Sukses


Ciri-Ciri Orang Munafik dalam Islam

Bola.com, Jakarta - Munafik merupakan satu di antara sifat yang sangat dibenci Allah Swt. Munafik adalah upaya berpura-pura percaya atau setia dan sebagainya kepada agama dan lainya.

Lain mulut, lain di hati adalah istilah yang tepat untuk menggambarkan orang munafik. Bukan hanya Allah Swt., semua orang juga pasti membenci orang yang berwajah dua.

Allah Swt. berfirman dalam surah An-Nisa ayat 145 bahwa orang munafik akan ditempatkan pada neraka tingkatan paling bawah. Berikut firman-Nya:

Innal-munāfiqīna fid-darkil-asfali minan-nār, wa lan tajida lahum naṣīrā

Artinya: "Sungguh, orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka." (QS. An-Nisa: 145).

Agar lebih paham, berikut ciri-ciri orang munafik beserta cara menghindari sifat tersebut, disadur dari Liputan6, Selasa (11/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Orang Munafik

1. Suka Berdusta

Ciri orang munafik yang pertama adalah suka berdusta atau berbohong. Berdusta merupakan sifat tercela yang dibenci manusia serta agama apa pun. Bahkan agama telah melarang keras jika umatnya melakukan dusta sekecil apa pun.

Sesuai hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, bawasannya rasulullah saw. bersabda:

"Tanda orang munafik itu ada tiga, apabila ia berucap berdusta, jika membuat janji ingkar, dan jika dipercaya mengkhianati." (HR Bukhari, Kitab Iman Bab Tanda-tanda orang munafik, No. 33 dan Muslim, Kitab Iman Bab Penjealsan Sifat-sifat orang munafik no. 59)

2. Ingkar Janji

Seseorang yang gemar ingkar janji akan tidak bisa dipegang perkataannya dan juga tidak pernah menepati janji yang sudah ia tebarkan ke orang lain.

Menepati janji adalah wajib hukumnya. Ketika seseorang itu membuat janji maka ia sudah seharusnya menepati apa yang telah ia janjikan. Dalam Al-Qur'an larangan untuk mengingkari janji dijelaskan dalam surah An-Nahl ayat 91, yang artinya:

"Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah (mu) itu, sesudah meneguhkannya, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah-sumpahmu itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat."

3. Berkhianat

Orang yang berkhianat tidak miliki komitmen dengan apa yang akan dijalankannya dan tidak pernah menepati perkataan yang telah diucapkan tanpa adanya kejelasan.

Seseorang yang tidak bisa dipercaya dalam memegang amanah nantinya disebut sebagai orang munafik. Orang seperti ini biasanya jika berbicara lebih banyak mengandung kebohongan, apabila berjanji sering berdusta, dan apabila diserahi amanah akan berkhianat.

Hal ini diungkapkan dalam sebuah hadis dari Rasullullah saw. yang artinya:

"Tanda-tanda orang munafik ada tiga, jika berbicara berdusta, jika berjanji mengingkari, dan jika diberi amanah mengkhianati." (HR Bukhari dan Muslim)

3 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Orang Munafik

4. Gemar Melakukan Tipu Daya

Tipu daya yang sering dilakukan orang munafik adalah dalam sikapnya. Orang yang gemar melakukan tipu daya biasanya tampak baik dari luar, tetapi dalam hatinya busuk. Tipu daya ini biasa dilakukan untuk mendapatkan apa yang diinginkannya dengan segala cara.

Sifat ini sudah dijelaskan dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 8-10, yang artinya:

"Dan di antara manusia ada yang berkata, "Kami beriman kepada Allah dan hari akhir," padahal sesungguhnya mereka bukanlah orang-orang yang beriman. Mereka menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanyalah menipu diri sendiri tanpa mereka sadari. Dalam hati mereka ada penyakit, lalu Allah menambah penyakitnya itu, dan mereka mendapatkan azab yang pedih, karena mereka berdusta."

5. Bermuka Dua

Bermuka dua, juga memiliki arti tak miliki pendirian tetap. Sifat ini muncul akibat kebingungan mereka terhadap kebenaran yang dibawa Islam. Sifat orang bermuka dua ini ditulis dalam firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 14, yang artinya:

"Dan apabila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman mereka berkata: "Kami telah beriman". Namun, apabila mereka berjumpa kembali dengan setan-setan mereka berkata: “Sesungguhnya kami bersama kamu, kami hanya berolok-olok."

6. Riya

Riya juga merupakan satu di antara ciri orang munafik. Sikap riya digambarkan oleh Allah dalam Al-Qur'an surah An-Nisa’ ayat 142, yang artinya:

"Sesungguhnya orang-orang munafik itu hendak menipu Allah, tetapi Allahlah yang menipu mereka. Apabila mereka berdiri untuk salat, mereka lakukan dengan malas. Mereka bermaksud riya (ingin dipuji) di hadapan manusia. Dan mereka tidak mengingat Allah kecuali sedikit sekali."

4 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Orang Munafik

7. Malas untuk Beribadah

Ciri orang munafik yang berikutnya adalah malas untuk melakukan ibadah. Hal ini sudah dijelaskan dalam Al-Qur'an surah An-Nisa’ ayat 142 yang berbunyi:

"Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka dan apabila mereka berdiri untuk salat, mereka berdiri dengan malas."

8. Mempercepat Salat

Ciri orang munafik juga akan bisa diperhatikan dari cara salatnya. Akan terlihat ketika salat tidak khusyuk serta mempercepat gerakan dan bacaan salatnya merupakan ciri orang munafik. Ciri-ciri ini tercatat dalam hadis dari Nabi saw. yang artinya:

"Itulah salat orang munafik. Itulah salat orang munafik. Itulah salat orang munafik. (Yaitu) dia menunggu matahari sampai hampir terbenam kemudian dia berdiri (untuk salat Asar), lalu mempercepat (tanpa ada rasa khusyuk sedikit pun) empat rakaat, tanpa mengingat Allah di dalamnya kecuali sedikit sekali." (HR Muslim)

9. Gemar Berbuat Kerusakan di Bumi

Ciri orang munafik berikutnya adalah mereka yang gemar membuat kerusakan di bumi yang dengan alasan untuk mengadakan perbaikan.

Orang dengan tipe ini biasanya pandai untuk memutarbalikkan fakta dan menipu orang-orang seakan sedang mengusahakan suatu perbaikan. Ciri-ciri ini tercantum dalam surah Al-Baqarah ayat 11-12, yang artinya:

"Dan bila dikatakan kepada mereka "Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi." Mereka menjawab: "Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan." Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar."

5 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Orang Munafik

10. Bangga Atas Dosanya yang Telah Diperbuat

Ciri orang munafik lainnya adalah mereka bangga dengan dosa yang telah diperbuat. Berapa pun banyak dosa yang dilakukan, orang munafik akan selalu mencari jalan keluarnya untuk pembenaran tindakannya.

11. Dengki

Iri dan dengki juga merupakan ciri orang munafik yang sangat merugikan. Seperti yang tertuang dalam surah Ali-Imran ayat 120, yang artinya:

"Jika kamu memerolah kebaikan, niscaya mereka bersedih hati. Namun, jika kamu tertimpa bencana, mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertaqwa, tipu daya mereka tidak akan menyusahkan kamu sedikitpun. Sungguh Allah Maha meliputi segala apa yang mereka kerjakan."

12. Memakan Harta Anak Yatim

Ciri orang munafik berikutnya, yakni selalu merasa tak puas akan kekayaan harta yang telah dimiliki sehingga mereka tak akan ragu untuk memakan harta anak yatim.

6 dari 6 halaman

Cara Menghindari Sifat Munafik bagi Umat Muslim

1. Selalu Bersyukur

Meski terlihat sederhana, mengucap rasa syukur terhadap nikmat Allah sekecil apa pun akan menghindarkan kita dari kekufuran. Jika tidak, kita akan dihadapkan dengan penyakit hati seperti sombong, amarah, dengki, dan nafsu dunia yang akan mengarahkan pada sifat-sifat munafik.

2. Menepati Janji

Berdusta adalah ciri utama sifat munafik. Oleh sebab itu, umat muslim sebaiknya sebisa mungkin menepati janji yang telah dibuat.

Kewajiban orang Islam dalam memenuhi janjinya juga tercantum dalam Al-Qur'an surah An-Nahl ayat 91, yang artinya:

"Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah(mu) itu, sesudah meneguhkannya, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah-sumpahmu itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat."

3. Jangan Malas Beribadah

Adakalanya manusia malas beribadah. Padahal jelas, malas untuk menunaikan ibadah adalah sifat orang munafik. Seperti firman Allah Swt. dalam surah An Nisa ayat 142:

"Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk salat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan salat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali."

4. Berdoa agar Terhindar dari Sifat Munafik

Bermunajat kepada Allah Swt. agar dilindungi dan terhindar dari sifat munafik yang tercela. Sebagaimana sabda Rasulullah saw. dalam hadis riwayat Al-Hakim nomor 1944, yang memiliki arti:

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kefakiran, kekufuran, kefasikan, kedurhakaan, kemunafikan, sum'ah, dan riya."

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Ayu Rifka Sitoresmi, Editor: Rizky Mandasari. Published: 6/12/2021)

Yuk, baca artikel islami lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer