Sukses


Macam-Macam Manfaat Mengonsumsi Anggur saat Buka Puasa

Bola.com, Jakarta - Saat mendirikan ibadah puasa, kita tidak dapat mengonsumsi makanan atau minuman dalam bentuk apa pun sehingga terkadang hal tersebut dapat membuat kita menjadi lemas dan menurunkan asupan gizi.

Kondisi tersebut membuat saat buka puasa umat muslim harus mengonsumsi makanan agar tubuh tetap memiliki asupan nutrisi yang tepat.

Satu di antara dari sekian banyak sumber makanan yang bisa dikonsumsi adalah anggur. Buah yang satu ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Buah anggur mengandung polifenol, yaitu senyawa pemberi warna alami, dan bisa memberikan tubuh perlindungan dalam melawan radikal bebas. 

Rasanya yang asam, tetapi sedikit manis, menjadikan buah ini favorit banyak kalangan. Kamu bisa menjadikannya sebagai camilan atau membuatnya menjadi jus yang lezat.

Untuk lebih jelasnya, berikut macam-macam manfaat mengonsumsi anggur saat buka puasa, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (12/4/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Anggur saat Buka Puasa

1. Menurunkan Tekanan Darah

Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi penderita hipertensi. Kjasiat anggur yang satu ini diperoleh dari tingginya kadar potasium dalam anggur. Dengan begitu, buah anggur membantu menurunkan efek buruk dari konsumsi sodium dalam menu diet harian. 

2. Mencegah Konstipasi

Manfaat anggur juga dapat mencegah terjadinya konstipasi. Sebab, anggur mengandung banyak air dan serat yang dapat menghidrasi tubuh. Dengan begitu, manfaat anggur dapat membuat gerakan usus lebih reguler dan risiko terjadinya konstipasi pun menurun. 

3. Mengobati Jerawat

Resveratrol membuat manfaat anggur baik bagi kesehatan kulit. Satu di antara bentuk polifenol yang terdapat pada buah anggur ini telah terbukti mampu mengobati jerawat.

Hasil penelitian in vitro yang diterbitkan dalam jurnal Dermatology and Therapy mengklaim bahwa resveratrol membantu mengobati jerawat, terutama jika digunakan dengan benzoyl peroxide sebagai pengobatan topikal.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Anggur saat Buka Puasa

4. Menurunkan Risiko Kanker

Satu di antara manfaat anggur adalah melindungi dari risiko kanker. Kandungan polifenol yang terdapat pada buah anggur berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi.

Bentuk polifenol satu di antaranya adalah resveratrol, yang kerap ditemukan pada anggur merah. Resveratrol ini mampu menurunkan risiko tumor kelenjar getah bening, hati, payudara, kolon serta kanker kulit.

Selain resveratrol, ada pula kuersetin yang dipercaya dapat menurunkan risiko pertumbuhan sel kanker.

5. Meningkatkan Gen Pembasmi Kuman 

Manfaat anggur dalam meningkatkan gen pembasmi kuman telah diteliti di Amerika Serikat. Penelitian tersebut menemukan bahwa buah anggur mengandung senyawa pterostilbene.

Senyawa ini meningkatkan aktivitas dari gen cathelicidin antimicrobial peptide (CAMP). Gen CAMP ini memproduksi protein yang membantu membasmi infeksi bakteri.

Penelitian tersebut melakukan pengujian terhadap beberapa senyawa dan dicari hubungannya dengan aktivasi gen CAMP. Hasilnya, terdapat dua senyawa yang meningkatkan aktivitas dari CAMP, yaitu resveratrol dan pterostilbene. 

Resveratrol banyak terkandung dalam kulit buah anggur. Sementara, pterostilbene banyak dijumpai pada bluberi dan anggur.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung 

Anggur juga bermanfaat dalam mengurangi penyakit jantung. Pada beberapa penelitian ditemukan bahwa resveratrol dan kuersetin dapat menurunkan risiko atheroskelosis dan melindungi kerusakan akibat kolesterol jahat.

Dengan begitu, risiko terjadinya penyakit kardiovaskular dapat dikurangi. Selain itu, anggur mengandung serat dan potasium sehingga manfaat anggur ikut berperan dalam menjaga kesehatan jantung.

Terkait hal tersebut, The American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk memperbanyak konsumsi potasium dan mengurangi konsumsi sodium agar kesehatan kardiovaskular terjaga. 

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Anggur saat Buka Puasa

7. Menjaga Kesehatan Mata

Anggur diketahui bermanfaat untuk kesehatan mata. Buah ini mengandung antioksidan lutein dan zeaksantin untuk membantu menjaga kesehatan mata.

Fungsi antioksidan akan mengurangi stres oksidatif yang terjadi dalam tubuh. Satu di antaranya pada retina. Kerusakan retina akan menyebabkan kesehatan mata terganggu. 

Penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa resveratrol dapat melindungi dari berbagai masalah mata, termasuk degenerasi makula terkait usia, glaukoma, katarak, dan lainnya.

8. Aman bagi Penderita Diabetes

Anggur mengandung kadar gula yang relatif tinggi. Oleh sebab itu, beberapa orang mungkin bertanya-tanya apakah manfaat anggur dapat dirasakan oleh penderita diabetes?

Terkait pertanyaan tersebut, American Diabetes Association menyatakan bahwa konsumsi anggur dan buah-buahan lainnya diperbolehkan selama memperhitungkan asupan karbohidrat harian. 

Jika dibandingkan dengan konsumsi makanan dan minuman manis yang mengandung gula tambahan, buah-buahan manis tentunya lebih sehat untuk dikonsumsi. Jadi, bagi kamu yang memiliki diabetes, aman mengonsumsi anggur. 

 

Smber: Klikdokter.com (Published: 8/2/2021)

Yuk, baca manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer