Sukses


7 Tradisi Unik Merayakan Lebaran Idulfitri di Berbagai Negara

Bola.com, Jakarta - Setelah umat muslim menjalankan ibadah puasa Ramadan selama satu bulan, tiba saat merayakan Idulfitri. Perayaan dimulai dengan melakukan salat Id di pagi hari pada tanggal 1 Syawal.

Setelah itu, umat muslim akan berkeliling ke rumah para tetangga sekitar hingga mendatangi saudara dan kerabat untuk bersilaturahmi serta saling bermaafan agar bisa kembali suci.

Di sisi lain, menjelang hari Lebaran, para perantau akan melakukan tradisi mudik atau pulang ke kampung halaman untuk bisa berkumpul bersama orang tua dan keluarga besar.

Tradisi ini sudah menjadi ciri khas yang membuat momen Idulfitri di Indonesia terasa lebih meriah dan bermakna.

Namun, tidak hanya di Indonesia, Idulfitri juga dirayakan di berbagai negara dengan cara yang berbeda dan unik sesuai tradisi masing-masing.

Untuk menambah pengetahuanmu, berikut ini tujuh tradisi unik merayakan lebaran Idulfitri di berbagai negara, dikutip dari laman sman2-tp.sch.id, Kamis (20/4/2023).

2 dari 5 halaman

Tradisi Unik Merayakan Idulfitri di Berbagai Negara

1. India

Meski umat Islam di India tergolong minoritas, perayaan lebaran Idulfitri tidak pernah lepas dari kata kemeriahan.

Pada Idulfitri beberapa makanan spesial disiapkan seperti hidangan manis yang disebut "Sheer Kurma" dan sejenis sohun nasi yang disebut "Servai".

Orang-orang akan mengunjungi bazar dan berbelanja di malam takbiran. Para wanita juga menghiasi tangan mereka menggunakan pacar serta pakaian tradisional.

2. China

Seperti halnya di India, di China merayakan Idulfitri juga sama meriahnya. Kendati, umat Islam merupakan minirotas di negara tersebut.

Biasanya, yang paling terasa ada di daerah Xinjiang dan Yunnan, yang merupakan wilayah dengan umat Islam paling banyak. Di sini, usai salat Id, umat Islam akan bersilaturahmi dan makan bersama dengan keluarga dan tetangga terdekat.

Kemudian berkunjung ke makam leluhur atau makam tokoh Islam setempat untuk berziarah.

3 dari 5 halaman

Tradisi Unik Merayakan Idulfitri di Berbagai Negara

3. Maroko

Selesai salat Id di masjid, umat Islam di Maroko biasanya menikmati sarapan mewah berupa makanan tradisional seperti pancake Maroko dan Baghrir serta biskuit dan teh mint.

Seperti halnya di Indonesia atau beberapa negara Islam lainnya, di Maroko anak-anak juga akan menerima hadiah dan uang.

4. Mesir

Umat Islami di Mesir juga punya tradisi Idulfitri yang sama meriahnya, yakni dengan bersilaturahmi. Bedanya, mereka hanya melakukan silaturahmi dengan keluarga saja, tidak dengan tetangga di sekitar.

4 dari 5 halaman

Tradisi Unik Merayakan Lebaran Idulfitri di Berbagai Negara

5. Afrika Selatan

Berkunjung ke rumah sanak keluarga sepertinya telah menjadi tradisi di hampir semua negara yang merayakan Idulfitri, termasuk Afrika Selatan.

Di negara ini, setiap tahun orang-orang akan berkumpul di Green Point, Cape Town, untuk menyaksikan hari terakhir di bulan Ramadan. Setelah itu, mereka akan saling berkunjung ke rumah sanak saudara atau tetangga dekat.

6. Australia

Idulfitri di Australia juga tak kalah meriah. Biasanya, pada hari Lebaran akan digelar festival multikultur.

Festival tersebut tidak hanya melibatkan umat Islam saja, tetapi juga umat agama lain untuk ikut memeriahkan acara tersebut.

Bisa dibilang, acara ini terbuka untuk umum, bahkan pejabat tak keberatan untuk datang ke festival tersebut.

5 dari 5 halaman

Tradisi Unik Merayakan Lebaran Idulfitri di Berbagai Negara

7. Arab Saudi

Di Arab Saudi, perayaan Idulfitri sangat kental dengan pertunjukan seni. Orang-orang di negara ini memiliki tradisi unik untuk merayakan Idulfitri.

Biasanya orang-orang di negara Arab Saudi menggelar teater, pembacaan puisi, parade musik, tari, dan berbagai macam pertunjukkan seni lainnya.

Di sisi lain, rumah-rumah akan dihiasi hingga tampak meriah. Untuk makanan, bukannya ketupat ataupun opor ayam, orang-orang di Arab Saudi akan menyantap daging domba yang dicampur nasi dan sayuran tradisional.

 

Sumber: sman2-tp.sch.id

Baca artikel seputar Idulfitri lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer