoa di bulan Ramadan yang dipercaya akan dikabulkan Allah adalah saat sahur. Sahur biasanya dilakukan pada waktu sepertiga malam.

Sepertiga malam dinilai sebagai waktu baik dan disenangi Allah. Maka itu, bagi hamba yang bangun dari tidur kemudian berdoa di waktu itu, doanya akan diterima dan dikabulkan Allah.

Hal tersebut seperti dalam Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim, nomor 1145 dan 758. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, "Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni."

Selain itu, doa yang dikabulkan Allah di sepertiga malam juga dijelaskan Ibnu Hajar. Dalam hadis di atas, Ibnu Hajar berkata, "Doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan." (Fath Al-Bari, 3: 32)

3 dari 5 halaman

Waktu Mustajab Berdoa di Bulan Ramadan

Waktu Berdoa Saat Berpuasa

Selain saat sahur, waktu yang mustajab untuk berdoa selama Ramadan adalah ketika berpuasa. Dalam hal ini, Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu mengatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

"Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi." (HR. Ahmad 2: 305. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadis ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya).

Bukan hanya itu, orang yang sedang berpuasa dianjurkan untuk banyak memanjatkan doa untuk kebaikan akhirat dan dunia.

Bahkan, umat muslim yang berpuasa juga bisa memohon doa untuk hajat yang sedang diinginkan. Hal ini seperti yang dijelaskan Imam Nawawi rahimahullah, sebagai berikut:

"Disunahkan orang yang berpuasa untuk memperbanyak doa demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdoa untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan doa kebaikan untuk kaum muslimin secara umum.” (Al-Majmu’, 6: 273)

4 dari 5 halaman

Waktu Mustajab Berdoa di Bulan Ramadan

Waktu Berdoa Saat Berbuka Puasa

Waktu berdoa yang mustajab di bulan Ramadan adalah pada saat berbuka puasa. Hal ini seperti yang dijelaskan pada hadis riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah. Di mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak: (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Doa orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadis ini hasan).

Selanjutnya dalam Tuhfah Al-Ahwadzi (7: 278) kembali menerangkan mengenai hal ini.

Bahwa umat muslim yang berdoa di waktu berbuka puasa akan mudah dikabulkan Allah, sebab orang tersebut telah selesai menunaikan ibadahnya, yaitu dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri di hadapan Allah.

Hal inilah yang disenangi Allah sehingga setiap doa yang dipanjatkan umat-Nya dalam keadaan tersebut akan mudah diterima Allah.

5 dari 5 halaman

Waktu Mustajab Berdoa di Bulan Ramadan

Waktu Berdoa Saat Azan Berkumandang

Terakhir, saat azan berkumandang juga termasuk satu di antara waktu berdoa yang mustajab. Seperti diketahui, saat azan berkumandang seluruh umat muslim dianjurkan untuk menjawab azan dengan mengucapkan lafal yang sama.

Bukan hanya itu, saat azan dikumandangkan Allah akan mengabulkan setiap doa baik yang dipanjatkan hamba-Nya di waktu tersebut.

Seperti dalam hadis riwayat Abu Daud, Rasulullah Shallallahu’alaihiWasallam bersabda:

"Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika azan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang." (HR. Abu Daud, 2540, Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Nata-ijul Afkar,1/369, berkata: "Hasan Sahih")

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Ayu Isti Prabandari. Published: 9/4/2020)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer